Macam Shock Septik

Macam Shock Septik

2Shock adalah suatu keadaan serius yang terjadi jika sistem kardiovaskuler (jantung dan pembuluh darah) tidak mampu mengalirkan darah ke seluruh tubuh dalam jumlah yang memadai. Shock biasanya berhubungan dengan tekanan darah rendah dan kematian sel maupun jaringan.
Shock terjadi akibat berbagai keadaan yang menyebabkan berkurangnya aliran darah, termasuk kelainan jantung (misalnya serangan jantung atau gagal jantung), volume darah yang rendah (akibat perdarahan hebat atau dehidrasi) atau perubahan pada pembuluh darah (misalnya karena reaksi alergi atau infeksi). Jika tidak cepat dilakukan pertolongan shock bisa berakibat kematian.Untuk bisa menanggulangi shock adalah harus bisa mengenal gejala shock. Tidak ada tes laboratorium yang bisa mendiagnosa shock dengan segera. Diagnosa dibuat berdasarkan pemahaman klinik tidak berfungsi dengan normal perfusi organ dan oksigenasi jaringan. Selanjutnya adalah dengan mengetahui penyebab shock.

Ada 2 macam Shock septic diantaranya:

*) Inflamasi akut bakteri
           

Toksemia à panas tinggi, atau kalau kumannya Gram-negatif, hipothermia dan penurunan tahanan perifer dengan pengumpulan darah (pooling) à CVP menurun. Pasien-pasien ini sulit dievaluasi secara klinis karena tanda-tanda klinis yang diwujudkan saling bertentangan. Penderita bisa teraba hangat, terlihat merah muda dan berkeringat, atau kedinginan dan berkeringat, atau teraba hangat (atau dingin) dan kering. Tetapi penderita biasanya menunjukkan pengisian pembuluh balik perifer yang mencukupi.

 

*) Inflamasi akut atau kronik yang disertai Hipovolemia
Merupakan bentuk shock yang kedua yang menyertai keadaan sepsis dan dapat terjadi setelah bentuk pertama atau terjadi secara spontan, seperti yang terjadi pada pankreatitis.

Segera menghentikan perdarahan yang terlihat dan mengatasi nyeri yang hebat, yang juga bisa merupakan penyebab shock harus segera diatasi.

You may also like...

%d bloggers like this: