• Uncategorized

Komplikasi Neuroma Akustik

Komplikasi Neuroma Akustik

4Neuroma akustik berasal dari sel schwan yang berada di dalam serabut saraf vestibularis dan pertumbuhannya lambat sehingga banyak penderita hanya sedikit sekali yang mengalami gangguan keseimbangan atau vertigo.

Setelah  tumor tumbuh cukup besar untuk mengisi kanalis auditorius interna, maka tumor akan tumbuh terus biasanya menuju kearah medial yakni rongga cerebellopatine angine dan bentuk tumor saat ini mencapai rongga ini adalah speris.

Neuroma akustik (acoustic neuroma) adalah tumor non-kanker (jinak) yang berkembang pada saraf utama yang menghubungkan telinga bagian dalam dengan otak.

Karena saraf tersebut secara langsung mempengaruhi keseimbangan dan pendengaran, tekanan akibat neuroma akustik menyebabkan gangguan pendengaran, dering di telinga, dan gangguan keseimbangan.

Juga dikenal sebagai vestibular schwannoma, neuroma akustik dikenal menyebabkan gangguan pendengaran.

Neuroma akustik biasanya tumbuh lambat atau tidak tumbuh sama sekali, tetapi dalam beberapa kasus mungkin tumbuh pesat sehingga menekan otak dan mengganggu berbagai fungsi vital.
*) Paralis nervus facialis

Kelumpuhan saraf facialis terjadi karena adanya penekanan pada nervus VII oleh tumor yang semakin membesar.
*) Kebocoran cairan cerebrospinal

Tumor tumbuh besar dan menekan otak kecil sehingga menyebabkan hidrocepalus obstruktif.
*) Nyeri wajah dan kesulitan menelan

Karena tumor tumbuh terus menerus hingga berukuran sekitar 4 cm, maka akan menekan saraf trigeminus dan menekan saraf cranial IX, X, XII, sehingga nyeri wajah dan kesulitan menelan.

yang dicari :

%d bloggers like this: