Faktor Pemicu Anemia

Faktor Pemicu Anemia

faktor pemicu anemiaAnemia atau kurang darah adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh.

Penyebab umum dari anemia antara lain; kekurangan zat besi, pendarahan usus, pendarahan, genetik, kekurangan vitamin B12, kekuarangan asam folat, gangangguan sunsum tulang.

Anemia terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu sedikit sel darah merah, kehilangan terlalu banyak sel darah merah atau mematikan sel darah merah lebih banyak daripada menggantinya.

Penyebab paling umum dari anemia merupakan kekurangan zat gizi yang dibutuhkan dalam pembentukan eritrosis seperti zat besi, vitamin B12, dan asam folat. Lainnya dipengaruhi dari beberapa kondisi lain seperti kelainan genetik, perdarahan, serta penyakit kornik.

Kondisi yang mengurangi volume darah, mengurangi cardiac output (jumlah darah yang dipompa oleh jantung), dan obat-obatan alasan sering untuk tekanan darah rendah.

Perdarahan sedang atau berat dapat dengan cepat menguras tubuh seseorang darah, menyebabkan tekanan darah rendah atau hipotensi ortostatik. Pendarahan dapat hasil dari trauma, komplikasi bedah, atau dari kelainan pencernaan seperti maag, tumor, atau diverticulosis. Kadang-kadang, perdarahan mungkin begitu parah dan cepat (misalnya, perdarahan dari aneurisma aorta pecah) yang menyebabkan shock dan kematian dengan cepat.

Peradangan berat organ dalam tubuh seperti pankreatitis akut dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Pada pankreatitis akut, cairan meninggalkan pembuluh darah memasuki jaringan-jaringan yang meradang disekitar pankreas begitu juga rongga perut, berkonsentrasi darah dan mengurangi volumenya.

Akibat dari anemia adalah transportasi sel darah merah akan terganggu dan jaringan tubuh si penderita anemia akan mengalami kekuranga oksigen guna mengahasilkan energi. Maka tidak mengeherankan jika gejala anemia ditunjukan dengan merasa cepat lelah, pucat, gelisah, dan terkadang sesak. Serta ditandai dengan warna pucat di beberapa bagian tubuh seperti lidah dan kelopak mata.

Berikut factor yang menjadi pemicu anemia, yaitu:
*) Kehamilan & Persalinan

Kehamilan dan persalinan memicu kekurangan zat besi karena asupan zat besi harus dibagi antara ibu dan janin.

Kondisi ini semakin diperparah saat ibu hamil tidak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan cukup zat besi.

*) Menstruasi

Periode menstruasi berat setiap bulan bisa mengakibatkan hilangnya banyak darah.

Ketika kehilangan ini tidak diganti dengan asupan makanan kaya zat besi, seorang wanita berpotensi mengalami anemia.
*) Diet Rendah Zat Besi

Diet rendah zat besi serta rendah vitamin B12 atau asam folat juga bisa menyebabkan anemia. Anemia akibat defisiensi asam folat dikenal sebagai anemia megaloblastik.

Vitamin B12 diperlukan untuk sintesis sel darah merah, memelihara sistem saraf, dan membantu pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak.

Selain anemia, kekurangan vitamin B12 juga memicu pertumbuhan berlebih bakteri di usus kecil, gangguan malabsorpsi, inflamasi usus, dan infeksi cacing pita.
*) Perdarahan Internal

Perdarahan internal bisa terjadi pada kondisi medis seperti ulkus atau tumor yang akhirnya memicu anemia. Perdarahan pada sistem pencernaan juga bisa menjadi penyebab. Kondisi ini terjadi ketika darah turut keluar bersama tinja tanpa disadari. Perdarahan internal juga dapat terjadi akibat trauma, operasi, kanker, atau terlalu sering melakukan donor darah.
*) Malabsorpsi

Malabsorpsi terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan nutrisi dalam makanan. Hal ini menyebabkan kondisi seperti penyakit celiac.

faktor pemicu anemia
*) Penyakit Darah & Infeksi

Penyakit darah seperti leukemia dan infeksi penyakit seperti malaria dan septicaemia akan menyebabkan penghancuran sel darah merah.
*) Obat-obatan

Obat-obatan termasuk alkohol, antibiotik, anti-inflamasi, atau obat anti-koagulan bisa memicu anemia.

You may also like...

%d bloggers like this: