10 Makanan Pencegah Kanker

10 Makanan Pencegah Kanker

1
Kanker menjadi momok bagi siapa saja, tua, muda, gemuk, langsing, kurus, semua dapat terkena kanker. Kanker menjadi penyebab kematian tertinggi setelah serangan jantung yang sebenarnya dapat dicegah sebelum terkena. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati, berikut ini adalah 10 makanan pencegah kanker.

*)  Bawang Putih

Setelah dilakukan penelitian di Penn State University, ternyata bawang putih dapat membantu memerangi kanker. Bawang putih yang mengandung Organosulfida dapat membantu hati memproses senyawa kimia beracun, termasuk senyawa kimia yang menyebabkan kanker, terutama kanker perut dan usus besar.
*)Buah Anggur

Buah Anggur banyak mengandung antioksidan dan beberapa vitamin penting. Anggur terbukti dapat mencegah kanker karena kulit anggur memiliki kandungan resveratrol yang merupakan sumber penting dari flavonoids, termasuk katekin, quercetin, prosianidin, dan antosianin. Resveratrol kemungkinan dapat mencegah penyakit degeneratif dan mencegah kanker.
*) Lemon

Buah lemon yang segar ternyata dapat mencegah kanker. Kandungan limonen dalam buah lemon mampu menghancurkan batu ginjal dan mencegah kanker. Limonen terdapat pada bagian kulit lemon yang berwarna putih.
*) Cranberry3

Buah merah imut ini ternyata menyimpan banyak manfaat. Cranberry adalah salah satu superfruit karena kaya antioksidan fitonutrien. Diet seimbang dengan menambahkan jus cranberry dapat mencegah kanker colon, tumor, kanker payudara, kanker paru dan leukimia.
*) Bit

Buah yang berwana merah keunguan dan sejenis umbi-umbian sangat banyak manfaat dalam mencegah kanker karena bit mengandung banyak pigmen betasianin yang efektif mencegah kanker. Cara mengkonsumsinya pun sangat mudah, dengan mengupas kulitnya kemudian dicuci, tambahkan air kemudian diblender setelah itu disaring dan diminum airnya.
*) Teh Hijau

Teh hijau terkenal mengandung polifenol yaitu antioksidan yang menangkal sel-sel radikal pemicu kanker. Meskipun baru-baru ini penelitian di Jepang menyatakan bahwa mengkonsumsi teh hijau tidak terbukti dapat mencegah kanker payudara. Teh hijau tetap menjadi minuman favorit yang sehat ketimbang minuman bersoda yang justru memicu kanker.
*) Tomat

Di dalam buah tomat yang merah banyak mengandung lycopene yaitu zat antioksidan yang diperlukan tubuh dalam menangkal radikal bebas memicu kanker, seperti kanker perut, kaker leher rahim, kanker prostat. Semakin matang tomat, maka semakin banyak kandungan vitaminnya.
*) Wortel

Wortel mengandung banyak beta karoten yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan mata. Penelitian yang dilakukan baru-baru ini, wortel mengandung zat falcarinol yang dapat mencegah sel pemicu kanker.
*) Avokad

Avokad adalah buah yang lezat dan favorit bagi siapa saja. Banyak yang mengira avokad pemicu kegemukan, anggapan itu tidaklah benar. Avokad banyak mengandung zat-zat yang bermanfaat mencegah sel-sel kanker seperti kandungan antioksidan yang tinggi, omega 3, asam volat, vitamin C dan E. Selain lezat untuk disantap manfaat avokad juga banyak kita rasakan.

2
*) Brokoli

Brokoli adalah sayuran super yang kaya serat dan kandungan vitaminnya dalam mencegah kanker. Brokoli kaya akan phytochemical yg disebut sulforaphane, yg membantu memerangi carsinogen, seperti kanker payudara dan kanker usus besar.

You may also like...

%d bloggers like this: