Komplikasi Pada Atresia Esofagus

Komplikasi Pada Atresia Esofagus

komplikasi atresia esofagusAtresia Esofagus adalah kondisi medis kongenital yang ditandai dengan tersedak dan batuk sewaktu bayi menyusu, mengeluarkan air liur dan pewarnaan berwarna biru pada kulit sewaktu bayi menyusu. Hal ini disebabkan ketika esofagus (pipa yang menyalurkan makanan ke bawah dari tenggorok ke lambung) tidak terbentuk secara baik sebelum lahir. Terdapat banyak tipe dari defek pada esofagus, tetapi paling banyak disebabkan akibat hubungan yang tidak tepat antara esofagus bagian atas dan esofagus bagian bawah. Hasilnya, makanan tidak dapat disalurkan dengan baik ke dalam lambung. Atresia esofagus tidak dikenal sebagai kondisi yang diturunkan. Akan tetapi, hal ini sering ditemukan pada bayi-bayi dengan cacad lahir lainnya, seperti sindrom Down, masalah jantung, hernia saluran pencernaan.

Komplikasi – komplikasi yang bisa timbul setelah operasi perbaikan pada atresia esophagus dan fistula atresia esophagus adalah sebagai berikut :
*) Dismotilitas esophagus

Dismotilitas terjadi karena kelemahan otot dingin esophagus. Berbagai tingkat dismotilitas bisa terjadi setelah operasi ini. Komplikasi ini terlihat saat bayi sudah mulai makan dan minum.
*) Gastroesofagus refluk

Kira-kira 50 % bayi yg menjalani operasi ini kana mengalami gastroesofagus refluk pd s’t kanak2 / dewasa, dimana asam lambung naik / refluk ke esophagus. Kondisi ini dapat diperbaiki dengan obat (medical) atau pembedahan.
*) Trakeo esogfagus fistula berulang

Pembedahan ulang adalah terapi untuk keadaan seperti ini.
*) Disfagia atau kesulitan menelan         

Disfagia adalah tertahannya makanan pada tempat esophagus yang diperbaiki. Keadaan ini dapat diatasi dengan menelan air untuk tertelannya makanan dan mencegah terjadinya ulkus.
*) Kesulitan bernafas dan tersedak

Komplikasi ini berhubungan dengan proses menelan makanan, tertahannya makanan & aspirasi makanan ke dalam trakea.

komplikasi atresia esofagus
*) Batuk kronis

Batuk merupakan gejala yg umum setelah operasi perbaikan atresia esophagus, hal ini disebabkan kelemahan dari trakea.
*) Meningkatnya infeksi saluran pernafasan

Pencegahan keadaan ini adalah dengan mencegah kontak dengan orang yang menderita flu & meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi vitamin & suplemen.

%d bloggers like this: