Diagnosa Banding Patent Ductus Arteriosus (PDA)

Diagnosa Banding Patent Ductus Arteriosus (PDA)

 patent ductus artriosusDuktus arteriosus adalah pembuluh darah yang menghubungkan aliran darah pulmonal ke aliran darah sistemik dalam masa kehamilan (fetus). Hubungan ini (shunt) ini diperlukan oleh karena sistem respirasi fetus yang belum bekerja di dalam masa kehamilan tersebut. Aliran darah balik fetus akan bercampur dengan aliran darah bersih dari ibu (melalui vena umbilikalis) kemudian masuk ke dalam atrium kanan dan kemudian dipompa oleh ventrikel kanan kembali ke aliran sistemik melalui duktus arteriosus. Normalnya duktus arteriosus berasal dari arteri pulmonalis utama (atau arteri pulmonalis kiri) dan berakhir pada bagian superior dari aorta desendens, ± 2-10 mm distal dari percabangan arteri subklavia kiri.

Duktus arteriosus yang persisten (PDA) akan mengakibatkan pirai (shunt) L-R yang kemudian dapat menyebabkan hipertensi pulmonal dan sianosis.   

Ductus arteriosus biasanya paten selama hidup janin, yang merupakan struktur penting dalam perkembangan janin karena memberi kontribusi terhadap aliran darah ke seluruh organ-organ janin dan struktur. Dari minggu 6 dan seterusnya kehidupan janin, ductus bertanggung jawab untuk sebagian besar keluar ventrikel kanan, dan memberikan kontribusi 60% dari cardiac output jumlah seluruh kehidupan janin. Hanya sekitar% dari arus keluar nya 5-10 melewati paru-paru.
 
Dengan demikian, patent ductus arteriosus (PDA) menghasilkan shunt kiri ke kanan. Dengan kata lain, ini memungkinkan darah untuk keluar dari sirkulasi sistemik ke sirkulasi paru. Hasil pembengkakan paru dengan penurunan kepatuhan paru. Reaksi dari pembuluh darah paru dengan meningkatnya aliran darah tidak dapat diprediksi.

Berikut diagnose banding Untuk Patent ductus ateriosus, yaitu:
   
* Venous Hum’
   
* Ruptur sinus Valsava
   
* Insufisiensi Aorta + VSD
  
* Trunkus Arteriosus
   
* Aortico-pulmonary window’
  
* Acute Pericarditis
   
* Aortopulmonary Septal Defect
  
* Coarctation of the Aorta
   
* Coronary Artery Fistulapatent ductus arteriosus
  
* Pediatric Acute Respiratory Distress Syndrome
   
* Pediatric Sinus of Valsalva Aneurysm
  
* Pediatric Tachycardia
   
* Pediatric Tetralogy of Fallot With Absent Pulmonary Valve
  
* Pulmonic Valvular Stenosis
  
* Sickle Cell Anemia

yang dicari :

%d bloggers like this: