Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Atau ISK

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Atau ISK

7Infeksi saluran kemiih yang apabila sudah dirasakan dan belum menunjukkan gejala yang signifikan masih dapat diatasi atau dicegah untuk mengurangi resiko dari infeksi saluran kemih akut atau kronik. Infeksi saluran akut atau kronik dapat mempengaruhi adanya penyakit lainnya mudah muncul seperti gangguan ginjal, saluran kandung kemih, terbentuknya batu di saluran kemih yang dapat berakibat pada terbentuknya batu saluran kemih atau batu ginjal.

Untuk itu cara mudah agar infeksi saluran kemih ini agar segera diatasi, lakukan kebiasaan baik mulai dari pola hidup yang sehat dan seimbang serta menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Berikut ini ada beberapa tips cara mencegah infeksi saluran kemih, diantaranya :
*) Konsumsi air putih mineral

Konsumsi air putih mineral minimal 8-10 gelas per hari atau setara dengan 1-2 liter per hari atau lebih sesusia kebutuhan tubuh akan cairan membantu mengeluarkan urine yang tersendat dan membuat aliran urine menjadi lancar. Dengan rutin minum air putih mineral dapat mengubah warna urine yang tadinya kekunungan menjadi putih bening. Air putih juga dapat mengurangi pembentukan batu pada saluran kemih dari berbagai zat.
*) Jangan menahan rasa ingin berkemih

Jika anda merasa ingin berkemih, segera lakukan jangan sekali-kali menahan rasa ingin berkemih, hal ini dapat membuat perut terasa sakit, gangguan ginjal dan membuat zat-zat sisa metabolisme tubuh masuk kembali ke dalam saluran kandung kemih yang kemudian akan membentuk batu pada saluran kemih.
*) Minum air putih mineral minimial 1 gelas ukuran sedang ketika bangun tidur di pagi hari untuk merangsang metabolisme tubuh untuk berkemih, sehingga air kemih yang terendap selama 1 malam keluar. Cara in juga sangat efektif dilakukan untuk mengatasi dan mengobati sakit pinggang.
*) Menjaga pola makan yang sehat dan seimbang

Salah satu cara yang paling efektif dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan hidup dengan mengatur asuhan pola makan yang seimbang yang tentunya menyesuaikan dan mememuhi kebutuhan tubuh dari asupan nilai gizi dan komponen gizi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Dengan diimbangi olahraga yang teratur sesuai kemampuan tubuh serta menjaga berat badan tetap ideal merupakan salah satu kunci dalam hidup yang sehat dan dinamis.
*) Menjaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan

Kebersihan juga menjadi satu landasan penting bagi manusia dalam menciptakan suasana rumah atau pribadi menjadi enak dipandang dalam menikmati hidup. Lingkungan yang kotor dapat menjadi tempat atau wabah terjangkitnya suatu penyakit. Kebersihan diri pun demikian, dengan membersihkan organ intim dari arah yang benar dan menjaga kebersihan organ intim setelah berkemih atau melakukan hubungan seksual dan kegiatan lainnya menjadi penting adanya untuk selalu dilakukan.

4– Biasakan selalu membersihkan alat kelamin setiap buang air kecil dengan benar, yaitu menggunakan air bersih lalu dikeringkan.

Cara cebok dari arah depan dulu setelah bersih baru bagian belakang area yang mendekati dubur ke belakang.

– Sebaiknya hindari penggunaan larutan antiseptik secara rutin untuk pencuci vagina karena bisa merusak PH vagina dan pada akhirnya kuman baik yang bertugas melawan infeksi pada saluran kencing dan vagina bisa mati.

– Jika bepergian jauh/traveling jangan cebok dengan air yang tertampung di bak mandi umum. Gunakan tisu atau ambil air langsung dari kran yang mengalir, jika air kran juga meragukan gunakan air mineral demi keamanan.

– Sering-seringlah mengganti celana dalam, minimal setiap kali mandi atau bila terasa lembab langsung ganti. Gunakan celana dalam dari bahan yang tidak menimbulkan alergi kulit dan berbahan katun.

–  Jika sedang haid usahakan serajin mungkin mengganti pembalut. Karena darah yang tertampung lama menjadi tempat kuman berkembang biak.

Melakukan hubungan (seks) suami istri yang sehat tidak berganti ganti pasangan, bila salah satu dari pasangan ada yang mengalami infeksi saluran kencing sebaiknya diobati sampai sembuh.

You may also like...

%d bloggers like this: