Berapa Gula darah normal pada Tubuh ?

Kadar Gula Darah Normal, Tinggi dan Rendah

 

Memiliki kadar gula darah normal pada tubuh sangat penting karena bisa menunjang kinerja tubuh dan membuat Anda tetap sehat. Namun apakah Anda tahu berapa kadar gula darah normal yang harus Anda miliki?

Sebenarnya kadar gula darah normal tidak berpatokan pada satu angka baku. Kadar ini bisa berubah seperti saat sebelum dan sesudah Anda makan atau juga saat waktunya tidur.

Seusai makan, sistem pencernaan Anda akan memecah karbohidrat menjadi gula atau glukosa yang bisa diserap oleh aliran darah. Zat tersebut sangat penting untuk sumber energi sel-sel tubuh Anda. Darah mengalirkan zat gula ini menuju sel-sel tubuh guna menjadikannya energi.

Namun, zat gula ini harus melewati sebuah ‘pintu’ untuk memasuki sel-sel tersebut. Hormon yang berperan dalam membuka ‘pintu’ itu adalah insulin. Insulin dihasilkan oleh pankreas. Setelah memasuki sel, zat gula ini akan dibakar menjadi energi yang bisa Anda pakai. Gula yang lebih akan disimpan di hati untuk dipakai di kemudian hari.

Berikut kisaran kadar gula darah normal pada tubuh:

  • Sebelum makan: 70 – 130 mg/dL.
  • Dua jam setelah makan: kurang dari 180 mg/dL.
  • Setelah tidak makan (puasa) selama setidaknya delapan jam: kurang dari 100 mg/dL.
  • Menjelang tidur: 100 – 140 mg/dL.

Kadar Gula Darah Normal Orang Dewasa

Pada saat seusaimakan, maka sistem pencernaan pada tubuh anda akan memecah karbohidrat yang menjadi  gula atau glukosa yang bisa akan diserap oleh aliran darah. Zat tersebut sangat penting untuk sumber energi pada sel sel yang terdapat di dalam tubuh. Darah yang akan mengalirkan zat gula ini akan menuju ke sel pada tubuh  guna menjadikannya energi.

Dan pada zat gula ini harus melewati sebuah pintu untuk memasuki sel sel tersebut. Hormon pada tubuh akan berperan dalam membuka pintu itu yaitu insulin. Insulin yang akan dihasilkan oleh pankreas. Setelah memasuki sel, maka zat gula ini akan dibakar menjadi  energi yang bisa anda
pakai. Gula yang lebih akan disimpan di hati untuk di pakai di kemudian hari.

Berikut ini ada kisaran kadar gula normal  orang dewasa yang terdapat di dalam tubuh :
* Sebelum makan : 70 – 130 mg/dL
* Dua jam setelah makan : maka kurang dari 180 mg/dL
* Setelah tidak makan (puas) selama setidaknya delapan jam : maka akan
kurang daarai 100 mg/dL
* Pada saat menjelang tidur : 100 – 140 mg/dL

Kadar Gula Darah Normal Pada Wanita

Perlu anda ketahui setiap manusia pastinya memiliki kadar gula yang berbeda-beda baik pria
maupun wanita, memiliki kadar gula darah normal pada wanita tentunya menjadi hal yang aman, tetapi bagaimana jika kadar gula darah normal pada wanita bisa berubah menjadi dibawah normal dan bisa juga menjadi lebih tinggi dari biasanya. Setiap orang harus mengetahui kadar gula
darah yang normal berapa, karena saat ini banyak sekali orang yang mengalami penyakit diabetes baik diabetes kering ataupun diabetes basah.

Meskipun anda memiliki kadar gula darah normal pada wanita anda juga harus mengetahui berapa kadar gula yang sesuai dedalam tubuh wanita, biasanya wanita akan lebih teliti dibandingkan pria karena wanita sering memperhatikan hal-hal yang kecil, anda bisa membeli tes gula darah agar setiap saat anda bisa melakukan pemeriksaan gula darah jadi anda tidak perlu repot-repot untuk darang kerumah sakit hanya untuk mengecek gula darah. Kadar gula darah pada setiap orang bisa
berubah-ubah sesuai kondisi tubuh, dianjurkan jika anda sedang melakukan cek gula darah anda jangan makan terlebih dulu karena makan sebelum melakukan cek gula akan membuat gula darah anda menjadi naik dan tinggi.

Nilai kadar gula darah setelah 2 jam makan. Jika anda melakukan cek gula darah setelah makan selama 2 jam kemungkinan hasil gula darah anda mencapai 140 mg/dl . Nilai gula darah pada saat puasa. Untuk orang yang sedang puasa biasanya jika melakukan cek gula darah akan menunjukan hasil kurang lebihny 70 sampai 100 mg/dl . Nilai gula darah pada saat sesat. Yang dimaksud sesat adalah orang yang melakukan cek gula darah kapan saja dia mau atau bisa, pada kondisi seperti ini biasanya kadar gula yang ditunjukan sekitar 70 sampai 200 mg/dl

Kadar gula darah normal pada perempuan dewasa

Tidak ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Jika gula darah Anda pada tingkat antara 100 dan 125 mg / dl, Anda tergolong pra-diabetes, atau gejala diabetes.

Dan bagi mereka yang glukosa darah puasa lebih besar dari 125 mg / dl, mereka dianggap diabetes.

Gula darah yang melebihi batas normal bisa disimpulkan memiliki kadar gula yang tinggi dan bisa terkena penyakit diabetes, sedangkan yang dibawah rata-rata bisa disebut kekurangan kadar gula ditubuhnya

Kadar gula darah normal pada wanita sekitar 70 sampai 110 mg/dl. Jika seseorang mengalami gula darah yang dibawah dia akan mengalami berbagai gejala sama halnya dengan yang kelebihan gula darah.

Kadar gula darah normal pada laki-laki dewasa

Berikut angka glukosa darah normal pada pria dewasa dengan diabetes dan non-diabetes

Kadar gula darah puasa

– Pria dewasa tanpa diabetes: 70-99 mg / dl (3,9-5,5 mmol / L)
– Pria dewasa dengan diabetes: 80-130 mg / dl (4,5-7,2 mmol / L)

Kadar gula darah 2 jam setelah makan

– Pria dewasa tanpa diabetes: Kurang dari 140 mg / dl (7,8 mmol / L)
– Pria dewasa dengan diabetes: Kurang dari 180 mg / dl (10,0 mmol / L)

Angka normal untuk HbA1c

– Pria dewasa tanpa diabetes: Kurang dari 5,7%
– Pria dewasa dengan diabetes: 7,0% atau kurang

 

Target kadar gula darah normal untuk pria dan wanita

Sebuah tes glukosa puasa diambil di lab setelah Anda puasa atau tidak makan atau minum selama 8 sampai 12 jam. Bagi mereka, laki-laki da perempuan yang dilakukan dievaluasi dengan tes glukosa puasa, angka normal harus kurang dari 100 miligram per desiliter (mg / dl).

Berapa Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO

Banyak orang yang tidak mengetahui kisaran kadar gula darah ideal, untuk mengetahui hal itu kita dapat merujuk pada ukuran gula darah yang normal menurut WHO. Supaya kita dapat memiliki acuan yang terpercaya dan jelas untuk menjaga kadar gula dalam tubuh kita agar tidak naik dan turun. Berapakah Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO ? berikut ulasannya.

  • Ketika orang sedang melakukan puasa kadar gula normal dalam tubuh adalah 4 – 7 mmol/I atau setara dengan 72 – 126 mg/dL
  • Sedangkan setelah kurang lebih 90 menit kita makan, kadar gula darah yang normal dalam tubuh adalah 10 mmol/I atau setara 180 mg/dL
  • Dan pada malam hari kadar gula darah yang normal dalam tubuh kita adalah 8 mmol/I atau setara 144 mg/dL

Setelah mengetahui Berapakah Kadar Gula Darah Normal Menurut WHO, mulai sekarang Anda bisa menjaga kadar gula Anda supaya tidak sampai terkena diabetes. Untuk menghindarinya Anda dapat mengobati secara herbal. Apabila kadar gula Anda lebih tinggi dari yang telah ditetapkan oleh WHO Anda diwajibkan untuk melakukan proses diet gula. Namun meskipun Anda sedang dalam proses melakukan diet gula diharapkan Anda jangan terlalu ekstrim untuk menghindari makanan atau minuman yang manis-manis, karena itu juga dapat memberi dampak yang negative pada tubuh Anda.

Tes glukosa darah jangka panjang

Ada juga tes glukosa jangka panjang disebut hemoglobin A1c atau HbA1c, atau hanya disebut A1C. Tes ini memberikan data baca rata-rata selama 2-3 bulan terakhir. HbA1c dinyatakan sebagai persentase.

Untuk orang dewasa non diabetes, kadar gula harus di bawah 5,7%. Sedangkan target gula darah normal untuk orang dengan diabetes dianjurkan pada 7,0% atau lebih rendah.

Anda belum tentu menderita diabetes

Selain diabetes, banyak kondisi lain dapat menyebabkan tingginya kadar glukosa darah seperti stres akut, gagal ginjal, hipertiroidisme, asupan makanan yang berlebihan, obat-obatan tertentu dan pankreatitis. Sebaliknya, kondisi seperti penyakit hati, asupan alk0h0l, kelaparan dan hipotiroidisme semua dapat menyebabkan rendahnya kadar glukosa darah.

Nah, setelah mengetahui ukuran kadar gula darah yang normal, kali ini saya juga akan menjelaskan tentang penyebab penyakit glukosa atau gula darah yang terjadi dalam tubuh manusia.

Faktor penyebab penyakit glukosa atau gula darah

  1. Dari pola makan yang kurang teratur, hal ini dapat memicu kalori yang masuk dalam tubuh kita menjadi berlebihan. Pola makan yang berlebihan yang tidak diimbangi dengan proses sekresi insulin maka hal ini akan memicu meningkatnya kadar gula di dalam darah.
  2. Obesitas
  3. Faktor genetic atau keturunan juga dapat memicu timbulnya penyakit diabetes atau gula darah tinggi, hal ini dikarenakan gen yang diwariskan kepada anaknya, dimana orang tuanya sudah menderita penyakit diabetes. Dan masih banyak faktor lainnya yang bisa menimbulkan penyakit gula darah.

Gejala dari Kadar Gula Darah

* Terus menurus akan merasa haus
* Penglihatan menjadi kabur
* Sering buang air kecil atau anyang anyangan
* Mneingkatkan kadar gula darah yang terdapat dalam darah dan air seni
* Berat badan menurun
* Kelelahan, dan lesu

Penyebab Utama yang menjadi Kadar Gula Darah

 1. Makanan kaya tinggi lemak

Bagi para penderita diabetes mungkin akan khawatir dengan kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam makanan mereka, namun makanan yang terdapat kaya tinggi lemak bahwa kandungan yang terdapat pada lemak akan juga dapat mempengaruhi kadar gula darah.

Bisa baca juga !!! Makanan terbaik untuk  penderita diabetes

 2. Mengkonsumsi kopi sebanyak secangkir gelas

Banyak para penelitian menunjukkan bahwa kebiasa minum kopi dapat menurunkan resiko menjadinya terkena penyakit diabetes tipe 2 dalam angka panjang. Namun, bagi para yang sudah terkena penyakit diabetes dengan mengonsumsi kafein akan menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi dan bisa dapat menjadikan orang susah tidur

Baca juga !!!  Kopi yang baik dan aman untuk penderita diabetes / gula darah tinggi

 3. Kurang tidur

Bagi para penderita  penyakit kadar gula darah pada saat tidur berkualitas di malam hari akan mungkin hanya obat yang  dokter berikan, khususnya jika anda memiliki diabetes atau khawatir terhadapnya.

 4. Merokok

Jelas bahwa pada kebiasaan merokok menjadi tidak sehat bagi siapapun, namun rokok pastinya sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

 5. Mengonsumsi beberapa obat umum

Obat obatan termasuk steroid untuk mengontrol penyakit asma statin untuk meningkat kan kadar kolesterol, dan diuretics untuk menurunkan tekanan darah, dan dapat meningkatkan kadar gula darah.

 6.  Pemanis buatan

Sebuah penelitian di Israel menunjukkan bahwa pemanis buatan akan dapat menimbulkan efek negatif. Ketika penelitian memberikan pemanis buatan pada tikus menjadi bahan percobaan, mereka akan memiliki kadar gula darah tinggi yang lebih tinggi dari pada tikus yang meminum air putih, dan bahkan air dengan gula sekali pun.

 7. Melewatkan sarapan

Pada wanita gemuk yang tak sarapan akan memiliki tingkat insulin dan kadar gula darah yang lebih tinggi seusai makan siang beberapa kemudian dari pada ketika mereka sarapan.

Cara Mempertahankan Kadar Gula Darah Normal Orang Dewasa

Pada saat menjaga kadar gula darah normal orang dewasa yang sangat penting. Gula darah yang terlalu rendah (Hipoglikemia) atau tinggi (Hiperglikemia) bisa berdampak negatif pada tubuh anda. Jika pada kadar gula darah anda dibawah 70 mg/dL maka anda akan mengalammi Hipoglikemia.
Anda dikatakan akan mengalami Hiperglikemia jika kadar gula darah anda akan lebih darah 200 mg/dL.

Cara Menjaga agar tetap Kadar Gula Darah Normal Orang Dewasa, yaitu dengan cara :

  • Selalu sediakan cemilan manis
    Untuk terjaga dengan cara selalu membawa cemilan manis seperti  permen, guna mencegah kadar gula darah yang akan menurun drastis. Jika anda mengalami stess dan seharusnya anda segera atasi karena kondisi ini akan bisa membuat kadar gula darah anda semakin meningkat.
  • Makan tepat waktu
    Jangan selalu melewatkan waktu makan anda yang terutama sarapan. Jika hal ini akan terjadi, rasa lapar akan meningkat di jam makan berikutnya. Hasilnya anda akan makan secara berlebihan,  dan kemudian naiklah gula darah anda secara drastis. Makan tiga kali sehari dengan ditambah dua cemilan bernutrisi di sela jam makan bisa akan membantu kadar gula darah normal pada orang dewasa.
  • Olahraga rutin
    Dengan melakukan olahraga secara rutin akan bisa menstabilkan gula darah anda. Lakukan olahraga setidaknya 2,5 jam pada per minggunya secara teratur. Anda bisa juga melatih kekuatan pada otot tubuh karena  peranannya dalam menggunakan dan menyimpan gula yang sangat besar. Hal tersebut akan bisa membuat kadar gula darah normal orang dewasa. Namun,
    jangan dengan melakukan aktivitas fisik karena akan bisa memicu Hipoglikemia.

 Gejala Gula Yang Rendah Adalah :

  1. Penglihatan akan menjadi tidak jelas atau kabur
  2. Sering merasa lapar
  3. Detak jantung akan terasa lebih cepat
  4. sulit untuk berkonsentrasi
  5. Sering merasa kesemutan dan mati rasa
  6. Sering berkeringat dan badan gemetaran
  7. Sering Merasa gugup

Gejala Kelebihan Gula Darah Adalah :

  1. Sering merasa dehidrasi
  2. Sering buang air kecil
  3. Jika luka susah untuk sembuh
  4. Mengalami penurunan berat badan
  5. Mudah terinfeksi jamur
  6. Sering merasa kelelahan

Beberapa Faktor Penyebab Gula darah Menjadi Naik

  • Sering Mengkomsumsi Makanan Tinggi Lemak
    Bagi wanita biasanya sangat gemar mengkomsumsi makanan-makanan yang tinggi akan lemak, ini merupakan salah satu penyebab yang pali utama kadar gula menjadi naik lebih tinggi. Makanan yang berlemak sangatlah tidak baik untuk kesehatan tubuh selain bisa membuat tubuh anda menjadi gemuk makanan yang banyak mengandung lemak bisa meningkatkan resiko penyakit diabetes.
  • Sering Merokok merokok merupakan salah penyebab kadar gula darah menjadi naik lebih tinggi.
  • Tidak Pernah Olahraga
    Kebannyakan orang-orang yang tidak penah melakukan olahraga lebih banyak beresiko terkena berbagai penyakit. Jika anda malas untuk berolahraga kemungkinan gula darah anda akan menjadi naik, karena dengan berolahraga bisa melancarkan peredaran darah didalam tubuh sehingga kadar gula didalam tubuh bisa tetap stabil.
  • Sering Mengkomsumsi Pemanis Buatan
    Jika anda menyukai makanan-makanan yang manis anda harus berhati-hati, karena banyak makanan dan juga minuman yang mengandung pemanis buatan. Kelebihan gula didalam tubuh secara otomatis akan membuat kadar gula darah anda menjadi naik dan jika itu terjadi maka anda bisa terkena penyakit diabetes.

Hindari hal-hal tersebut jika anda tidak ingin mengalami penyakit gula darah atau diabetes. Intinya untuk anda semua lakukanlah pola hidup yang sehat dengan mengkomsumsi makanan yang bergizi dan jangan lupa untuk selalu berolahraga secara rutin guys karena itu merupakan kunci untuk mencegah penyakit yang berbahaya seperti gula darah atau diabetes.

You may also like...

%d bloggers like this: