Gejala Tumor Otak Pada Anak

Gejala Tumor Otak Pada Anak

4Tumor otak mencakup sekitar 20% dari seluruh kanker anak, dan memengaruhi 3 dari setiap 100.000 anak-anak. Kejadian tumor tertinggi sebelum usia 12 tahun. Bentuk paling umum tumor otak pada anak-anak adalah astrocytoma, medulloblastoma, ependymoma, dan glioma batang otak.

Tumor otak pada anak merupakan salah satu penyakit yang menyerang otak. Pada tumor otak terjadi proliferasi dan pertumbuhan tak terkendali dari sel-sel di dalam dan di sekitar jaringan otak. Tumor otak tidak hanya terjadi pada orang dewasa, pada anak-anak juga sering ditemukan kasus tumor otak. Tumor otak mencakup sekitar 20% dari seluruh kanker anak, dan memengaruhi 3 dari setiap 100.000 anak-anak. Kejadian tumor tertinggi sebelum usia 12 tahun. Bentuk paling umum tumor otak pada anak adalah astrocytoma, medulloblastoma, ependymoma, dan glioma batang otak.

Biasanya, tumor otak dapat ditemukan di dalam otak itu sendiri, di jaringan saraf kepala, di selaput otak, tempurung, atau menyebar dari kanker yang lokasi utamanya terdapat pada organ lain dalam tubuh. Bila tumor sudah menyerang otak, maka resiko terjadi kematian cukup tinggi. Hal itu dikarenakan otak merupakan organ yang paling penting, yang apabila organ tersebut mengalami gangguan maka organ lainnya pun akan terganggu.
Gejala Tumor Otak Pada Anak

Gejala tumor otak pada anak tepatnya tergantung pada jenis, ukuran dan lokasi tumor, serta luasnya invasi. Tumor otak seringkali tetap tersembunyi untuk waktu yang lama karena hanya menyebabkan ketidaknyamanan kecil di awal. Tumor biasanya didiagnosis terlambat, karena gejalanya tidak spesifik dan ambigu, seperti gejala pertama dan paling umum yaitu sakit kepala. Berikut beberapa gejala yang khas:
   
* Sakit kepala, terutama pada malam dan pagi hari. Sakit kepala yang disebabkan tumor otak semakin parah dalam beberapa hari ke minggu dan obat analgesik biasa tidak mengurangi sakitnya. Indikasi lain sakit kepala yang bisa mengarah pada penyakit ini adalah ketika anak merubah posisinya seperti dari duduk ke berbaring dan sakit di kepala terasa semakin menjadi-jadi. Begitupun jika saat bersin, sakit di kepala terasa bertambah sakit, bisa jadi hal itu merupakan gejala terkena tumor otak pada anak.
   
* Vertigo dan penglihatan kabur.
   
5* Mual dan muntah, biasanya di pagi hari. Ini sering menandakan tekanan intrakranial yang meningkat.
  
* Kejang, kedutan pada anggota badan atau satu sisi tubuh. Mengalami kejang memang tak selalu berarti bahwa anak terkena tumor otak. Namun gejala ini perlu diwaspadai. Mengingat sebagian anak yang mengidap tumor otak pada anak biasanya mengalami gejala kejang
   
* Masalah neurologis, kelumpuhan
   
* Gangguan koordinasi, limbung dan pelupa
  
* Perubahan fisik., seperti waktu berjalan tidak terlihat normal atau seimbang, atau saat menggerakkan sesuatu responnya lambat, orang tua harus mewaspadai kondisi ini. Karena kondisi semacam ini mengarah pada gejala tumor otak pada anak.

yang dicari :

%d bloggers like this: