Kriteria Kelainan Katup jantung

Kriteria Kelainan Katup jantung

 kelainan katup jantungKelainan katup jantung merupakan keadaan dimana katup jantung mengalami kelainan yang membuat aliran darah tidak dapat diatur dengan maksimal oleh jantung.
Katup jantung yang mengalami kelainan membuat darah yang seharusnya tidak bisa kembali masuk ke bagian serambi jantung ketika berada di bilik jantung membuat jantung memiliki tekanan yang cukup kuat untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya orang tersebut tidak bisa melakukan aktifitas dalam tingkat tertentu.
Kelainan katup jantung yang parah membuat penderitanya tidak dapat beraktifitas dan juga dapat menimbulkan kematian karena jantung tidak lagu memiliki kemampuan untuk dapat mengalirkan darah.

Kelainan katup jantung biasanya terjadi karena faktor genetika atau keturunan dan terjadi sejak masih dalam kandungan. Kelainan pada katup jantung juga bisa terjadi karena kecelakaan ataupun cedera yang mengenai jantung. Operasi jantung juga dapat menyebabkan kelainan pada katup jantung jika operasi tersebut gagal atau terjadi kesalahan teknis maupun prosedur dalam melakukan oeprasi pada jantung.     
1. Kriteria Mayor

   
• Karditis

Bisa berupa pericarditis,miocarditis,endocarditis atau ketiganya ( pancarditis ). Inflamasi pericarditis dapat menghasilkan cairan serosa pada rongga pericardium,menyebabkan nyeri precordial dan pada auskultasi terdengar friction rub.Miocarditis merupakan inflamasi interstisiil jantung yang dapat mengganggu konduksi jantung dan payah jantung.Sedangkan endocarditis,merupakan inflamasi yang meluas,menimbulkan scarr pada katub jantung.Carditis jarang terdeteksi,karena tidak menimbulkan gejala,biasanya dideteksi pada saat pasien meminta pertolongan karena arthitis atau chorea.
   

• Poliartritis Migrans

Artralgia dan artritis pada demam rematik umumnya mengenai lebih dari satu sendi dan berpindah-pindah.
   

• Chorea

Chorea merupakan gangguan saraf yang mengakibatkan gerakan bagian-bagian tubuh tidak terkendali,lemah otot dan gangguan emosi.
   

• Nodul Subcutan

Terlihat sebagai tonjolan-tonjolan yang keras dibawah kulit tanpa perubahan warna dan rasa nyeri.Biasanya timbul pada minggu pertama serangan dan menghilang setelah 1-2 minggu.Jarang ditemukan pada orang dewasa.
   

• Eritema Marginatum

Berupa bercak kulit ( rash ) dan umumnya ditemukan di tubuh,kadang-kadang pada bagian proximal ekstremitas,tetapi tidak di wajah.Jarang ditemukan pada orang dewasa.

kriteria kelainan katup jantung
2. Kriteria Minor

   
* Artralgia
   
* Demam
   
* C reaktif protein positif,peningkatan sedimentasi eritrosit,P-R interval memanjang pada EKG

%d bloggers like this: