Diagnosa Cerebral Palsy/ Kelumpuhan Otak Besar

Diagnosa Cerebral Palsy/ Kelumpuhan Otak Besar

8Cerebral Palsy/ kelumpuhan otak besar adalah suatu keadaan dimana penderitanya mengalami buruknya pengendalian otot, kekakuan, kelumpuhan serta mengalami gangguan fungsi saraf lainnya. Cerebral Palsy bukanlah merupakan suatu penyakit dan tidak bersifat progresif (penderita tidak semakin memburuk dan juga tidak semakin baik).

Anak yang mengalami cerebral palsy biasanya disebabkan karena adanya masalah yang terjadi dalam otak yang dapat berasal dari trauma kepala, radang, perdarahan otak karena adanya kelainan kromosom (seperti pada Down Syndrome), serta penyakit yang merusak otak secara progresif. Karena cedera otak ini, indera jadi bermasalah.

Akibatnya mempengaruhi kemampuan otak untuk menyerap informasi (sensorik) atau kemampuan otak untuk merespons informasi (motorik).
Pada pemeriksaan akan ditemukan tertundanya perkembangan kemampuan motorik. Refleks infantil (misalnya menghisap dan terkejut) tetap ada meskipun seharusnya sudah menghilang. Tremor otot atau kekakuan tampak dengan jelas, dan anak cenderung melipat lengannya ke arah samping, tungkainya bergerak seperti gunting atau gerakan abnormal lainnya.
Berbagai pemeriksaan laboratorium bisa dilakukan untuk menyingkirkan penyebab lainnya:

   
* MRI kepala menunjukkan adanya kelainan struktur maupun kelainan bawaan2
   

* CT scan kepala menunjukkan adanya kelainan struktur maupun kelainan bawaan
   

* Pemeriksaan pendengaran (untuk menentukan status fungsi pendengaran)
   

* Pemeriksaan penglihatan (untuk menentukan status fungsi penglihatan)
   

* EEG
   

* Biopsi otot.

%d bloggers like this: