Faktor Resiko Endokarditis

Faktor Resiko Endokarditis

endokarditisJantung adalah sebuah organ (selain otak) yang sangat penting bagi makhluk hidup, terutama bagi manusia dan hewan. Karena itu, pada postingan kali ini aku akan membahas mengenai infeksi jantung.

Endokarditis adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme pada endokard atau katub jantung. Infeksi endokarditis biasanya terjadi pada jantung yang telah mengalami kerusakan. Penyakit ini didahului dengan endokarditis, biasanya berupa penyakit jantung bawaan, maupun penyakit jantung yang didapat. Dahulu Infeksi pada endokard banyak disebabkan oleh bakteri sehingga disebut endokariditis bakterial. Sekarang infeksi bukan disebabkan oleh bakteri saja, tetapi bisa disebabkan oleh mikroorganisme lain, seperti jamur, virus, dan lain-lain.

Biasanya kondisi ini terjadi karena penyebaran bakteri dari bagian lain tubuh yang merusak daerah jantung. Gejala dapat terjadi secara perlahan (subakut) atau tiba-tiba (akut). Endokarditis adalah suatu keadaan yang jarang terjadi namun kondisi ini cukup mengkhawatirkan karena dapat merusak atau menghancurkan katup jantung, sehigga muncul komplikasi yang dapat mengancam keselamatan jiwa seperti stroke, gagal jantung kongestif dan kerusakan organ yang multipel. Harapan kedepan untuk kondisi tidak begitu baik karena kondisi ini sangat sulit untuk disembuhkan. Ada dua jenis endokarditis: Endokarditis Infektif dan Endokarditis Non-Infektif. Endokarditis infektif disebabkan oleh infeksi dari bakteri, jamur dan substansi menular lainnya yang menyebar melalui darah ke endokardium. Endokarditis non-infektif adalah jenis endokarditis yang tidak disebabkan oleh infeksi.
Risiko terjangkit Endokarditis meningkat bila Anda:

   
* Adalah seorang pengguna narkoba suntik karena resiko tinggi kontaminasi jarum suntik endokarditis
   
* Berusia lebih dari 50 tahun
  
* Memiliki katup jantung buatan (prostetik)
   
* Memiliki Kerusakan Jantung Kongenital
   
* Memiliki Penyakit Jantung Valvular
   
* Sebelumnya pernah menderita Demam Rematik
   
* Sebelumnya pernah menderita Endokarditis
Endokarditis tidak hanya terjadi pada endokard dan katub yang telah mengalami kerusakan, tetapi juga pada endokar dan katub yang sehat, misalnya penyalahgunaan narkotik perintravena atau penyakit kronik. Perjalanan penyakit ini bisa; akut, sub akut, dan kronik, tergantung pada virulensi mikroorganisme dan daya tahan penderita. Infeksi subakut hampir selalu berakibat fatal, sedangkan hiperakut/akut secara klinis tidak pernah ada, karena penderita meninggal terlebih dahulu yang disebabkan karena sepsis. Endokarditis kronik hampir tidak dapat dibuat diagnosanya, karena gejalanya tidak khas.

tim81.com :

You may also like...

%d bloggers like this: