Tanda Dan Gejala Regurgitasi atau Insufisiensi Katup Aorta

gejala regurgitasiInsufisiensi katup aorta (regurgitasi) adalah kembalinya darah ke ventrikel kiri dari aorta selama diastol. Insufisiensi aorta adalah suatu keadaan dimana terjadi refluk (aliran balik) darah dari aorta ke dalam ventrikel kiri sewaktu relaksasi.
Ansietas (cemas) adalah suatu perasaan takut yang tidak menyenangkan dan tidak dapat dibenarkan yang sering disertai dengan gejala fisiologis.

Insufisiensi aorta disebabkan oleh lesi peradangan yang merusak bentuk bilah katup aorta, sehingga masing-masing bilah tidak bisa menutup lumen aorta dengan rapat selama diastole dan akibatnya menyebabkan aliran balik darah dari aorta ke ventrikel kiri.
Defek katup ini bisa disebabkan oleh endokarditis,kelainan bawaanatau penyakit seperti sifilis dan pecahnya aneurisma yang menyebabkan dilatasi atau sobekan aorta asenden.
Karena kebocoran katup aorta saat diastole,maka sebagian darah dalam aorta yang biasanya bertekanan tinggi,akan mengalir ventrikel kiri, sehingga ventrikel kiri harus mengatasi keduanya,yaitu mengirim darah yang secara normal di terima dari atrium kiri maupun darah kembali dari aorta.

Ventrikel kiri kemudian melebar dan hipertrofi untuk mengakomodasi peningkatan volume ini, demikian juga akibat tenaga mendorong yang lebih dari normal untuk memompa darah,menyebabkan tekanan darah sistolik meningkat. Sistem kardiovaskuler berusaha mengkompensasi melalui reflex dilatasi pembuluh darah dan arteri perifer melemas,sehingga tahanan perifer menurun dan tekanan diastolic turun dratis.
Perubahan hemodinamik keadaan akut dapat dibedakan dengan keadaan kronik. Kerusakan akut timbul pada pasien tanpa riwayatinsufisiensi sebelumnya. Ventrikel kiri tidak punya cukup waktu untuk beradaptasi terhadap insufisiensi aorta. Peningkatan secara tiba-tiba dari tekanan diastolik akhir ventrikel kiri bisa timbul dengan sedikit dilatasi ventrikel.

 
Adapun tanda dan gejala yang biasa dirasakan oleh pasien dengan aorta regurgitasi adalah sebagai berikut:

* Rasa lelahgejala insufisisensi katup aorta

* Dyspnea saat aktivitas

* Palpitasi

* Angina dengan hipertropi ventrikel kiri

* Temuan hemodinamik :

- Pengisian dan pengosongan denyut arteri yang cepat

- Tekanan nadi melebar disertai peningkatan tekanan sistemik dan penurunan tekanan       diastolik

- Tekanan diastolik rendah

* Auskultasi : Bising diastolic, bising austinflint yang khas, Sistolic Ejection Click disebabkan oleh peningkatan volume ejeksi

Filed under: Uncategorized

Like this post? Subscribe to my RSS feed and get loads more!