Gejala Dan Pengobatan Parkinsonism

Gejala Dan Pengobatan Parkinsonism

3Parkinsonism merujuk kepada gejala-gejala penyakit Parkinson (seperti gerakan lambat dan gemetar) yang disebabkan oleh kondisi lain.
*) Gejala Parkinsonism

Parkinsonism menyebabkan gejala yang sama seperti penyakit Parkinson. Mereka termasuk gemetar otot kaku, gerakan lambat, dan kesulitan memelihara keseimbangan dan berjalan.

Gangguan yang menyebabkan parkinsonism bisa juga menyebabkan gejala lain atau berbagai macam gejala parkinsonian, seperti berikut di bawah ini :

   
* Kehilangan ingatan mencolok yang berhubungan dengan demensia
   
* Gejala-gejala pada parkinsonism hanya pada salah satu sisi tubuh berhubungan dengan tumor otak tertentu
   
* Tekanan darah rendah dan masalah berkemih berhubungan dengan multiple system atrophy
   
* Ketidakmampuan untuk cepat atau memahami pembicaraan atau menulis bahasa (aphasia), ketidakmampuan untuk melakukan tugas keahlian sederhana (apraxia), dan ketidakmampuan untuk menghubungan benda dengan peran dan fungsi biasa (agnosia) berhubungan dengan penurunan corticobasal ganglionic
Pada penurunan corticobasal ganglionic, gejala-gejala terjadi setelah usia 60 tahun. Orang menjadi tidak bergerak setelah sekitar 5 tahun, dan kematian biasanya terjadi setelah sekitar 10 tahun.
*) Pengobatan Parkinsonism

1Penyebab diperbaiki atau diobati jika mungkin. Jika obat adalah penyebab, menghentikan obat tersebut bisa menyembuhkan gangguan. Gejala bisa berkurang atau hilang jika gangguan yang mendasari bisa diobati. Obat-obatan digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson (seperti levodopa) seringkali tidak efektif pada orang dengan parkinsonism tetapi bisa kadangkala menawarkan perbaikan sederhana.

Obat-obatan digunakan jika mengganggu. Jika penyebabnya adalah penggunaan obat-obatan antipsychotic, amantadine atau obat dengan efek anticholinergic, seperti benztropine, bisa menghilangkan gejala-gejala.

Cara umum yang sama digunakan untuk membantu orang dengan penyakit Parkinson menjaga gerakan dan kemandirian sangat berguna. Misal, orang harus tetap seaktif mungkin, tugas harian yang sederhana, menggunakan alat bantu bila diperlukan, dan mengambil tindakan untuk membuat rumah aman (seperti melipat karpet untuk mencegah tersandung). Terapis okupasi dan fisik bisa membantu orang untuk menerapkan cara ini. Nutrisi bagus juga penting.

You may also like...

%d bloggers like this: