Gejala Dan Penyebab Sakit Maag

Gejala Dan Penyebab Sakit Maag

super lutein, penyakit lambung

maag

Penyakit maag atau biasa dikenal dengan gastritis merupakan penyakit yang timbul karena adanya gangguan pada lambung  yang disebabkan oleh meningkatnya kadar asam lambung, peningkatan asam lambung dalam waktu yang lama akan beresiko pada terjadinya radang lambung atau tukak lambung sehingga bagi penderita akan mengalami rasa sakit sakit pada lambung dan ulu hati yang biasanya disertai rasa mulas dan perih pada bagian perut.

Sesuai dengan asal katanya sakit maag berasal dari kata bahasa belanda yang artinya adalah lambung sedangkan kata lain dari maag  adalah gastritis beberasal dari bahasa Yunani gastro yang berarti perut atau lambung, dan itis yang berarti inflamasi atau peradangan. Dalam istilah kedokteran penyakit maag atau gastritis dikenal dengan istilah dyspepsia yang berarti kelebihan kadar asam lambung hingga menyebabkan rasa nyeri dan panas pada bagian ulu hati.

Sakit maag adalah penyakit yang lazim terjadi pada masyarakat, hal ini terjadi karena kecenderungan pola makan dan waktu makan yang tidak teratur dan tidak sehat sudah menjadi bagian dari gaya hidup seseorang.  Jenis makanan dan waktu makan (terlambat makan) bahkan stres dapat mempengaruhi meningkatnya kadar asam lambung. Jika hal ini terjadi maka akan dengan sangat mudah dikenali gejalanya seperti berikut ini :

Gejala Penyakit Maag

Penyakit Maag tidak selalu menunjukkan tanda-tanda dan gejala, namun pada umumnya gejala maag adalah sebagai berikut :

-Sakit perut setelah makan, seperti rasa terbakar di perut bagian atas.
Perut kembung jika terlambat makan  dan merasakan rasa nyeri pada perut sehabis makan

-Rasa kembung yang mengakibatkan mual dan mau muntah.

-Sering sendawa, terutama jika dalam keadaan lapar

-Nafsu makan menurun, wajah pucat, keringat dingin, dan  kepala pusing disertai penurunan berat badan.

Penyebab Penyakit Maag

Maag atau radang lambung atau tukak lambung adalah penyakit yang terjadi karena terjadinya luka atau radang di bagian dalam lambung. Penyebab gangguan ini adalah mengonsumsi makanan tertentu yang menyebabkan asam lambung diproduksi lebih banyak, stres, pola makan tidak teratur, mengonsumsi alkohol, kurang tidur dan sebagainya.

Penyakit maag merupakan gejala penyakit akibat faktor yang merusak pertahanan mukosa lambung lebih besar daripada faktor yang melindungi pertahanan mukosa lambung. , berikut ini beberapa penyebab penyakit maag

Sebagian besar penyebab penyakit maag dikarenakan si penderita :

-Makan tidak teratur.

-Mengalami naiknya asam lambung yang sangat berlebihan, biasanya karena stres.

-Menggunakan obat-obatan penghilang nyeri atau anti peradangan, seperti aspirin secara terus-menerus.

-Minum alkohol dan merokok.

-Makanan pedas, panas dan asam.

-Pola tidur tidak teratur.

-Mengalami trauma, luka bakar atau infeksi berat pada lambung.

-Gaya hidup yang tidak sehat

-Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak akan merangsang produksi asam lambung

-Stres, kelelahan, dan tekanan emosional yang berlebihan.

-Sering begadang, kurang tidur atau insomnia

-Kecanduan kopi yang berlebihan

-Bakteri,  mikroorganisme yang merugikan (helycobacter pylori) , karena mengeluarkan zat yang merangsang produksi asam lambung.

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Maag

Salah satu cara untuk menghindari kambuhnya maag adalah menjaga pola makan. Ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari penderita maag. Dengan demikian, diharapkan maag tidak mudah kambuh, sehingga aktivitas harian tidak terganggu.

1. Buah dan Sayur Yang Menghasilkan Gas

Beberapa buah dan sayur dapat menghasilkan gas setelah dikonsumsi. Penderita maag sebaiknya menghindari makanan jenis ini, misalnya sawi, kol/kubis, kacang-kacangan, juga buah seperti nangka, pisang ambon, kedondong dan berbagai jenis buah yang dikeringkan.

2. Minuman Bersoda

Minuman jenis ini jelas akan menghasilkan banyak gas yang menyebabkan rasa penuh di perut. Hindari mengonsumsi minuman bersoda, termasuk minuman beralkohol.

3. Makanan Pedas

Makanan pedas memang nikmat, tetapi sering makan pedas (apalagi dengan jumlah cabai yang gila-gilaan) dapat melukai lambung. Selain itu, makanan pedas selain sambal bisa memberi efek yang sama, misalnya saja merica.

4. Makanan Asam Atau Pencetus Asam Lambung

Beberapa makanan dapat membuat lambung mengeluarkan asam lebih banyak, hal ini bisa menyebabkan penderita maag mengalami nyeri dan kambuh. Karena itu hindari makanan atau buah yang bersifat asam beserta jusnya, cuka, juga kopi dan susu full cream.

5. Beberapa Jenis Karbohidrat

Sebagian makanan yang mengandung karbohidrat juga tidak baik untuk lambung penderita maag. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi ketan, mie, bihun, pasta, jagung, ubi, singkong dan talas.

6. Makanan Yang Sulit Dicerna

Ada jenis makanan yang sulit dicerna oleh lambung, sehingga konsumsi yang berlebih dapat membuat kerja lambung makin berat. Beberapa makanan yang sulit dicerna itu antara lain makanan dengan kadar lemak tinggi, cake dengan krim, cokelat dan keju.

%d bloggers like this: