Gejala Ventrikel Septal Defect Besar

Gejala Ventrikel Septal Defect Besar

ventrikel septal defectPenyakit jantung ventrikel septal defect ini adalah salah satu kelainan jantung bawaan pada anak-anak dan juga seringkali disebut dengan jantung bocor. Yang dimaksud dengan ventrikel septal defect adalah terjadi bila sekat (septum) ventrikel tidak terbentuk sempurna. Akibatnya darah dari bilik kiri mengalir ke bilik kanan pada saat systole. Ada juga yang mengartikan bahwasannya ventrikel septal defect adalah suatu keadaan dimana terdapat defek ( lubang ) abnormal pada sekat yang memisahkan antara ventrikel kanan dan kiri sehingga adanya percampuran antara darah bersih dan juga darah kotor.

Ventricular septal defect adalah Penyakit Jantung Bawaan dimana terdapat lubang pada sekat pemisah antara bilik kiri dan bilik kanan jantung (Ventricular Septal).   Defek septum ventrikel atau ventrikel septal defect adalah gangguan atau lubang pada septum atau sekat di antara rongga ventrikel akibat kegagalan fusi atau penyambungan sekat interventrikel.Kelainan ini tergolong paling sering dijumpai diantara PJB lainnya. Ventrikel septal defect terjadi pada 1,5 – 3,5 dari 1000 kelahiran hidup dan sekitar 20-25% dari seluruh angka kejadian kelainan jantung kongenital. Umumnya lubang terjadi pada daerah membranosa (70%) dan muscular (20%) dari septum.

Pada penderita ventrikel septal defect terjadi  tekanan di bilik kiri jantung lebih tinggi dibanding bilik kanan, maka darah bersih di bilik kiri yang semestinya beredar ke pembuluh utama aorta untuk didistribusikan ke seluruh tubuh, sebagian akan mengalir ke bilik kanan melewati ventrikel septal defect. Pasien tidak terlihat biru, karena memang tak ada darah kotor yang mengalir ke sirkulasi darah bersih.

Apabila aliran darah ke bilik kanan dan pembuluh darah paru melebihi jantung normal. Akibatnya, paru-paru seolah-olah kebanjiran dan pasien merasa sesak nafas, sulit minum, sering infeksi saluran nafas/paru (BP = bronkopnemonia), berat badannya pun sulit naik. Kondisi ini terjadi bila lubang ventrikel septal defect besar, dan umumnya harus dilakukan operasi. Kalau lubang ventrikel septal defect kecil/sedang dan letaknya di area ventricular septum tertentu, memang bisa menutup atau mengecil sendiri.
Berikut beberapa gejala ventrikel septal besar, diantaranya:

    gejala ventrikel septal defect
* Gejala dan gagal jantung sering terlihat.
   
* Pasien tampak sesak,pada saat istirahat kadang pasien biru,gagal tumbuh dan banyak keringat.
  
* Sering terkadi infeksi saluran nafas bagian bawah.
   
* Aktifitas prekardium meningkat.
   
* Bising yang terdengar nada rendah,pansistolik dan tidak terlokalisir.
   
* Gejala sering timbul setelah minggu ke 3 sampai dengan minggu ke 4 pada saat resistensi paru sudah menurun.

%d bloggers like this: