Sayuran Dan Buah Yang Baik Untuk Kesehatan Mata

3Makanan berikut ini tidak hanya membantu mata terlihat cerah, namun terbukti mampu mencegah berbagai penyakit seperti katarak, degenerasi makular, dan keluhan mata lainnya.

*) Kol

Sayuran yang satu ini baik untuk merawat mata karena kandungan nutrisinya sama seperti bayam yaitu lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang melindungi mata terhadap pancaran sinar ultraviolet. Tak hanya itu, mengkonsumsi kol terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak hingga 22%. 10. Cokelat Hitam Cokelat hitam atau dark chocolate ternyata dapat meningkatkan ketajaman penglihatan. Ia mengandung flavonoid yang melindungi pembuluh darah mata sehingga secara otomatis memperkuat kornea dan retina. Jadi bagi Anda yang tidak menyukai wortel, mengkonsumsi dark chocolate murni bisa menjadi pilihan
*) Alpukat

makanan untuk kesehatan mataBanyak sekali orang yang suka dengan rasa buah alpukat yang lembut apa lagi bila dijadikan segelas jus segar. Dibalik semua itu ternyata alpukat mengandung senyawa penting untuk mencegah degenerasi pada mata dan juga katarak. Beberapa senyawa yang ada pada alpukat antara lain vitamin A, C, B6, dan E.
*) Wortel

2Makanan kesukaan kelinci ini sudah terkenal akan kandungan vitamin A-nya. Itulah penyebab kelinci memiliki penglihatan yang sangat tajam.

 

*) Tomat

Buah yang memiliki rasa asam-asam segar ini bukan hanya kaya kandungan vitamin C saja, ternyata di dalamnya juga cukup banyak mengandung vitamin A dan senyawa lain yang baik bagi kesehatan.
*) Brokoli

Tidak semua orang menyukai sayur yang satu ini. Tapi dibalik bentuknya yang unik brokoli merupakan salah satu sumber vitamin C, kalsium, dan lutein alami.
*) Bayam

Jika anda pernah melihat serial kartun popeye anda pasti berfikir jika sayur bayam hanya bermanfaat untuk membuat tubuh menjadi sehat dan kuat. Jangan salah, ternyata bayam juga mengandung vitamin A yang baik untuk mata.
*) Kubis

4Kubis juga tinggi beta karoten yang membantu melindungi terhadap degenerasi makula terkait usia dan mencegah katarak. Manfaat lainnya sebagai perlindungan retina dan menurunkan risiko degenerasi makula.
*) Jus Jeruk

Vitamin C memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mata. Selain itu dapat meningkatkan pembuluh darah mata yang sehat, dan dapat mengurangi risiko katarak menurut American Optometric Association. Jus jeruk adalah salah satu sumber vitamin C tertinggi.

Filed under: penyakit penurunan makula mata

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!