Klasifikasi Hipofisis

Klasifikasi Hipofisis

2Kelenjar hipofisis medula kelenjar yang sangat penting bagi tubuh manusia, kelenjar inimengatur fungsi dari kelenjar tiroid, kelenjar adrenal, ovarium dan testis, kontrol laktasi,kontraksi uterine sewaktu melahirkan dan tumbuh kembang yang linear, dan mengatur osmolalitas dan volume dari cairan intravascular dengan memelihara resorpsi cairan diginjal.Kelenjar hipofisis terdiri dari 2 lobus, lobus anterior dan lobus posterior, pada lobusanterior kelenjar ini terdapat 5 tipe sel yang memproduksi 6 hormon peptida.

Sedangkan pada lobus posterior dilepaskan 2 macam hormon peptida.Pituitary tumor, pertumbuhan abnormal yang berkembang di kelenjar hipofisis di otak,hampir selalu noncancerous (jinak).

Sebagian besar tumor hipofisis (adenomas) tidak menyebar di luar tengkorak (nonmetastatic) dan biasanya masih terbatas pada kelenjar  pituitari atau di dekatnya jaringan otak. Pituitary tumor cukup umum dan seringdidiagnosis melalui scan MRI yang dilakukan untuk alasan lain.
Klasifikasi dibedakan berdasarkan hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis dandibedakan menjadi 2 jenis yaitu :
*) Adenoma hipofisis non fungsional (tidak memproduksi hormon)

Tumor ini berkisar sekitar 30% dari seluruh tumor pada hipofisis. Biasanya muncul pada dekade ke 4 dan ke 5 dari kehidupan, dan biasanya lebih sering ditemukan padalaki-laki daripada wanita. Nama lain dari tumor ini yaitu Null cell tumor,undifferentiated tumor dan non hormon producing adenoma. Karena tumor ini tidak memproduksi hormon, maka pada tahap dini seringkali tidak memberikan gejala apa-apa. Sehingga ketika diagnose ditegakkan umumnya tumor sudah dalam ukuran yang sangat besar, atau gejala yang timbul karena efek masanya. Tumor biasanya solid walaupun bias ditemukan tumor dengan campuran solid dan kistik.
*) Adenoma hipofisis fungsional yang terdiri dari :

* adenoma yang bersekresi prolaktin

* adenoma yang bersekresi growth hormon (GH)

* adenoma yang bersekresi glikoprotein (TSH, FSH, LH)

* adenoma yang bersekresi adrenokortikotropik hormon (ACTH)

Pada penelitian dari 800 pasien yang menderita tumor hipofisis, 630 pasienmerupakan tipe functioning pituitary tumors yang terdiri dari:52% merupakan tumor yang mengsekresikan prolactin27% tumor yang mengsekresikan GH20% tumor yang mengsekresikan ACTH0,3% tumor yang mengsekresikan TSH kelenjar hipofisis bagian anterior berperan dalam sekresi dan pengaturan dari berbagai hormon peptida dan stimulating factor. Tumor yang berasal dari bagian iniakan memproduksi secara berlebihan beberapa atau salah satu darihormonmpoptida, jika ini terjadi maka dinamakan fungsional atau secreting adenoma.
Adanya adenoma kelenjar hipofisis anterior bisa dideteksi dengan melihataktifitas endokrin dan dengan immunohisto chemical staining.Ada juga klasifikasi dari buku medikel bedah yaitu : Eusinofil Basofil Kromopom
*) Klasifikasi berdasarkan gambaran radiology

* Grade 0 : tumor tidak terlihat secara radiologi5

* Grade I dan II: adenoma yang terbatas dalam sella turcica

* Grade III dan IV: adenoma yang menginvasi ke jaringan sekitarnya Berdasarkan

penyebarannya tumor ke extrasellar maka dibagi lagi dalam subklasifikasi berikut :

– A,B,C yaitu penyebaran langsung ke suprasellar

– D yaitu perluasan secara asimetrik ke sinus kavernosus

– E yaitu perluasan secara asimetrik ke sinus intrakranial

You may also like...

%d bloggers like this: