Gejala Myocarditis

Gejala Myocarditis

myocarditisMyocarditis merupakan kondisi peradangan pada myocardium. Myocardium adalah lapisan tengah dinding jantung. Berbagai tanda dan gejala yang termasuk nyeri dada dan irama jantung abnormal dapat disebabkan oleh kondisi ini, namun jarang terjadi.

Dalam kasus myocarditis yang parah, aksi pemompaan jantung akan melemah dan jantung tidak akan mampu memasok seluruh tubuh dengan darah yang cukup. Hal tersebut dapat mengarah pada perkembangan serangan jantung atau stroke, dan dapat membentuk gumpalan dalam jantung.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa myocarditis adalah peradangan/inflamasi otot jantung oleh berbagai penyebab terutama agen-agen infeksi yang dapat berakibat fatal bagi si penderita.
Gejalanya Berupa:

* Letih.

* Napas pendek.

* Detak jantung tidak teraturgejala myocarditis

* Demam.

* Gejala-gejala lain karena gangguan yang mendasarinya

* Menggigil

* Demam

* Anoreksia.

* Nyeri dada.

* Dispnea dan disritmia.

 * Tamponade ferikardial/kompresi (pada efusi perikardial)

* Nyeri otot

* Nyeri sendi

* Malaise (kurang enak badan)

* Syok kardiogenik.
Pada sebagian besar, miokarditis tidak dapat diduga karena disfungsi jantung bersifat subklinis, asimtomatik dan sembuh sendiri (self limited) oleh karena miokarditis asimtomatik, maka data epidemiologi yang ada berasal dari penelitian pasca mortem. Pada pemeriksaan pasca mortem miokarditis ditemukan sekitar 1-9%, sehingga diduga miokarditis adalah penyebab utama kematian.

%d bloggers like this: