Gejala Gejala Histeria

Gejala Gejala Histeria

3Histeria merupakan neurosis yang ditandai dengan reaksi-reaksi emosional yang tidak terkendali sebagai cara untuk mempertahankan diri dari kepekaannya terhadap rangsang-rangsang emosional. Pada neurosis jenis ini fungsi mental dan jasmaniah dapat hilang tanpa dikehendaki oleh penderita. Gejala-gejala sering timbul dan hilang secara tiba-tiba, teruma bila penderita menghadapi situasi yang menimbulkan reaksi emosional yang hebat.

Hysteria terjadi akibat ketidak mampuan seseorang menghadapi kesukaran-kesukaran, tekanan perasaan, kegelisahan, kecemasan dan pertentangan batin. Diantara gejala-gejalanya ada yang berhubungan dengan fisik dan ada pula yang berhubungan dengan mental.
– Yang Termasuk Dalam Gejala-gejala Fisik Antara Lain;
*) Lumpuh Hysteria

Adalah lumpuhnya salah satu anggota fisik, akibat tekanan atau pertentangan batin yang tidak dapat diatasi.
*) Cramp husteria

Cramp hysteria di sebabkan oelh pula tekanan perasaan, yang sering kali terjadi penulis mencari penghidupan dengan tulisan-tulisannya
*) Kejang hysteria

Badan seluruhnya menjadi kaku, tidak sadarkan diri, kadang-kadang sangat keras di sertai dengan teriak-teriakkan dan kelebihan keluhan, tetapi air mata tidak keluar.
*) Mutism (hilang kesanggupan berbicara)

Mutism itu ada dua macam pertama tidak sanggup bicara dengan suara keras kedua tidak dapat bicara sama sekali biasanya gejala ini terjadi akibat tekanan prasaan kecemasan putus asa, merasa hina, gagal dan sebagainya
– Yang termasuk dalam gejala-gejala yang berhubungan dengan mental antara lain :
*) Hilang ingatan (Amnesia)

Hilang mejala atau lupa akan kejadian-kejadian tertentu dalam hidup sangat erat hubungan nya dengan emosi, orang yang hilang ingatan ia akan lupa segala sesuatu, akan semua orang yang pernah dikenalnya bahkan lupa akan dirinya, namanya, rumahnya, pekerjaannya dsb.
2

*) Kepribadian kembar (double personality)

Adalah salah satu gejala hysteria yang disebabkan oleh kegelisaanyang amat sangat, dan dijadikan cara untuk menghukum dirinya atau melepaskan diri dari ketegangan batin, kecemasan atau konsflik yang dirasakannya.

*) Mengelana secara tidak sadar (Fugue)

Adalah gejala hiteria lain iyalah orang pergi mengelana berjalan tanpa tujuan, tidak tau mengapa ia pergi dan kemana ia pergi

*) Jalan-jalan sedang tidur (somaagulism)

Orang yang diserang oleh gejala ini dikuasi oleh sejumlah pikiran dan kenang-kenangan yang berhubungan satu sama lain.

yang dicari :

%d bloggers like this: