Jenis makanan untuk penderita diabetes

Jenis makanan untuk penderita diabetes

 

 

Pasien diabetes tidak bisa leluasa mengonsumsi makanan. Pasalnya, jika salah asupan, kadar gula darah bisa meningkat. Untuk itu, harus diketahui jenis makanan untuk penderita diabetes.

Peningkatan kadar gula darah pada pengidap diabetes dapat berisiko terhadap kesehatan seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, penyakit jantung, hingga mengalami kebutaan bahkan kesadaran menurun.

Makanan yang boleh dikonsumsi penderita diabetes

Makanan yang boleh dikonsumsi penderita diabetes

Penderita diabetes perlu hati-hati saat Anda akan menyantap makanan. Bagi yang mengidap diabetes biasanya akan diberi terapi melalui pola makan teratur atau disebut terapi nutrisi medis. Terapi ini dimaksudkan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi, rendah lemak dan kalori sehingga bisa mengontrol kadar gula darah.

Berikut ini contoh pilihan makanan yang direkomendasikan untuk konsumsi penderita diabetes.

  • Makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh atau karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang panggang, oatmeal, roti dan sereal dari biji-bijian utuh.
  • Daging tanpa lemak yang dikukus, direbus, dipanggang, dan dibakar.
  • Sayur-sayuran yang diproses dengan cara direbus, dikukus, dipanggang atau dikonsumsi mentah. Sayuran yang baik dikonsumsi untuk penderita diabetes di antaranya brokoli dan bayam.
  • Buah-buahan segar.Jika Anda ingin menjadikannya jus, sebaiknya jangan ditambah gula.
  • Kacang-kacangan, termasuk kacang kedelai dalam bentuk tahu yang dikukus, dimasak untuk sup dan ditumis.
  • Popcorn tawar.
  • Produk olahan susu rendah lemak dan telur.
  • Ikan seperti tuna, salmon, sarden dan makarel. Namun, hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi seperti ikan tongkol.

Buah – buhan yang baik untuk penderita diabetes  : buah naga , apel hijau , buah mengkudu, buah pepaya , cuka apel , alpukat , jambu air , blimbing wuluh

Sayuran dan makanan yang baik untuk penderita Diabetes contohnya :

  • Bayam
    Kandungan lutein pada sayur bayam dapat menormalkan kembali kadar gula yang terdapat dalam tubuh. Bayam termasuk makanan 4 sehat 5 sempurna yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi siapa saja.
    Penelitian :
    Nutrisi Lutein pertama kali ditemukan oleh sebuah penelitian di Universitas Harvard pada tahun 1945. Bagi penderita diabetes, ancaman kebutaan potensinya sangat besar, oleh karena itu kandungan Lutein sering digunakan dalam pengobatan makula mata.
  • Minyak Zaitun
    Kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun bermanfaat menurunkan kadar “lippoprotein” LDL pada tubuh. Low Density Lippprotein menyebabkan kegemukan dan termasuk lemak jahat yang kurang baik bagi tubuh. Kegemukan akibat penimbunan lemak jahat ditambah jarang berolah raga akan meningkatkan risiko terkena diabetes.
  • Buah Acai Berry
    Senyawa antidoksidan pada blueberry dan beberapa jenis buah “berry” sangat baik bagi tubuh. Semakin gelap warna kulit buah, semakin banyak kandungan zat antidioksidan yang bagus bagi kesehatan tubuh. Salah satu jenis tanaman berry yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah Acai Berry. Kandungan asam lemak omega 3 dan 6 pada Acai Berry dapat memperbaiki kerusakan sel akibat diabetes.
  • Bawang Putih
    Fungsi bawang putih bagi tubuh adalah makanan rendah kolesterol jahat. Penyakit kolesterol dapat memicu munculnya penyakit lain seperti diabetes. Kandungan protein, vitamin A, B-1 pada bawang putih berfungsi sangat baik bagi penderita diabetes karena dapat menormalkan kadar gula dalam darah. Dalam sebuah penelitian ditemukan fakta jika 100 gram bawang putih memiliki kandungan air sebanyak 60% dan juga menghasilkan 122 kalori. Senyawa alisin pada bawang putih yang mengeluarkan bau menyengat saat dimemarkan bermanfaat untuk menguragi gejala diabetes.
  • Yoghurt tanpa lemak
    Siapapun membutuhkan cemilan di sela-sela aktivitasnya, namun makanan untuk penderita diabetes ini harus dibedakan. Yoghurt tanpa lemak, bisa jadi pilihan sehat untuk cemilan yang nikmat.
    Penelitian :
    Yoghurt memberi manfaat secara signifikan untuk mengurangi risiko diabetes. Peneliti bidang nutrisi dan epidemilogi Universitas Harvard Dr.Frank Hu mengatakan jika yogurt dapat mengurangi risiko diabetes sebesar 18%. Tapi Dr.Hu menjelaskan bahwa bukan berarti Anda lantas mengkonsumsi yogurt setiap hari. Dr. Hu menyarankan agar Anda memperhatikan konsumsi makanan selain Yogurt yang dimakan setiap hari, beberapa diantaranya perlu diganti dengan menu lebih sehat.
  • Oatmeal
    Kandungan gula pada oatmeal tidak sama dengan kandungan gula yang terdapat pada nasi, walaupun jenisnya adalah makanan penghasil karbohidrat. Saat mengkonsumsi oatmeal, disarankan tidak menambahkan lagi gula di dalam oatmeal Anda. Marisa More (American Diabetic Association) mengatakan bahwa oatmeal tanpa gula memiliki serat yang tinggi, sehingga tidak meningkatkan gula darah dengan cepat dan tinggi. Cara kerja serat oatmeal sangat baik untuk mengontrol gula darah.
  • Beras merah
    Beras merah sudah dikenal sebagai makanan untuk penderita diabetes, yang akan mengurangi kadar gula darah dalam tubuh dibanding beras putih. Beras merah kaya serat, perbandingan serat antara beras putih dan beras merah adalah 1:8. Itulah sebabnya, seseorang yang mengkonsumsi beras merah tidak merasa kekenyangan dan mengantuk saat makan beras merah. Bandingkan dengan beras putih, sedikit saja beras putih anda  konsumsi biasanya mudah diserang kantuk lalu tidur. Saat tidur setelah makan, dipercaya menjadi penyebab kadar gula darah naik.

Apa Saja Makanan yang  Harus Dihindari?

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, belum puas rasanya jika menu hidangan tidak dilengkapi nasi putih. Padahal, bagi penderita diabetes, jenis makanan pokok ini harus dihindari karena mengandung kadar gula yang tinggi dibanding sumber karbohidrat lain.

Selain nasi putih,ada beberapa jenis makanan lain yang harus dihindari jika ingin kadar gula darah tetap terjaga yakni:

  • Roti tawar putih.
  • Makanan yang terbuat dari tepung terigu.
  • Sayuran yang dimasak dengan tambahan garam, keju, mentega, dan saus dalam jumlah banyak.
  • Buah-buahan kaleng yang mengandung banyak gula.
  • Sayuran kaleng yang mengandung garam tinggi.
  • Daging berlemak.
  • Produk susu tinggi lemak.
  • Hati, ampela, dan organ dalam hewan lainnya.
  • Makanan yang digoreng seperti ayam goreng, ikan goreng, pisang goreng, dan kentang goreng.
  • Popcorn kaya rasa.
  • Kulit ayam.

Kandungan Karbohidrat yang Baik Bagi Penderita Diabates

Penderita diabetes atau yang memiliki gejala/risiko diabetes perlu mengetahui kandungan karbohidrat makanannya. Apa saja jenis makanan yang aman dikonsumsi dan berapa jumlah kandungan nutrisi yang terdapat dalam makanan tersebut. Yang perlu Anda ketahui bahwa semua makanan yang kita konsumsi sehari-hari memiliki unsur karbohidrat, dan berbagai makanan tersebut dapat larut dalam darah setelah menjadi glukosa.

Berikut takaran kandungan karbohidrat dalam makanan yang kita konsumsi setiap hari:

  • 1 porsi/ditukar dengan makanan lain yang sejenis= karbohidrat 15 gram : 1 PORSI = 1 Lembar roti, ½ mangkuk untuk pasta, 1/3 mangkuk untuk nasi, 2/3 mangkuk untuk sereal, dan 2-3 biskuit.
  • Sayuran yang memiliki kandungan tepung dan kacang polong : 1 PORSI = 1 Kentang ukuran sedang, ½ mangkuk kacang polong, ½ mangkuk jagung, dan ½ mangkuk ketang giling (mashed).
  • Buah-buahan : 1 PORSI = 1 biji appel, ½ pisang, 1 sendok sirup buah.
  • Makanan kemasan (bukan keju) :1 PORSI = 1 cangkir susu, ½ mangkuk yogurt buah (100 gram)

Nah untuk Anda penderita Diabetes harus dan penting Anda perhatikan pola makan agar selalu tetap terjaga gula darah Anda , dan dapat dibantu pula dengan terapi air hydrogen serta herbal – herbal alami pilihan yang tepat untuk menjaga gula darah selalu stabil.

You may also like...

%d bloggers like this: