Berbagai Cara Pengobatan Bisul

Berbagai Cara Pengobatan Bisul Atau Furunkel

 

penyakit kulit, bisul

bisul

Upaya penanganan bisul

 
(1) faktor pencetus harus dihilangkan,

(2) menjaga kebersihan umum terutama kulit,

(3) bila luas diberikan obat antibiotik golongan penicillin atau diberikan antibiotik eritromisin bila alergi terhadap penicillin,

(4) diberikan salep yang mengandung basitrasin dan neomisin, asam fusidat atau yang mengandung mupirosin. Bila bisul pecah dan luka menjadi basah dilakukan kompres terbuka dengan larutan rivanol 0,1% atau povidone iofine 5%-10%.

(5) bila bisul matang, lakukan insisi dan aspirasi, selanjutnya dikompres atau diberi salep antibiotik, serta

(6) bila bisul sering kambuh perlu dilakukan pemeriksaan kadar gula darah.

 

Berikut tips dalam mengatasi atau mencegah:

* Perhatikan kebersihan badan maupun lingkungan.

* Bila muncul gatal-gatal, jangan dianggap remeh, bisa jadi hal itu merupakan gejala awal dari bisul.

* Bila sudah muncul benjolan bernanah, jangan dipencet, apalagi dengan tangan atau benda yang kotor karena akan memperparah bisul.

* Jangan gunakan obat dengan sembarangan meskipun dalam bentuk krim, karena justru akan menimbulkan resistensi obat dalam tubuh.

* Jaga daya tahan tubuh dengan maka makanan bergizi dan istirahat cukup.

 

. Obat Traditional bisul (Ulcer drugs )  :

Untuk Dewasa :

   
-Injet (rendaman gamping ) dan Gula aren perbandingan 1:1 ditambah air secukupnya dioleskan ke bisul, Beberapa kali aku coba resep ini bisul tidak jadi muncul.

   
-Bawang putih + Kentang diparut dan ditempelkan ke Bisul

   
-Daun Pohon Ungu yg biasa dipakai untuk wasir. Daun ditumbuk dan ditempelkan pada bisul atau daun diolesi minyak kelapa dibakar dan ditempelkan di bisul

 

Untuk Anak-anak  :

   
-Daun ungu ditumbuk dan ditempelkan pada bisul
   
-Daun Bawang putih ditumbuk halus dan ditempelkan ke Bisul

 

Cara mengeluarkan mata bisul yang sudah matang:

 

penyakit kulit, bisul

bisul

Bisul besar Stadium 3 baru bisa sembuh jika mata bisul (berupa benjolan kecil bulat lemak) bisa dikeluarkan. Mata bisul baru bisa dikelurkan jika bisul sudah membesar dan untuk mempercepat pembesaran bisa diolesi ichtiyol.Obat Bisul dan cara menguluarkan mata bisul
1. Siapkan kapas, kain kasa steril , plester dan gunting, Betadine, alkohol 70% , Jarum suntik steril, Jika ada sarung tangan karet untuk operasi
2. Cuci tangan sebelum mulai mengeluarkan isi mata bisul atau pakai sarung tangan karet khusus untuk operasi kecil.
3. Olesi area bisul dengan alkohol 70%, dan lap dengan kain kasa steril
4. Buka jarum suntik dan tusukkan pada mata bisul untuk membuat jalan agar nanah atau darah bisa keluar.
5. Tekan Bisul dan semua kotoran keluar semua. Usahan sampai semua kotoran dan mata bisul keluar.
6. Jika mata bisul belum keluar jangan dipaksa kalau tidak bisa, tutup dulu dengan kasa steril + betadine dan tutup luka dengan plester ulangi lagi prosedur diatas setelah mata bisul siap atau bisa dikeluarkan.
7. Setelah selesai bersihkan semua bekas luka dengan betadine .tutup bekas luka dengan kain kasa steril yang telah diolesi Betadine. kemudian diplester.
8. Jangan lupa minum antibiotik diatas agar tidak infeksi. dan banyak makan Buah atau minum Vitamin C 1000mg/perhari untuk membantu mempercepat penyembuan luka.

Bisul ada yang sudah membesar dan tidak bisa memecah sendiri sebaiknya dikeluarkan kotorannya oleh orang yg profesional seperti dokter atau mantri kesehatan.

Jika bisul sudah matang dan gunungnya dipegang mulai adem dan lunak. mata bisul bisa dikeluarkan oleh orang profesional atau kalo bisa sendiri tetapi harus steril agar tidak infeksi.

Penderita bisul sebaiknya menjaga kebersihan, mandi dengan air hangat bersih dan sabun antibiotik. Pakai handuk dan pakaian yang bersih. jorok adalah awal dari penyakit.

yang dicari :

%d bloggers like this: