Bahayakah tanda lahir itu ?

Bahayakah tanda lahir itu ?

Tanda lahir adalah perubahan suatu area kulit yang muncul saat lahir atau segera setelah lahir. Kebanyakan di antaranya tidak berbahaya. Umumnya dokter tidak tahu mengapa tanda lahir itu muncul dan tidak dapat dicegah.

“Tanda lahir terdiri dari 2 jenis utama. Jenis pertama disebabkan oleh pertumbuhan pembuluh darah di kulit yang berlebihan. Jenis kedua disebabkan oleh kelebihan produksi pigmen di kulit

Bagaimana mengetahui tanda lahir tersebut berbahaya atau tidak?

Bentuk tanda lahir bisa datar di kulit atau agak menonjol, memiliki batas yang teratur atau tidak, dan warnanya juga bisa berbeda-beda seperti coklat, hitam, merah muda, merah atau ungu.

Tanda lahir bayi biasanya tidak berbahaya dan bisa hilang dengan sendirinya. Tapi kadang tanda lahir ini berkembang dan berhubungan dengan masalah kesehatan lain. Bagaimana mengetahui tanda lahir tersebut berbahaya atau tidak?

Dalam dunia kedokteran, tanda lahir ini tidak terlalu dipersoalkan. Sebab, begitu bayi lahir, yang lebih kita perhatikan adalah hal-hal yang akan membahayakan nyawanya. Misalnya, fungsi paru, jantung, dan sebagainya.

Kendati demikian, kita dapat memahami kekhawatiran para ibu. Jika ibu merasa terganggu dengan adanya tanda lahir ini, sebaiknya konsultasikan ke dokter anak. Terutama jika mengalami gatal-gatal yang mengganggu pada tanda lahir tersebut.

Terdapat dua jenis tanda lahir utama, yaitu tanda lahir vaskular dan juga tanda lahir pigmen. Dan dari sini Anda dapat mendefinisikan tanda lahir Anda masuk dalam kategori mana.

Tanda lahir vascular

1. Macular stains atau noda makula (tidak berbahaya)

Tanda lahir ini disebut juga dengan salmon patch atau gigitan bangau, yaitu berupa tanda-tanda merah samar yang sering ditemukan di dahi, kelopak mata, bagian belakang leher, hidung, bibir atas atau bagian belakang kepala. Tanda ini akan lebih terlihat ketika bayi menangis dan umumnya akan memudar saat bayi berusia 1-2 tahun.

2. Hemangioma atau strawberry marks (bisa berbahaya)

Tanda lahir ini muncul di permukaan kulit dan ditemukan lebih dalam di bawah permukaan kulit, berwarna merah cerah seperti strawberry dan kadang baru muncul setelah bayi berusia beberapa minggu. Strawberry marks ini akan tumbuh selama 6 bulan pertama, tapi akan mengecil kembali dan hilang saat anak berusia 5-9 tahun.

Umumnya hemangioma ini tidak menimbulkan keluhan, tapi komplikasi akan muncul jika lokasinya melebar hingga menutupi mata, mulut atau hidung yang dapat mengganggu penglihatan, makan, bernapas atau fungsi tubuh lain. Untuk mengetahui apakah tanda lahir ini perlu diobati atau tidak, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter karena tidak semua hemangioma harus dihilangkan.

Hemangioma adalah tumbuhnya pembuluh darah kecil yang terjadi pada sekitar 400.000 bayi setiap tahun di Amerika Serikat. Tanda lahir ini muncul saat lahir atau segera setelah lahir dan berwarna merah menonjol di atas kulit sehingga tampak seperti stroberi.

Strawberry hemangioma dapat muncul di manapun pada tubuh dan tumbuh pesat selama 6 bulan pertama. Tanda lahir ini akan hilang sebanyak 70 persen dalam waktu 7 tahun dan biasanya tidak memerlukan pengobatan apapun

3. Noda port anggur atau port-wine stains (bisa berbahaya)

Tanda ini merupakan perubahan warna yang terlihat seperti anggur tumpah dan paling sering di wajah, leher, lengan atau kaki. Tanda lahir ini cenderung akan bertambah gelap dan menebal serta tidak akan hilang dengan sendirinya. Ada kemungkinan pertumbuhan berlebih ini berasal dari jaringan lunak atau tulang. Jika tanda terletak di dekat mata, sebaiknya segera konsultasikan untuk mencegah komplikasi.

Tanda lahir berpigmen

Cafe au Lait Spots seperti kopi dengan susu (bisa berbahaya)

Umumnya bisa terletak dimana saja dan kadang terjadi peningkatan jumlah saat usia anak bertambah. Jika hanya satu saja tidak masalah, tapi sebaiknya orangtua bijaksana melihat tanda lahir ini. Jika tanda ini membesar ada kemungkinan menjadi tanda neurofibromatosis (kelainan genetik yang menyebabkan pertumbuhan sel tidak normal dari jaringan saraf).

Istilah ‘cafe-au-lait’ artinya berarti kopi susu, sesuai dengan warna tanda lahir yang warnanya kecokelatan ini. Tanda lahir ini dapat muncul di manapun dan bisa membesar seiring pertambahan usia.

Cafe-au-lait spot bisa menjadi tanda penyakit yang disebut neurofibromatosis, penyakit keturunan langka yang menyebabkan tumor tumbuh pada jaringan saraf. Oleh karena itu, bayi yang lahir dengan tanda lahir ini perlu diperiksa oleh ahli saraf.

2. Spot mongolia (tidak berbahaya)

Tanda lahir ini rata, berwarna abu-abu kebiruan yang sering ditemukan di bagian belakang tubuh atau pantat. Umumnya terjadi pada kulit gelap seperti pada anak-anak Asia, Indian Amerika, Afrika, Hispanik dan keturunan Eropa Selatan. Tanda ini akan memudar tanpa pengobatan.

3. Pigmented Nevi atau Tahi Lalat umum (Tidak Berbahaya / bisa berbahaya jika membesar)

Kebanyakan orang mendapatkan tahi lalat di beberapa bagian tubuh dengan warna coklat atau hitam, datar atau menonjol serta kemungkinan tumbuh rambut di atasnya. Orangtua harus mewaspadai tahi lalat yang membesar, karena ada kemungkinan berkembang menjadi kanker kulit (melanoma) di kemudian hari.

Jenis tanda lahir ini lebih sering disebut tahi lalat yang muncul saat lahir dan tetap ada seumur hidup. Sekitar 1 dari 100 bayi dilahirkan memiliki tahi lalat. Warnanya berkisar dari cokelat hingga hitam dengan berbagai bentuk dan ukuran, bisa muncul sendiri atau banyak dan muncul di mana saja pada kulit. Tahi lalat jenis ini jarang membutuhkan pengobatan dan risikonya berkembang menjadi kanker hanya sekitar 1 persen.

Salmon patch atau macular stain (Tidak Berbahaya)

Tanda lahir berwarna merah samar ini sering muncul di dahi, kelopak mata, leher, atau belakang kepala. Patch Salmon tidak berbahaya dan tidak perlu pengobatan, biasanya berangsur hilang dalam beberapa tahun.

Port Wine (Berbahaya Kalau Dekat Mata)

Tanda lahir ini warnanya lebih kemerahan hingga keunguan dan terjadi pada sekitar 3 dari 1.000 bayi. Port wine dapat menebal dan bergelombang seiring pertambahan usia serta berhubungan dengan meningkatnya tekanan pada mata.

Anak-anak yang memiliki port wine harus diperiksa oleh seorang spesialis mata. Tanda lahir tidak dapat hilang sendiri dan dapat dihilangkan dengan laser.

Cavernous Hemangioma (Bisa Berbahaya)

Mirip dengan Strawberry Hemangioma tetapi letaknya lebih dalam lagi di kulit sehingga berwarna kebiruan. Tanda lahir ini cenderung menyusut seiring pertambahan usia, tetapi perlu diobati jika terletak di dekat mata, hidung, atau mulut dan mengganggu pemandangan, makan atau pernapasan.

Untuk menghilangkannya, biasanya digunakan perawatan laser. Obat-obatan untuk mengecilkan pembuluh darah juga akan lebih efektif sebab lebih kecil risikonya menimbulkan jaringan parut.

Venous Malformations (Perlu Diobati)

Tanda lahir ini muncul dekat kulit dan sangat jarang dijumpai. Venous Malformations sebenarnya adalah jalinan pembuluh darah yang ukurannya lebih besar dan lebih menonjol daripada tanda lahir lainnya.

Venous Malformations tidak akan hilang dan perlu diobati. Selain lewat operasi dan obat, tanda lahir ini juga dapat dihilangkan dengan embolisasi, yaitu prosedur penyumbatan pembuluh darah untuk membuat tanda lahir menyusut ukurannya.

Dysplastic Nevi atau Tahi Lalat besar (Bisa Berbahaya)

Tanda lahir yang juga berupa tahi lalat ini lebih tinggi risikonya berkembang menjadi kanker kulit. Apabila jumlahnya banyak atau ukuranya besar, maka risikonya menjadi kanker lebih tinggi. Oleh karena itu, tanda lahir ini harus diwaspadai.

Tahi lalat berukuran 10 cm atau lebih saat lahir dialami oleh sekitar 1 dari 20.000 bayi lahir. Tahi lalat yang mencakup area kulit yang luas disebut nevi bawaan raksasa dan risikonya berkembang menjadi kanker kulit sebesar 6 persen.

Mongolia Spots (Tidak Berbahaya)

Adalah tanda lahir berpigmen yang muncul pada bayi yang lahir dengan kulit gelap. Paling sering muncul pada punggung bawah atau bokong dan terlihat seperti memar datar. Tanda lahir ini biasanya memudar saat bayi mencapai usia sekolah.

Mongolia spot adalah tonjolan berpigmen dalam di bawah kulit dengan warna biru atau abu-abu. Tanda lahir ini tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan.

 

Nevus Sebaceous (Sangat Berbahaya)

Nevus Sebaceous biasanya muncul pada kulit kepala atau wajah sebagai plak bewarna kuning. Pada masa pubertas, tanda lahir ini cenderung makin kentara dan menonjol. Meskipun sangat jarang dijumpai, tanda lahir ini berisiko tinggi berkembang menjadi kanker kulit sehingga perlu dilakukan pembedahan pada usia dini untuk mencegahnya tumbuh menjadi kanker

 

Cara menghilangkan Tanda Lahir

Sebelum memberikan pilihan pengobatan yang mungkin dilakukan, seorang dokter kulit harus memeriksa secara langsung tanda lahir. Hal-hal yang mempengaruhi pemilihan pengobatan, antara lain yaitu permukaan kulit pada tanda lahir tersebut (kasar, halus), ada tidaknya rambut pada tanda lahir tersebut, serta intensitas warna dan homogenitas warna tersebut (hitam, coklat, biru, hijau, merah; satu warna merata di seluruh tanda lahir, atau ada bintik-bintik warna yang lebih gelap), adakah penambahan jaringan kulit di bawah tanda lahir tersebut, dan sebagainya. Dapat dihilangkan atau tidak pun, tergantung dari hasil pemeriksaan dokter pada hal-hal tersebut di atas. Metode penghilangannya cukup bervariasi, antara lain bedah pisau biasa, sinar non laser, laser, atau kombinasi antara bedah pisau dan sinar laser

 

yang dicari :

%d bloggers like this: