Cacar Air Mewabah Dipergantian Musim

Cacar Air Mewabah Dipergantian Musim

4
Meski namanya cacar air, penyakit ini sama sekali bukan disebabkan kegemaran si kecil main air.
Cacar air atau yang disebuat chicken pox disebabkan oleh virus varisela zooster. “Namanya juga virus, tentu ada di mana-mana dan keberadaannya sulit dideteksi dengan mata tel4njan9,” ungkap dr. H. Hindra Irawan Satari, Sp.A(K).
Penularan cacar air bisa melalui percikan udara dari sekresi lendir, batuk maupun bersin. Sementara penyebab penularan yang paling potensial adalah kontak langsung pada lesi/bintik berisi cairan.
“Harap diwaspadai, ketika di kulit mulai muncul bintik dengan cairan yang masih jernih, itulah masa yang paling menular,” ujar dokter spesialis anak dari Subbagian Infeksi dan Pediatri Tropis, Bagian Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta. Baru setelah bintik-bintik itu berubah warna menjadi hitam, maka tidak menular lagi.
Gejala yang ditimbulkan adalah demam. “Namun demamnya tidak terlalu tinggi, sehingga orang tua sering mengabaikan dan menganggapnya hanya sebagai gejala flu biasa, padahal itu gejala awal cacar air,” tutur dokter yang akrab disapa Hingky ini.
Gejala lain yang menyertai adalah munculnya bercak merah yang timbul dan berisi air jernih yang kemudian berubah menjadi keruh dan keropeng dalam waktu 24 jam. Ia menambahkan, “Bila sudah muncul bintik-bintik seperti itu sebaiknya orang tua segera membawa anak ke dokter. Biasanya bintik itu mulai dari daerah belakang kepala kemudian menjalar ke seluruh tubuh.”
Menurut Hingky, ada musim-musim tertentu yang potensial menyebabkan terjadinya wabah cacar air. “Biasanya pergantian dari musim kemarau ke musim hujan, atau sebaliknya. Pada pergantian musim seperti ini kelembaban udara lebih tinggi, sehingga memungkinkan virus berkembang biak dengan subur. Sementara itu, di musim pancaroba anak biasanya lebih sering bermain dalam ruangan, sehingga memudahkan terjadinya penularan.”
Walaupun bukan termasuk penyakit berbahaya dan pada umumnya bisa sembuh sendiri dalam waktu seminggu, namun cacar air termasuk penyakit yang sangat menular. Pada dasarnya, tandas Hingky, virus ini menyerang ketika daya tahan tubuh seseorang sedang menurun. Dengan kata lain, walau tanpa diobati, bila daya tahan tubuhnya bagus dan sanggup melawan serangan virus, si anak bisa sembuh dengan sendirinya.

Namun, Hingky menyarankan agar penderita sebaiknya tetap dibawa ke dokter. Pertimbangannya, “Dengan diberi obat, cacar tidak akan meluas sampai ke seluruh tubuh.”

%d bloggers like this: