Gejala Adenoma Hipofisis Fungsional

Gejala Adenoma Hipofisis Fungsional

4Kelenjar hipofisis medula kelenjar yang sangat penting bagi tubuh manusia, kelenjar inimengatur fungsi dari kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, ovarium dan testis, kontrol laktasi,kontraksi uterine sewaktu melahirkan dan tumbuh kembang yang linear, dan mengatur osmolalitas dan volume dari cairan intravascular dengan memelihara resorpsi cairan diginjal.Kelenjar hipofisis terdiri dari 2 lobus, lobus anterior dan lobus posterior, pada lobusanterior kelenjar ini terdapat 5 tipe sel yang memproduksi 6 hormon peptida.
Gejala Adenoma Hipofisis Fungsional, diantaranya:
a)   Adenoma yang bersekresi Prolaktin

–     Hyperprolactinemia pada wanita didahului amenorhoe, galactorhoe,kemandulan dan osteoporosis.

–     Pada laki-laki biasanya asimptomatik atau timbul impotensi atau daya sexualyang menurun. Karena perbedaan gejala tersebut maka tumor ini pada laki-laki biasanya ditemukan jika sudah menibulkan efek kompresi pada struktur yang berdekatan.
b)  Adenoma yang bersekresi growth hormon

Gejala timbul secara gradual karena pengaruh meningginya kadar GH secara kronik.Dari sejumlah kasus menunjukkan bahwa gejala yang timbul lebih karena efek kompresi lokal dari masa tumor, bukan karena gangguan somatiknya. Gejala dini berupa:

–     Ukuran sepatu dan baju membesar1

–     Lalu timbul visceromegali

–     Hiperhidrosis,

–     Macroglossia,

–     Muka yang kasar dan skin tags yaitu perubahan pada cutis dan jaringan subcutis yang
lambat berupa fibrous hyperplasia terutama ditemukan pada jari-jari, bibir,telinga dan lidah. Adanya skin tags ini penting karena hubungannya dengankeganasan pada kolon.
c)   Adenoma yang bersekresi glikoprotein (TSH, FSH, LH)Kecuali untuk tumor yang bersekresi TSH, yang menunjukkan gejala :

–     hypertiroidism glycoprotein secreting adenoma tidak memberikan gejala yang spesifik sehubungan dengan hipersekresinya, sehingga adenoma ini biasanya baru ditemukan sesudah memberikan efek kompresi pada struktur didekatnya seperti chiasma optikum atau tangkai hipofisis.

4–     Hipertiroid yang disebabkan oleh TSH adenoma berbeda dengan Graves disease,graves disease merupakan penyakit yang diturunkan, dimana terdapat resistensiyang efektif terhadap hormon tiroid yang menyebabkan pengaruh umpan balik negatif dari hormon tiroid atau TSH lemah, sehingga timbul hipersekresi TSH.Kelainan ini sering bersamaan dengan bisu tuli, stipled epiphyse dan goiter, iniyang membedakan dengan hipertiroid akibat adanya adenoma.

–     Pada hipertiroid akibat TSH adenoma, biasanya lebih banyak mengenai wanita,gejala lainnya yaitu gangguan lapang pandang, pretibial edema dan kadar serum immunoglobulim stimulasi tiroid jumlahnya sedikit.d) Adenoma yang bersekresi ACTH

–     Biasanya menyerang wanita sekitar usia 40 tahun

–     Khas ditandai dengan truncal obesity, hipertensi, hirsutisme (wanita),hyperpigmentasi, diabetes atau glukosa intoleran, amenorrhea, acne, striaeabdominal, buffallo hump dan moon facies. Kelainan endokrinologik yang berat ini sudah muncul pada tahap sangat dini dari tumornya yang menyulitkan dalam mendeteksi dan identifikasi sumbernya.

yang dicari :

%d bloggers like this: