Jenis Dan Faktor Penyebab Wasir Atau Ambeyen (Hemoroid)

Jenis Dan Faktor Penyebab Wasir Atau Ambeyen (Hemoroid)

Wasir adalah suatu penyakit yang terjadi pada anus di mana bibir anus mengalami bengkak yang kadang disertai pendarahan. Penyakit ambeien ini tidak hanya memberikan rasa sakit kepada pada penderitanya, tetapi juga memberikan rasa minder dan malu karena mengidap penyakit ambeien.

Pada penderita wasir umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit apabila bibir anus atau sphinchter anus mendapat tekanan. Pada penderita wasir parah terkadang sulit diobati sehingga bisa diberi tindakan operasi pengangkatan wasir yang bisa memberi efek samping yang terkadang tidak baik. Oleh sebab itu wasir perlu diwaspadai dan ditangani dengan baik agar mudah diobati.

Jangan acuhkan dan remehkan penyakit wasir yang anda derita karena anda bisa dibuat menderita seumur hidup oleh wasir yang tidak ditanggulangi dengan baik sampai ke akar-akarnya. Selamat membaca artikel wasir dari organisasi.org semoga anda yang menderita wasir dapat segera sembuh.

Jenis-Jenis / Macam-Macam Wasir / Homoroid / Ambeyen

Wasir atau ambeien ada dua macam, yaitu wasir dalam dan wasir luar. Pada wasir dalam terdapat pembuluh darah pada anus yang ditutupi oleh selaput lendir yang basah. Jika tidak ditangani bisa terlihat muncul menonjol ke luar seperti wasir luar.

Gejala wasir dalam adalah suka ada darah yang keluar dari anus saat bab / buang air besar. Jika sudah parah bisa menonjol keluar dan terus membesar sebesar bola tenis sehingga harus diambil tindakan operasi untuk membuang wasir.

Wasir luar merupakan varises di bawah otot yang umumnya berhubungan dengan kulit. Biasanya wasir ini terlihat tonjolan bengkak kebiruan pada pinggir anus yang terasa sakit dan gatal.

penyakit usus, penyebab wasir atau ambeyen

wasir

Faktor Pemicu Yang Menyebabkan atau Penyebab Wasir / Ambeien / Hemoroid

Wasir dapat diakibatkan oleh hal-hal berikut di bawah ini sehingga perlu diwaspadai dan dihindari :

1. Terlalu banyak duduk

2. Diare menahun

3. Kehamilan ibu hamil yang diakibatkan perubahan hormon

4. Keturunan penderita wasir

5. Hubungan seks yang tidak lazim

6. Penyakit yang membuat mengejan penderita

7. Sembelit / konstipasi / obsitpasi menahun

8. Penekanan kembali aliran darah vena, dll.

Gejala Penyakit Wasir / Ambeien / Hemoroid

Sebelum parah sebaiknya kita mengenal seperti apa penyakit wasir ada awal mulanya sehingga kita bisa obati sedini mungkin. Biasanya penderita akan mengalami pendarahan dubur dengan warna darah merah muda yang menetes atau mengalir lewat lubang dubur / anus. Penderita juga akan merasa ada ganjalan pada anus ketika bab sehingga penderita akan ngeden / mengejan yang bisa memperparah wasirnya. Selain itu biasanya anus akan terasa gatal akibat virus dan bakteri yang membuat infeksi.

Mengatasi, Mengobati & Menyembuhkan Wasir / Ambeyen / Hemoroid

Untuk menghilangkan wasir secara total sebaiknya anda menjalankan beberapa tips menyembuhkan wasir serta melakukan konsultasi dengan dokter.

1. Jalankan pola hidup sehat

2. Olah raga secara teratur

3. Makan makanan berserat

4. Hindari terlalu banyak duduk atau nongkrong di wc / toilet

5. Jangan merokok, minum minuman keras, narkoba, dll

6. Jangan melakukan aktivitas hubungan seks yang tidak wajar

7. Minum air yang cukup

8. Jangan menahan kencing dan berak

9. Jangan suka menggosok dan menggaruk dubur berlebihan

10. Jangan mengejan / mengeden / ngeden berlebihan

11. Jika tidak ingin pup / bab jangan dipaksa

12. Duduk berendam pada air yang hangat

13. Minum obat sesuai anjuran dokter

Pencegahan Wasir / Ambeyen / hemoroid

1. Jus Lobak

Segelas jus lobak adalah obat alami untuk wasir. Mulailah dengan seperempat gelas jus lobak, kemudian secara bertahap meningkat menjadi setengah gelas.

2. Kulit Delima

Kulit buah berwarna merah ini dikenal sebagai obat rumahan untuk meringankan gejala wasir. Caranya, rebus kulit buah delima, lalu saringlah. Minum air rebusan itu sekali atau dua kali sehari secara teratur.

3. Jahe dan Jus Jeruk Nipis

Dehidrasi merupakan salah satu penyebab wasir. Untuk mengurangi gejala wasir, Anda bisa mencoba jus jeruk nipis, jahe, dan madu. Minumlah minuman ini dua kali sehari agar tetap terhidrasi dan untuk mengobati wasir.

4. Buah Ara

Rendam buah ara kering dalam air semalaman. Lalu minumlah setengah gelas pada pagi harinya dan habiskan sisanya pada malam hari. Serat dalam buah ara atau buah tin ini efektif mengatasi sembelit dan wasir karena mampu meningkatkan gerakan usus.

5. Bawang Merah Mentah

Makanlah bawang merah mentah untuk mengatasi gejala wasir. Bawang merah mentah bisa menghentikan pendarahan akibat wasir dan mengurangi perih di anus. Selain itu bawang merah juga bisa mengatasi sembelit.

6. Postur Tubuh Saat di Toilet

penyakit usu, wasir

wasir

Pastikan Anda duduk dengan posisi yang benar saat sedang buang air besar di toilet. Jika Anda duduk di posisi yang tepat, maka tidak perlu regangan atau banyak tekanan. Letakkan kaki Anda di tempat yang seharusnya, lalu bungkukkan tubuh Anda ke depan untuk mengurangi tekanan pada rektum.

7. Olahraga

Untuk menghindari sembelit yang bisa memicu wasir dan agar peredaran darah di tubuh lancar, maka berolahragalah secara teratur. Wasir akan menjadi parah jika Anda melakukan olahraga berat seperti mengangkat beban. Karena itu lebih baik Anda melakukan olahraga yang ringan seperti berenang atau berjalan.

8. Kunyit

Rempah-rempah yang satu ini diyakini bisa menyembuhkan aneka penyakit. Rebuslah kunyit dan konsumsilah setiap hari untuk menyembuhkan wasir secara alami.

9. Pisang

Pisang dapat mengobati sembelit. Agar Anda dapat mengelurakan tinja dengan mudah tanpa mengejan terlalu kuat yang bisa memicu wasir, konsumsilah pisang setiap hari dengan susu kedelai hangat.

10. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang hitam, dan miju-miju (sejenis tanaman kacang polong) adalah makanan sehat yang efektif menyembuhkan wasir secara alami.

You may also like...

%d bloggers like this: