Kunyit Dan Lengkuas Merah, Tanaman herbal Untuk Frigiditas

Kunyit Dan Lengkuas Merah, Tanaman herbal Untuk Frigiditas

Berikut ini adalah beberapa tanaman yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit gangguan seksual, impotensi atau frigiditas. Dilengkapi dengan deskripsi tanaman, kandungan hingga resep/ramuan untuk pengobatan. Tanaman-tanaman ini rata-rata sangat mudah dijumpai di sekitar kita. Berikut data tanaman tersebut, semoga bermanfaat.

1
*) Kunyit (Curcuma longa Linn.)
Sinonim :

-Curcuma domestica Val.

-Curcuma domestica Rumph.

-Curcuma longa Auct.
*Familia : Zingiberaceae
*Deskripsi :

Kunyit (Curcuma domestic) termasuk salah satu tanaman rempah dan obat, habitat asli tanaman ini meliputi wilayah Asia khususnya Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami persebaran ke daerah Indo-Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengkonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.
*Nama Lokal :

Saffron (Inggris), Kurkuma (Belanda), Kunyit (Indonesia); Kunir (Jawa), Koneng (Sunda), Konyet (Madura);
*Bagian Yang Digunakan : Rimpang.
*Cara Pemakaian :

2Menyembuhkan frigiditas :

-Bahan: 2 rimpang kunyit, 1 genggam daun beluntas, 1 gagang buah asam, 1 potong gula kelapa/aren.

-Cara membuat: semua bahan tersebut direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian di saring.

-Cara menggunakan: diminum 1 gelas sehari.
*Komposisi :

Kandungan Kimia : Kunyit mengandung senyawa yang berkhasiat obat, yang disebut kurkuminoid yang terdiri dari kurkumin, desmetoksikumin dan bisdesmetoksikurkumin dan zat- zat manfaat lainnya Kandungan Zat : Kurkumin : R1 = R2 = OCH3 10 % Demetoksikurkumin : R1 = OCH3, R2 = H 1 – 5 % Bisdemetoksikurkumin: R1 = R2 = H sisanya Minyak asiri / Volatil oil (Keton sesquiterpen, turmeron, tumeon 60%, Zingiberen 25%, felandren, sabinen, borneol dan sineil ) Lemak 1 -3 %, Karbohidrat 3 %, Protein 30%, Pati 8%, Vitamin C 45-55%, Garam-garam Mineral (Zat besi, fosfor, dan kalsium).

 

*)  Lengkuas Merah ( Alpinia purpurea K. Schum.)

3
*Deskripsi :

Lengkuas merah ditemukan menyebar di seluruh dunia. Untuk tumbuh, lengkuas menyukai tanah gembur, sinar matahari banyak, sedikit lembab, tetapi tidak tergenang air. Kondisi tanah yang disukai berupa tanah liat berpasir, banyak mengandung humus. Dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1.200 meter di permukaan laut.

Untuk mengembangbiakkan tanaman ini dapat dilakukan dengan potongan rimpang yang sudah memiliki mata tunas. Selain itu dapat pula dengan memisahkan sebagian rumpun anakan. Pemeliharaannya mudah, seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan. Terutama pupuk dasar.

Yang perlu diwaspadai dari tanaman ini menurut ahli tanaman obat Dr. Setiawan Dalimartha ialah, bila rimpangnya tidak sesuai takaran yang berlaku, justru akan menjadi racun. “Jadi harus sesuai takaran dan harus kontinyu,” jelasnya lagi.

Menurutnya pula, dalam farmakologi Cina dan pengobatan tradisional lain disebutkan, bahwa tanaman ini memiliki sifat: Anti jamur dan anti kembung. Disebutkan, dari penelitian diketahui, dalam lengkuas merah terdapat zat-zat yang bisa merangsang semangat, mencegah ejakulasi dini, mematikan jamur, anti kejang, analgetik, anestetik, serta penekan pengendali gerak.
*Nama Lokal : Lengkuas merah.
*Bagian Yang Digunakan : Rimpang.
*Cara Pemakaian :

Obat frigiditas :3

Ambil dua rimpang lengkuas merah, dua rimpang jahe merah ditambah tiga sampai empat gram bubuk merica hitam. Rebus dengan air empat gelas, jadikan tiga gelas. Minum tiga kali sehari, masing-masing segelas setelah ditambah dua sendok makan madu.
*Komposisi :

Kandungan kimia :

-Rimpang : saponin, tanin, flavonoid, minyak atsiri;

-Batang : saponin, tanin, flavonoid.

%d bloggers like this: