Gejala Koartasio Aorta Pada Remaja

Gejala Koartasio Aorta Pada Remaja

gejala koartasio aorta pada remajaKoartasio Aorta adalah kelainan yang terjadi pada aorta berupa adanya penyempitan didekat percabangan arteri subklavia kiri dari arkus aorta dan pangkal duktus arteriousus battoli.
Koartasio Aorta adalah penyempitan pada aorta, yang biasanya terjadi pada titik dimana duktus arteriosus tersambung dengan aorta dan aorta membelok ke bawah. Aorta adalah arteri utama pada tubuh. Aorta mengedarkan darah yang kaya akan oksigen ke seluruh bagian tubuh, kecuali paru-paru. Cabang pertama dari aorta mengalirkan darah ke tubuh bagian atas (lengan dan kepala). Kemudian darah mengalir ke tubuh bagian bawah (perut dan tungkai).

Koartasio Aorta adalah kelainan yang terjadi pada aorta berupa adanya penyempitan didekat percabangan arteri subklavia kiri dari arkus aorta dan pangkal duktus arteriousus battoli.
Koartasio aorta adalah suatu keadaan dimana terdapat konstriksi atau penyempitan dari aorta. Darah tidak sacara bebas mengalir keseluruh tubuh, sehingga terjadi penigkatan tekanan darah.

Aorta adalah arteri utama pada tubuh. Aorta mengedarkan darah yang kaya akan oksigen ke seluruh bagian tubuh, kecuali paru-paru. Cabang pertama dari aorta mengalirkan darah ke tubuh bagian atas (lengan dan kepala) kemudian cabang kedua mengalirkan darah ke tubuh bagian bawah (perut dan tungkai).

Pada dewasa lokasi tersering koartasio aorta ditemukan pada pertemuan arkus aorta dan aorta desenden, segera sesudah muara dari arteri subklavia kiri. Pada keadaan tertentu, tetapi jarang dapat juga ditemukan pada aorta abdominalis.
Koartasio aorta dapat berupa kelainan tersendiri (Koartasio Aorta simple), tanpa kelainan jantung lain. Dapat berupa koartasio aorta kompleks yang disertai kelainan intra kardiak seperti katup aorta bicuspid, defek septum ventrikel, kelainan katup mitral, serta ekstra kardiak berupa aneurisma sirkulus dari Willisi atau sindrom Turner.

Koartasio aorta harus dilakukan operasi, tanpa harus membuka jantung saat operasi. Koartasio aorta sering ditemukan pada wanita dengan Turner Syndrome.
Koartasio aorta adalah malformasi setempat yang ditandai dengan deformitas media aorta, menyebabkan penyempitan, biasanya hebat, pada lumen pembuluh.
Gejala koartasio aorta mungkin baru timbul pada masa remaja, tetapi bisa juga muncul pada saat bayi, tergantung kepada beratnya tahanan terhadap aliran darah.
Gejalanya berupa :

* Pusing.

* Pingsan.

* Kram tungkai pada saat melakukan aktivitas.

* Tekanan darah tinggi yang terlokalisir (hanya pada tubuh bagian atas).

* Kaki atau tungkai teraba dingin.gejala koartasio aorta pada remaja

* Kekurangan tenaga.

* Sakit kepala (terasa berdenyut).

* Perdarahan hidung.

* Nyeri tungkai selama melakukan aktivitas.

%d bloggers like this: