Makanan Pantangan Bagi Vertigo

1
Istilah vertigo, atau yang disebut juga dizziness, giddiness, dan lightheadedness adalah adanya sensasi gerakan atau rasa gerak dari tubuh atau lingkungan sekitarnya dengan gejala lain yang timbul, terutama dari jaringan otonomik yang disebabkan oleh gangguan alat keseimbangan tubuh oleh berbagai keadaan atau penyakit.

Vertigo adalah perasaan seolah-olah penderita bergerak atau berputar, atau seolah-olah benda di sekitar penderita bergerak atau berputar, yang biasanya disertai dengan mual dan kehilangan keseimbangan. Hal ini bisa berlangsung beberapa menit, sampai beberapa jam, bahkan hari. Penderita vertigo merasa lebih baik jika berbaring diam, namun demikian serangan vertigo bisa terus berlanjut meskipun penderita tidak bergerak sama sekali.

Vertigo adalah rasa tidak menyenangkan dari pusing dimana penderita merasa lingkungan di sekeitarnya seakan berputar. Penderita mungkin merasa seperti berputar atau jatuh atau miring. Vertigo parah dapat menyebabkan mual dan muntah. Penderita akan sulit berdiri atau berjalan. Ia seringkali kehilangan keseimbangan dan jatuh.

Vertigo terjadi jika terdapat konflik antara sinyal-sinyal yang dikirim ke otak oleh berbagai sistem indera keseimbangan dan indera sistem posisi yang ada dalam tubuh. Otak menggunakan input dari berbagai sistem sensor untuk mempertahankan keseimbangan dan orientasi terhadap lingkungan sekitar.
Meskipun demikian, tidak sedikit orang yang menderita penyakit vertigo tidak memperdulikan pantangannya, bahkan dengan leluasanya mengkonsumsi beberapa jenis makanan tersebut yang justru akan memperparah penyakit vertigo yang dikeluhkan.
Berikut ini adalah beberapa jenis makanan pantangan penyakit vertigo yang harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit vertigo. Adapun jenis makanan tersebut adalah sebagai berikut :

       
* Semua jenis daging (kecuali ikan air tawar),
       

* Masakan yang di goreng (ikan asin, emping),
       

* Santan kental,
       

* Nasi yang dicampur (nasi uduk, nasi ulam, nasi kebuli),
      

* Berbagai macam kue dan selai (kue bolu, martabak, mentega, keju, susu),
       

* Berbagai macam jenis jeroan,2
      

* Bumbu masak kemasan,
       

* Berbagai macam telur (telur asin, telur ayam),
       

* Buah-buahan yang tebal kulitnya seperti durian, nangka, jengkol, pete,
       

* Minuman : es, minuman yang mengandung alkohol.

Itulah jenis makanan pantangan penyakit vertigo yang harus dihindari. Dengan mengetahui pantangan vertigo, diharapkan agar kita senantiasa lebih memperhatikan pola makan yang sehat dan memilih, menu makanan apa saja yang aman untuk dikonsumsi oleh seseorang yang sedang menderita penyakit vertigo.

 

yang dicari :

  • pertigo
  • pembagian karbon

Filed under: Uncategorized

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!