Gejala Dan Penyebab Asam Lambung

Gejala Dan Penyebab Asam Lambung

Permasalahan dalam sistem pencernaan tidak boleh dibiarkan. Ada berbagai gangguan sistem pencernaaan atau penyakit yang mungkin terjadi dan sering dibiarkan oleh banyak orang. Masalah pencernaan yang paling umum adalah penyakit naiknya asam lambung atau gastro-esophageal reflux, sebagian besar dikenal dengan penyakit maag. Penyakit naiknya asam lambung dapat mempengaruhi umur yang berbeda dari bayi, remaja, dan juga orang dewasa. Gangguan ini harus di beri perhatian khusus karena dapat menyebabkan masalah yang lebih serius yang dapat mempengaruhi sistem pernafasan.

Penyakit naiknya asam lambung merupakan suatu keadaan yang membutuhkan perhatian. Hal ini bisa menyebabkan keadaan yang

super lutein, penyakit lambung

asam lambung

lebih buruk jika tanpa pengawasan. Seseorang harus mengambil langkah-langkah pencegahan untuk menghindari kemungkinan naiknya asam lambung, dan hindari juga makanan yang bisa menyebabkan terjadi naiknya asam lambung pada dirinya. Belajarlah untuk mendiagnosa masalah yang disebabkan oleh naiknya asam lambung dan mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari kemungkinan terjadinya gangguan ini dengan menghindari makanan yang mungkin dapat menyebabkan Naiknya asam lambung.

Gejala Asam Lambung

Gejala penyakit asam lambung untuk tahap awal biasanya penderita mengalami

 
-kembung

-mual

-sendawa dan cepat merasa kenyang

-perih pada lambung

-pusing kepala sebelah / migraine

-muntah bahkan mencret

-rasa pahit di mulut

 Rasa pahit ini timbul karena asam lambung yang berlebihan mendorong naik ke kerongkongan sehingga kadang kala timbul rasa asam ataupun pahit pada kerongkongan dan mulut.

Sedangakann gejala asam lambung yang sudah parah itu hamper menyerupai gejala penyakit jantung, berikut gejalanya:

-rasa panas di dada atau tenggorokan

-suara mendesah

-suara serak

Seseorang dengan gejala ini harus cepat berkonsultasi dengan dokter untuk menentukkan apakah memiliki penyakit asam lambung atau gejala serangan jantung. Setelah dokter mendiagnosis seseorang dengan penyakit naiknya asam lambung, maka mereka harus menggunakan obat yang tepat untuk menangani kondisi ini dan mencegah masalah lebih lanjut. Masalah naiknya asam lambung disebabkan salah satunya karena asupan makanan yang kurang bergizi dan tidak menerapkan pola hidup sehat yang baik pada kehidupan sehari-hari

Penyebab Asam Lambung

Banyak orang mengetahui, penyakit naiknya asam lambung dapat terjadi kapan saja tetapi mungkin juga terjadi setelah mengkonsumsi:

-Makanan berat dengan kadar asam tinggi

-Makanan yang digoreng dan berlemak

Makankan yang digoreng dan berlemak juga harus dihindari. Jenis makanan ini dapat menyebabkan gejala yang lebih parah yang dapat mempengaruhi sistem pernafasan.

-Coklat
cokelat juga dianggap sebagai makanan yang dipantang seseorang dengan penyakit naiknya asam lambung karena cokelat juga bersifat sangat asam.

-Asupan makanan yang kurang baik (makan makanan yang asam, pedas, minum minuman beralkohol dan kopi )

-Stres

Stres merupakan salah satu penyebab dari berbagai macam penyakit, jadi bukan hanya penyakit asam lambung saja. Sebab, ketika seseorang mengalami stres, otomatis imun tubuh akan menurun, sehingga semua jenis penyakit dapat dengan mudah memasuki tubuh.

– Penggunaan obat-obatan untuk menurunkan berat badan

Pada beberapa obat, ada zat yang dapat merusak asam lambung. Karena itu sebaiknya kurangi konsumsi obat-obatan, sebab selain terkena penyakit asam lambung, penyakit liver pun bisa mengintai.

-Merokok. Di dalam sebuah rokok, terdapat banyak zat yang dapat merusak tubuh terutama organ lambung. Selain akan terkena penyakit asam lambung, penyakit lain yang lebih berbahayapun bisa menghinggapi.

 

super lutein, penyakit lambung

asam lambung

Gaya Hidup Sehat Yang DianjurkanGambar Waspadai Penyakit Asam Lambung

Untuk mencegah dan mengurangi kambuhnya penyakit asam lambung, maka lakukanlah gaya hidup sehat seperti dibawah ini:

-Usahakan makan secara teratur, dan hindari makanan atau minuman  pencetus asam lambung tinggi ( makanan yang terlalu pedas, asam, berlemak, terlalu manis, terlalu banyak minum kopi, minuman soda, minuman keras )

-Hindari hal-hal yang dapat menimbulkan stres, karena asam lambung juga erat hubungannya dengan stres. Mencoba menjalani hidup dengan lebih rileks dan teratur.

-Mengonsumsi kunyit, temulawak, madu, bawang putih, daging tanaman lidah buaya dapat mengurangi asam lambung berlebihan.

– Saat lambung terasa perih, usahakan setiap 2-3 jam lambung diisi dengan makanan, tetapi jangan sampai terlalu kenyang.

-Jika merokok sebaiknya berhenti merokok, namun jika tidak bisa, kurangi merokok. Sebab dalam sebuah rokok terdapat zat yang berbahaya bagi tubuh.

Penyakit asam lambung ini memang sulit disembuhkan, tetapi tingkat kekronisannya bisa dikurangi. Mungkin terlihat membaik, tetapi suatu saat akan kambuh kembali. Miliki pola makan teratur dan gaya hidup sehat. Terutama jangan sepelekan penyakit asam lambung anda, karena penyakit remeh ini memiliki bahaya yang besar jika terjadi secara berulang-ulang dan menahun.

You may also like...

%d bloggers like this: