Gejala Klinis Dan Gejala Sistemik Urethritis

Gejala Klinis Dan Gejala Sistemik Urethritis

4Tanda dan gejala klinis tidak dapat dipercayai dalam mendiagnritisosa terjadinya urethritis masih harus diadakan pemeriksaan-pemeriksaan fisik dan penunjang yang dapat memperkuat diagnosa. Kira-kira 30% perempuan dengan disuria akut, frekuensi, dan piuria memberikan hasil kultur urin porsi tengah yang menunjukkan tidak adanya pertumbuhan bakteri atau pertumbuhan yang tidak bermakna.

Secara klinis, perempuan ini tidak dapat dibedakan dari perempuan yang menderita sistitis. Dan pada kelompok perempuan ini harus dibedakan antara yang terinfeksi kuman pathogen yang ditularkan secara seksual seperti Chlamydia trachomatis, neisseria gonorrhoeae, atau virus herpes simpleks, dan mereka dengan dengan jumlah E. coli rendah atau dengan infeksi stafilokokus pada uretra, wanita dengan penyakit yang bertahap tanpa hematuria, tanpa nyeri suprapubik, dan riwayat gejala penyakit lebih dari 7 hari harus dicurigai menderita infeksi gonokokus.

Riwayat tambahan adanya penggatian mitra seksual yang baru, terutama sekali apabila mitra tersebut baru saja mengalami urethritis akibat clamidial atau gonokokus, harus meningkatkan kecurigaan terhadap penyakit yang dapat ditularkan secara seksual, seperti jika ditemukan servisitis mukopurulen. Hematuria yang jelas, nyeri suprapubik, awikan penyakit mendadak, lama penyakit lebih dari 3 hari dan adanya riwayat infeksi saluran kemih mendukung adanya infeksi adanya riwayat infeksi oleh E. coli atau stafilokokus.

Uretritis yang didapat secara seksual pada perempuan sering kali bermanifestasi sebagai sindroma uretra akut yang ditandai dengan disuria.
*) Resiko Seksual

Beberapa aktifitas seksual dapat meningkat dan menurunkan kemungkinan terjangkitnya uretritis dan penyakit menular seks, misalnya pada:

   
– Penggunaan alat kontrasepsi2

   
– Pergaulan terlalu muda, berkaitan dengan perilaku seksual

   
– Banyaknya pasangan yang berganti-ganti

   
– hubungan seksual yan disukai, berkaitan dengan perilaku suka dengan sejenis

   
– Penyakit menular seks yang terdahulu
*) Gejala Klinis Urethritis
Banyak pasien termasuk 25% dari pengidap NGU tidak menunjukkan gejala dan menunjukkan pemeriksaan pada pasangannya, dan 75% dari wanita yang terinfeksi Chlamydia trachomatis tidak menunjukkan gejala yang berarti.

   
– Timing :biasanya terjadi pada 4 hari sampai 2 minggu setelah terinfeksi oleh kuman1

   
– Urethral discharge : pengeluaran cairan dengan warna kuning, hijau, cokelat atau pengeluaran yang berhubungan dengan aktivitas seksual.

   
– Disuria : biasanya terjadi parus diada penis bagian distal

   
– Itching atau gatal-gatal yang terjadi di sekitar urethra

  
– Nyeri pada saat terjadi urethritis

 

*) Gejala Sistemik Urethritis
Gejala ini meliputi:

• demam3

• menggigil

• berkeringat

• pusing kepala

• berbagai rasa nyeri pada bagian urethra.

yang dicari :

You may also like...

%d bloggers like this: