Diagnosis Dan Pengobatan Spinocerebellar Ataxia

Diagnosis  Dan Pengobatan Spinocerebellar Ataxia

6Sebagian besar gangguan yang menghasilkan ataksia menyebabkan sel-sel di bagian otak yang disebut cerebellum seseorang untuk atrofi, atau merosot. Pada kali, tulang belakang seseorang juga bisa terpengaruh. Frase, ‘degenerasi cerebellar,’ dan, ‘degenerasi spinocerebellar,’ adalah orang-orang yang menggambarkan perubahan yang telah terjadi dalam sistem saraf individu. Tak satu pun dari istilah-istilah ini merupakan diagnosis tertentu. Degenerasi spinocerebellar dan cerebellar memiliki sejumlah penyebab yang berbeda.  Usia seseorang onset dan ataksia yang dihasilkan bervariasi tergantung pada penyebab yang mendasari degenerasi.Banyak orang dengan ataksia telah mewarisinya.

*) Diagnosis Spinocerebellar Ataxia

Bentuk-bentuk ataksia diklasifikasikan berdasarkan lokasi kromosom dan pola pewarisan:

* Resesif autosomal – kedua orang tua menyampaikan salinan gen yang rusak

*Autosomal dominan – orang yang terkena mewarisi gen normal dari satu orangtua dan gen yang rusak dari orangtua lainnya

2Bentuk yang lebih umum dari ataksia warisan termasuk Machado-Joseph penyakit dan ataksia Friedreich.Ataxias Spradic juga dapat terjadi pada keluarga dengan tidak ada riwayat dari mereka. Ataksia juga dapat diperoleh. Stroke, tumor, alkoholisme, multiple sclerosis, gangguan metabolisme, kekurangan vitamin, dan neuropati perifer adalah salah satu kondisi yang dapat menyebabkan ataksia diperoleh.

Diagnosis SCA diduga jika orang tersebut menyajikan dengan onset dewasa dari gejala yang terkait dengan gangguan tersebut. Scan MRI memiliki potensi untuk mendeteksi atrofi otak seseorang, sesuatu yang umum ditemukan pada orang dengan SCA. Evaluasi klinis melibatkan pemeriksaan neurologis yang luas. Pengujian genetik adalah bagian penting untuk mencapai diagnosis SCA karena gejala antara berbagai jenis SCA serupa. Sebuah tes genetika molekuler untuk menentukan gen yang memiliki ekspansi ulangi tinucleotide dapat membantu dalam identifikasi operator tambahan dalam keluarga orang tersebut. Setelah cacat genetik telah ditandai, anggota keluarga orang tersebut juga dapat diuji. Pengujian genetik tidak, namun, selalu seratus persen informatif. Ada kasus yang jarang dari SCA didiagnosis secara klinis yang tidak dapat dijelaskan melalui setiap cacat genetik yang dikenal. Perkiraan menempatkan sekitar lima puluh persen-ke-enam puluh dari populasi putih dengan bentuk familial dominan SCA di kisaran mereka yang tes DNA dapat memberikan diagnosis definitif.
*) Pengobatan Spinocerebellar Ataxia

Ilmu kedokteran belum menemukan obat untuk ataksia herediter pada saat ini. Jika ataksia orang tersebut mengalami disebabkan oleh kondisi lain, kondisi yang mendasari diobati terlebih dahulu. Dalam satu contoh, ataksia yang disebabkan oleh gangguan metabolisme dapat diobati dengan diet terkontrol dan obat-obatan. Kekurangan vitamin diobati dengan terapi vitamin. Ada beberapa obat yang dapat diberikan untuk mengobati gangguan menelan dan kiprah. Teknologi pendukung dapat membantu orang dalam kegiatan mereka sehari-hari, dan terapi fisik dapat membantu memperkuat otot-otot mereka.Orang-orang yang hadir dengan gejala dan menerima diagnosis SCA di lain waktu biasanya membutuhkan penilaian yang cermat oleh ahli saraf. Bentuk-bentuk perlakuan yang mereka terima didasarkan pada mengurangi gejala yang dialami ketika mereka mengembangkan. Orang akhirnya akan membutuhkan dukungan penuh-waktu pengurus dan keperawatan pada tahap akhir dari penyakit. Konseling psikologis sering ditunjukkan, tergantung pada orang, keluarga, dan kebutuhan khusus mereka.

Spinocerebellar Ataxia, atau lebih sering disebut Ataxia memiliki gejala-gejala sebagai berikut :

* pergerakan terhambat (tiba-tiba jatuh tanpa sebab, tidak bisa menjaga keseimbangan,susah melakukan aktivitas,pandangan terganggu mudah sakit dan susah untuk bicara. dll)

* pergerakan terhenti secara tiba-tiba, tidak bisa mengendalikan syaraf motorik tubuh Jika penyakit ini sudah mulai akutb, bisa saja penderita tidak bisa berjalan, maka harus menggunakan kursi roda, bahkan pada nantinya hanya bisa berbaring di atas ranjang tanpa bisa melakukan aktivitas  dan menggantungkan seluruh hidupnya dengan bantuan orang di sekitarnya.

2Yang berbahaya dari penyakit ini adalah, pada saat sedang makan bisa saja penderita tersedak secara tiba-tiba karena penyakit ini menyerang pada otak kita sehingga otak kita menolak untuk melakukan reaksi dari tubuh kita, dan bila tidak mendapat penanganan secara lanjut, itu akan menghambat jalur pernapasannya dan mengakibatkan kematian begitu juga dengan hal-hal yang bisa saja terjadi. Tapi penyerangan penyakit ini sangat lambat bisa sampai 5 – 12 tahun barulah penderita akan melami kematian.dan dikagetkan juga sampai sekarang pun belum ada cara pengobatan dan pencegah  yang efektif untuk menyembuhkan penyakit ini secara tuntas hanya saja penyakit ini bisa ditangani melalui terapi keseimbangan tubuh oleh tenaga medis.

Penyakit ini  secara sebabnya  adalah rusaknya jaringan otak kecil dan syaraf tulang belakang yang mengalami gangguan fungsi peran dalm tubuh. Banyak orang yang menyangka, kalau penyakit ini disebabkan oleh virus, tetapi yang benar ada dua hal, bisa karena keturunan, atau mutasi gen, dan beberapa penyebab lain. Yang pasti, penyakit Spinocerebellar Ataxia tidak disebabkan oleh virus. Sekarang, para penderita hanya dapat melakukan terapi sesuai gejala yang dialami. Tapi, bukan hal yang tidak mungkin kalau di masa yang akan datang akan ditemukan obat yang ampuh untuk menuntaskan penyakit ini, mengingat penelitian yang dilakukan secara terus menerus oleh para ahli.

Walaupun tidak ada pengobatan khusus untuk memperlambat atau menhan perkembangan penyakit ataxia ini adalah terapi yang bisa membantu gejala penyakit ini dan mensuport emosi jiwa sipenderita.

%d bloggers like this: