Komplikasi Pada Pankreatitis

Komplikasi Pada Pankreatitis

Komplikasi Pada PankreatitisDiam-diam tapi rajin, pankreas terus bekerja dalam membantu pencernaan dan metabolisme makanan. Ini organ berbentuk daun terletak di antara lambung dan usus kecil, menghasilkan beberapa enzim yang paling penting yang diperlukan untuk mencerna makanan kita. Ini memiliki pulau-pulau kecil dari sel-sel yang memproduksi cairan pencernaan ini yang dituangkan ke dalam usus kecil pada interval tepat waktu. Radang pankreas disebut sebagai pankreatitis. Hal ini dapat menjadi penyakit akut atau kronis.

Pankreatitis adalah peradangan pada pankreas, organ yang mengeluarkan enzim pencernaan dalam saluran pencernaan, dan sekaligus mensintesis dan mensekresi insulin dan glukagon. Pankreatitis dapat disebabkan oleh batu empedu yang menyumbat saluran pankreas, konsumsi alkohol yang kronis, obat-obatan, trauma, infeksi, tumor, dan kelainan genetik.

Pankreatitis adalah suatu peradangan pada pankreas. Pankreas adalah suatu kelenjar yang besar dibelakang perut dan dekat pada usus duabelasjari (duodenum). Duodenum adalah bagian atas dari usus kecil. Pankreas mengeluarkan enzim-enzim pencernaan kedalam usus kecil melalui suatu pipa yang disebut saluran pankreas (pancreatic duct). Enzim-enzim ini membantu mencerna lemak-lemak, protein-protein, dan karbohidrat-karbohidrat dalam makanan. Pankreas juga mengeluarkan hormon-hormon insulin dan glukagon kedalam aliran darah. Hormon-hormon ini membantu tubuh menggunakan glukosa yang diambil dari makanan sebagai energi.

Secara normal, enzim-enzim pencernaan tidak menjadi aktif sampai mereka mencapai usus kecil, dimana mereka mulai mencerna makanan. Namun jika enzim-enzim ini menjadi aktif didalam pankreas, mereka mulai “mencerna” pankreas itu sendiri.

Komplikasi Pankreatitis

Pankreatitis adalah kondisi medis yang ditandai dengan peradangan pankreas, yang menyebabkan kerusakan kelenjar yang menetap. Pankreas adalah suatu kelenjar yang terlatak di belakang lambung. Pankreatitis terjadi sebagai hasil dari kebocoran enzim pencernaan ke dalam pankreas. Enzim pencernaan membantu memecahkan makromolekul menjadi molekul-molekul kecil untuk memfasilitasi penyerapan makanan oleh tubuh. Ketika terjadi kebocoran enzim-enzim ini ke dalam pankreas, hal ini malah menyebabkan mencerna pankreas itu sendiri bukan membantu pencernaan makanan, yang karenanya menyebabkan peradangan pankreas. Ketika kondisi ini berlangsung lama, pankreas gagal menghasilkan cukup enzim pencernaan untuk pencernaan makanan secara adekuat.

Pankreas adalah kelenjar besar yang terletak didalam perut dan didekat duodenum atau usus duabelas-jari. Pankreas mengeluarkan cairan pencernaan, atau enzim, ke dalam duodenum melalui tabung yang disebut saluran pankreas. Enzim pankreas bergabung dengan empedu untuk mencerna makanan. Pankreas juga melepaskan hormon insulin dan glukagon ke dalam aliran darah. Hormon-hormon ini membantu tubuh dalam mengatur kadar glukosa yang diambil dari makanan untuk energi.

Komplikasi-Komplikasi

* Hypoxia

Pankreatitis akut dapat menyebabkan persoalan-persoalan pernapasan. Banyak orang mengembangkan hypoxia, yang berarti bahwa sel-sel dan jaringan-jaringan tidak menerima cukup oksigen. Dokter-dokter merawat hypoxia dengan memberikan oksigen melalui masker muka. Meskipun menerima oksigen, beberapa orang masih mengalami gagal paru-paru dan memerlukan suatu ventilator.

* Tidak Dapat Berhenti Muntah

Kadangkala seseorang tidak dapat berhenti muntah dan memerlukan penempatan suatu pipa kecil (tube) kedalam perut untuk mengeluarkan cairan dan udara. Pada kasus-kasus ringan, seseorang mungkin tidak makan untuk 3 atau 4 hari dan sebagai gantinya menerima cairan-cairan dan penghilang sakit melalui urat nadi (intravenous line).

* InfeksiKomplikasi Pada Pankreatitis

Jika suatu infeksi berkembang, dokter mungkin meresepkan antibiotik-antibiotik. Operasi mungkin diperlukan untuk infeksi-infeksi yang meluas. Operasi mungkin juga diperlukan untuk menemukan sumber perdarahan, mengesampingkan persoalan-persoalan yang menyerupai pankreatitis, atau menghilangkan jaringan-jaringan pankreas yang rusak berat.

* Gagal Ginjal

Pankreatitis akut kadangkala dapat menyebabkan gagal ginjal. Jika ginjal-ginjal anda gagal, anda akan memerlukan dialysis untuk membantu ginjal-ginjal anda menghilangkan/mengeluarkan yang tidak diperlukan (wastes) dari darah anda.

You may also like...

%d bloggers like this: