Makanan Pencegah Penyakit Hipertensi Atau Darah Tinggi

Makanan Pencegah Penyakit Hipertensi Atau Darah Tinggi

hipertensi

hipertensi

Faktor gaya hidup yang buruk dan pengelolaan stres yang tidak baik adalah pemicu utama hipertensi di usia muda. Tekanan darah tinggi bermula ketika aliran darah yang melalui arteri tidak terproses secara konstan.

Tentu proses menuju vonis tekanan darah tinggi tidak terjadi hanya dalam satu atau dua hari. Tidak konstannya aliran darah berlangsung dalam jangka waktu yang lama, dan tidak ada gejala yang tampak dari proses ini.

Tidak ada manusia yang bisa menyadari jika aliran darah dalam tubuhnya berlangsung tak wajar. Itulah kenapa hipertensi atau tekanan darah tinggi dianggap kondisi yang sangat berbahaya. Meski kondisi ini tak membawa penderitanya langsung pada kematian, tapi gerbang penyakit berat seperti jantung dan kerusakan organ langsung terbuka lebar.

Jika usia Anda saat ini 30 tahun, memeriksa tekanan darah secara rutin sangat dianjurkan. Sebelum terlanjur divonis hipertensi, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi secara rutin untuk menjaga kenormalan tekanan darah Anda. Harapannya, tekanan darah tinggi tak lagi menjadi momok yang mengerikan karena Anda sudah mengantisipasinya dari awal. Mari kita cermati 5 jenis makanan untuk penderita darah tinggi.
Meski kenyataan tak dapat disangkal bahwa 60 persen penderita hipertensi berakhir dengan stroke, tapi Anda harus punya pemikiran positif agar kesehatan tak kian memburuk.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi darah tinggi. Hal pertama dan utama yang perlu Anda ubah adalah menu makanan.

Makanan yang digoreng dan lemak dari daging olahan. Ganti makanan tersebut dengan buah-buahan dan sayuran segar. Jika selama ini yang kita tahu hanya buah Mengkudu dan seledri saja yang bagus untuk mengatasi darah tinggi, kali ini Anda punya alternatif lain. Buah yang lebih nikmat dimakan. Berikut ini daftar sayur dan buah yang bisa Anda konsumsi sehari-hari untuk mengatasi darah tinggi Anda.
*) Pisang
   
 Pisang mengandung kalium yang sangat tinggi. Ini menguntungkan penggemar pisang, karena kalium bisa menstabilkan tekanan darah. Cukup satu pisang sehari untuk mencegah tekanan darah tinggi.
   

*) Kacang-kacangan
   
Kedelai, kacang tanah, almond, kacang merah, dan semua jenis kacang-kacangan mengandung magnesium dan potasium. Dua zat ini terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Dari kelima jenis makanan ini Anda bebas memilih mana yang paling disukai. Akan tetapi, ada satu hal yang perlu diperhatikan; jangan mengonsumsi salah satu makanan dari daftar tersebut secara berlebihan karena bisa berakibat buruk pada organ tertentu. Misalnya, Anda mengonsumsi pisang dalam jumlah yang tidak wajar setiap harinya. Mungkin tekanan darah tinggi bukan ancaman bahaya bagi Anda, tapi ginjal Anda harus siap menerima efek buruk dari tingginya potasium yaitu batu ginjal.
*) Tomat

 Makan tomat mentah-mentah dan bulat-bulat mungkin tidak semua orang suka. Lebih nikmat kalau tomat dijus dan dicampur dengan buah lain.

Tetapi, porsi terbesar harus buah ini, karena di dalam tomat terdapat potasium, vitamin C dan serat, dan dalam satu mangkuk tomat terkandung 9 mg sodium saja.

Minuman ini bisa jadi diet sodium yang sehat karena kebutuhan Anda akan sodium tetap terpenuhi tapi dalam jumlah yang minimal. Tentu tidak membahayakan kondisi kesehatan Anda. Sebisa mungkin pilihlah tomat segar untuk dijus, karena tomat olahan yang dijual di supermarket sering kali mengandung sodium yang lumayan tinggi.
*) Buah Beri

Anda bisa sebutkan satu per satu yang Anda kenal; strawbery, blueberry, blackberry, dan raspberry.

Tak hanya bentuknya yang menarik, buah beri dikenal kaya manfaat karena kandungan potasiumnya yang tinggi. Satu mangkuk buah beri mengandung 200 mg potasium.

Berapa banyak potasium yang Anda butuhkan untuk mengatasi darah tinggi? Per hari setidaknya dibutuhkan 4.700 mg asupan potasium, jadi sekitar 23 mangkuk buah beri yang Anda butuhkan dalam sehari.

Tak sulit memakan buah sebanyak itu asal Anda mengolahnya dalam bentuk jus segar. Selain potasium, buah beri juga mengandung serat dan vitamin C.
*) Jeruk

Jeruk sudah kondang sebagai buah yang kaya vitamin C. Ternyata, selain vitamin C, buah ini juga banyak mengandung potasium, serat, dan rendah sodium.

Rasanya yang manis tak merepotkan karena bisa kita makan langsung tanpa dijus. Tapi, tak ada salahnya kalau Anda ingin meminum jus jeruk yang segar untuk menu sehari-hari Anda. Apalagi kebutuhan potasium untuk mengatasi darah tinggi cukup besar.
*) Sayuran Hijau

hipertensi

 

 

Brokoli hanya satu contoh sayuran hijau yang mengandung potasium tinggi, tapi rendah sodium. Selain brokoli Anda bisa pilih sayuran hijau lain yang disukai, bayam bisa jadi salah satu alternatif.

Sekarang, Anda boleh senang karena ternyata ada beberapa jus nikmat yang bisa Anda buat sendiri di rumah untuk mengatasi darah tinggi. Jus yang sehat dan menyehatkan ini akan lebih bermanfaat dan bisa mengatasi darah tinggi jika Anda mengolahnya tanpa gula. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam perjuangan melawan tekanan darah tinggi.
   
*) Cokelat
    
Coklat yang dianjurkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah coklat pekat (dark chocolate). Coklat pekat yang belum ditambah zat pemanis atau pewarna mengandung flavonoid tinggi. Flavonoid ini mampu memproduksi nitrit oksida yang berfungsi menguatkan otot-otot di sekitar pembuluh darah sehingga aliran darah ke semua organ dapat dilancarkan. Apa yang terjadi jika semua organ mendapat aliran darah yang cukup? Tak perlu lagi khawatir akan resiko stroke atau kerusakan jantung.
   

*) Bayam
   
Kandungan magnesium yang tinggi dalam bayam bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah. Tak hanya itu, ada pula folat yang mampu melindungi tubuh dari bahan kimia yang membahayakan kesehatan. Namun, bayam tak baik dikonsumsi terlalu sering karena dapat meningkatkan resiko asam urat.
   

*) Kuaci bunga matahari
   
Makan kuaci memang mengasyikkan, meski memerlukan kesabaran ekstra. Tapi, tak rugi berlama-lama mengupas biji kuaci karena magnesium dan pitosterol yang ada dalam biji bunga matahari terbukti mampu mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Sayangnya, tak semua kuaci biji bunga matahari bisa menormalkan tekanan darah tinggi. Anda harus memilih kuaci segar yang bebas garam.
   

 

You may also like...

%d bloggers like this: