Gejala Umum Syaraf Kejepit

Gejala Umum Syaraf Kejepit

2Saraf adalah jalinan serat-serat yang menghubungkan organ tubuh dengan sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang) serta antar bagian sistem saraf lainnya. Sementara sistem saraf merupakan kompleks jaringan saraf dan sel-sel yang bertugas membawa pesan dari dan menuju otak serta sumsum tulang belakang ke seluruh bagian tubuh. Saraf-saraf dalam tubuh manusia ini seperti jalinan kawat elektrik yang membawa informasi dari otak menuju seluruh bagian tubuh dan sebaliknya.

 

* Gejala Saraf Kejepit

Gejala saraf kejepit ini dapat berbeda-beda antara anggota tubuh yang satu dengan lainnya. Hal ini tergantung di lokasi mana penjepitan saraf tersebut terjadi. Masing-masing saraf bertanggung jawab atas pengiriman pesan atau informasi dari dan menuju bagian-bagian spesifik dari tubuh.
Gejala umum saraf kejepit pada umumnya berupa:

– Mati rasa5

– Nyeri

– Kelemahan otot sepanjang alur saraf

– Kesemutan

Sensasi dari gejala saraf kejepit dapat menimbulkan bermacam-macam gangguan, seperti:
Saraf kejepit yang terjadi pada leher dapat menimbulkan rasa nyeri yang disertai gejala serupa pada bagian lengan.

Saraf kejepit yang terjadi pada bagian punggung bawah mengakibatkan nyeri serta kaku punggung dengan gejala sampai menuruni tungkai. Seorang dokter dapat mengidentifikasi bagian sarf mana yang terjepit dengan berdasarkan bagian tubuh mana yang terpengaruh dari rasa sakit akibta saraf kejepit tersebut.

Saraf kejepit pada bagian pergelangan tangan dapat langsung mempengaruhi jari tengah, jari telunjuk, ataupun ibu jari. Saraf kejepit pada bagian pergelangan tangan juga dapat mengakibatkan melemahnya kekautan menggenggam seseorang. Sementara saraf kejepit yang terjadi pada siku dapat berdampak pada bagian jari tangan keempat, jari tangan kecil serta bagian lengan bawah.

%d bloggers like this: