Gejala Cerebral Palsy Atau Kelumpuhan Otak Besar

Gejala Cerebral Palsy Atau Kelumpuhan Otak Besar

Kelumpuhan Otak BesarCerebral Palsy Atau kelumpuhan otak besar adalah suatu keadaan dimana penderitanya mengalami buruknya pengendalian otot, kekakuan, kelumpuhan serta mengalami gangguan fungsi saraf lainnya. Cerebral Palsy bukanlah merupakan suatu penyakit dan tidak bersifat progresif (penderita tidak semakin memburuk dan juga tidak semakin baik).

Anak yang mengalami cerebral palsy biasanya disebabkan karena adanya masalah yang terjadi dalam otak yang dapat berasal dari trauma kepala, radang, perdarahan otak karena adanya kelainan kromosom (seperti pada Down Syndrome), serta penyakit yang merusak otak secara progresif. Karena cedera otak ini, indera jadi bermasalah.

Akibatnya mempengaruhi kemampuan otak untuk menyerap informasi (sensorik) atau kemampuan otak untuk merespons informasi (motorik).
Gejala biasanya timbul sebelum anak berumur 2 tahun dan pada kasus yang berat, bisa muncul pada saat anak berumur 3 bulan. Gejalanya bervariasi, mulai dari kejanggalan yang tidak tampak nyata sampai kekakuan yang berat, yang menyebabkan perubahan bentuk lengan dan tungkai sehingga anak harus memakai kursi roda.

Gejala lain yang juga bisa ditemukan pada Cerebral Palsy:

– Kecerdasan di bawah normal

– Keterbelakangan mental

– Kejang/ epilepsi (terutama pada tipe spastik)

– Pernafasan yang tidak teratur

– Gerakan menjadi terbatas.

– Kontraktur persendian

– Gangguan menghisap atauKelumpuhan Otak Besar

– Gangguan menelan atau mengunyah makanan

– Gangguan perkembangan kemampuan motorik

– Gangguan berbicara (disartria)

– Gangguan penglihatan

– Gangguan pendengaran

%d bloggers like this: