Diagnosa Dan pengobatan Kanker Kelenjar Adrenal

Diagnosis dan Pengobatan Kanker Kelenjar Adrenal

Karena dalam banyak kasus tumor kanker di kelenjar adrenal merangsang produksi hormon berlebih, diagnosis bisa dimulai dengan tes darah untuk menentukan tingkat hormon adrenalin dalam darah.

penyakit kanker, pengobatan kanker kelenjar adrenal

kanker adrenal

Cara Mendiagnosa Kanker Adrenal

Kanker adrenal sulit didiagnosis pada tahap awal. Pada saat pasien didiagnosa, kanker umumnya sudah menyebar ke daerah sekitarnya dan mempengaruhi berbagai organ lain seperti hati, tulang, dan rongga perut
Pemeriksaan darah dan urin, dapat terlihat perbedaan antara adenoma fungsional dan nonfungsional
 

Pemeriksaan MRI : pemeriksaan sel pheochromocytoma adrenal yang tepat dan berarti

 
USG : pemeriksaan USG merupakan pilihan pertama pemeriksaan untuk penyakit adrenal

Langkah selanjutnya untuk mendeteksi penyakit ini adalah melakukan X-ray dan CT (computed tomography) scan yang dapat memberikan gambar rinci kelenjar adrenal.

Pencitraan resonansi magnetik kadang-kadang juga digunakan untuk diagnosis untuk memberikan gambar rinci melalui bantuan medan magnet.

Biasanya tes ini cukup untuk mendiagnosis kanker di kelenjar adrenal, namun dalam beberapa kasus biopsi mungkin diperlukan.

 

Pengobatan Kanker Adrenal

Jika berukuran kecil (kurang dari 5 cm) dan non kanker, tumor dapat diangkat dengan bantuan operasi laparoskopi yang melibatkan penyisipan serat optik melalui sayatan kecil yang dibuat di perut atau punggung.

Jika tumor berukuran besar dan merupakan kanker, maka sayatan besar dibuat di perut atau punggung untuk kemudian dilakukan operasi.

Kemoterapi dan terapi radiasi juga merupakan bagian dari pengobatan kanker.

Kemoterapi melibatkan penggunaan obat-obatan tertentu untuk menghancurkan sel kanker, sedangkan pada terapi radiasi, sinar-X atau partikel lain digunakan untuk membunuh sel kanker.

Pengobatan ditujukan untuk menghilangkan tumor dengan operasi. Dalam beberapa kasus, ini dapat dilakukan dengan laparoskopi. Pembedahan kadang-kadang diikuti dengan kemoterapi dan / atau terapi radiasi. Karena operasi menghilangkan sumber hormon penting, hormon harus dilengkapi setelah operasi.

Laparoskopi adrenalektomi – dalam prosedur ini, lingkup serat optik dimasukkan melalui sayatan kecil yang dibuat oleh dokter Anda dalam rongga perut Anda. Ini adalah prosedur kurang invasif dan karena itu umumnya menyebabkan nyeri kurang dari pendekatan lain. Untungnya sebagian besar kanker adrenal dapat dihapus menggunakan teknik ini.

Kemoterapi

Dapat membantu dalam menginduksi regresi dalam ukuran tumor primer dan metastasis

Mitotane paling obat yang biasa digunakan

Corticoid pengganti glukokortikoid dan mineral yang diperlukan dalam kebanyakan kasus untuk mencegah insufisiensi adrenal

Dalam beberapa kasus, agen kemoterapi mungkin memiliki beberapa aktivitas antitumor, misalnya, siklofosfamid, doxorubicin, dan cisplatin.
 Pengobatan kanker Adrenal meliputi:

  1. operasi : lebih terbatas pada perubahan patologis tumor adrenal, dan untuk tumor yang lebih besar dan kekambuhan maupun metastasis pada pasien kanker, kebanyakan dari mereka tidak bisa sepenuhnya terangkat dengan bersih.

  2. pengobatan minimal invasive : apabila tumor yang tidak dapat terangkat bersih dengan tindakan operasi apalagi dengan adanya metastasis atau kekambuhan kembalimaka minimal invasive dapat menjadi pilihan yang baik.

  a. Pengobatan cryosurgery atau metode pembekuan dengan gas argon-helium : metode ini dapat dilakukan dibawah panduan USG atau CT scan yang dapat langsung membunuh sel kanker tanpa merusak jaringan normal, merupakan pengobatan yang sangat aman

  b. pengobatan radio frekuensi : melalui jarum elektroda yang diarahkan ke dalam tumor dan jaringan sekitarnya, lalu dialirkan frekuensi tinggi sehingga inti jarum elektroda menghasilkan getaran dan gesekan ion kecepatan tinggi, dengan suhu tinggi yang menyebabkan nekrosis koagulasi pada jaringan protein yang dengan demikian membantu menonaktifkan sel-sel kanker;

  c. penanaman biji radio partikel : implantasi biji radioaktif 125I di area tumor dapat berperan untuk membunuh sel tumor dengan terapi radiasi lokal.

 

bagi pasien yang uremia atau bermasalah ginjalnya juga harus memperhatikan asupan kacang-kacangan dan pantangan produk kedelai serta membatasi makanan protein hewani, makanan berminyak, dan sebagainya.
Perawatan Kanker Adrenal

 

penyakit kanker, pengobatan kanker kelenjar adrenal

kanker adrenal

1. Pasien harus memiliki pemikiran yang optimis, dan membangun rasa percaya diri untuk mengatasi penyakitnya.

 
2. pasien harus memperhatikan pola istirahatnya : Hindari aktivitas fisik yang berat dan luka pada perut, disaat ginjal membesar maka hindari penggunaan ikat pinggang untuk menghindari pecahnya kista. Karena pihak keluarga dari pasien memiliki resiko terkena kanker lebih tinggi maka disarankan agar pihak keluarga dari pasien juga melakukan pemeriksaan USG enam bulan sekali.

 
3. Pola makan pasien : hindari makanan yang diasinkan seperti telur asin, ikan asin (termasuk acar), makanan pedas dan merangsang (termasuk lada, anggur, kepiting, udang, dll), makanan yang terkontaminasi (makanan busuk. sisa makanan, dll), makanan yang dipanggang, dan bagi pasien yang uremia atau bermasalah ginjalnya juga harus memperhatikan asupan kacang-kacangan dan pantangan produk kedelai serta membatasi makanan protein hewani, makanan berminyak, dan sebagainya.
4. pasien harus mencegah dan mengobati infeksi secara aktif.

 
5. untuk menghindari terjadi kerusakan pada ginjal, pencegahannya hampir sama seperti pencegahan hipertensi.

  Diatas antara lain merupakan perawatan tumor adrenal, pastikan untuk melakukan perawatan sehari-hari yang sederhana, cepat, untuk membantu pengobatan tumor adrenal.

%d bloggers like this: