Manfaat Vitamin D Untuk Penyakit Tulang Pada bayi

Manfaat Vitamin D Untuk Penyakit Tulang Pada bayi

 

6Calciferol atau yang lebih sering disebut dengan vitamin D memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh kita yang antara lain adalah menyembuhkan rakhitis pada anak-anak dan mengobati osteomalacia.

Selain itu, vitamin D juga berfungsi sebagai perlindungan terhadap PAD (peripheral arterial disease), menurunkan resiko terkenan penyakit kanker, mengurangi resiko patah tulang serta  mengobati rachitic rosary.

Vitamin D merupakan golongan vitamin pada lemak yang dapat larut dalam air. Vitamin ini juga sering disebut sebagai vitamin steroid yang dapat meningkatkan metabolisme dan penyerapan kalsium dan fosfor.

Sinar matahari pagi sudah cukup sebagai elemen untuk memproduksi vitamin D di kulit. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rakhitis pada anak-anak dan osteomalacia pada manusia dewasa.

Matahari pagi adalah sumber vitamin D yang berlimpah. Namun sayangnya masih banyak bayi kekurangan terutama di negara non tropis. Untuk di negara Indonesia sendiri sangat berlimpah karenanya kebutuhan Vitamin D cukup terpenuhi.
Vitamin D dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pengembangan tulang. Vitamin ini membantu penyerapan Kalsium.  Kekurangan Vitamin D menyebabkan Penyakit Rakhitis. Selain itu defisiensi vitamin ini berhubungan dengan penyakit osteoporosis,  penyakit jantung dan diabetes.
1Bayi yang masih terdapat dikandungan juga membutuhkan vitamin ini.  Pada saat kehamilan dianjurkan untuk ibu hamil membutuhkan pasokan vitamin D. Jika terjadi kekurangan Vitamin D, besar kemungkinan bayi yang berada dikandungan berkembang penyakit Neonatal Hypocalcaemia ( penyakit kekurangan Kalsium di darah) atau menyebabkan penyakit rakhitis dikemudian hari setelah melahirkan.

   
Ketika matahari bersinar -khususnya sinar UVB – dipagi hari (sebelum jam 10 pagi) menyinari kulit kita, maka tubuh memproses dan membuat Vitamin D. Kita mendapat sekitar 80% Vitamin D melalui cara ini.

Kebanyakan bayi kurang cukup mendapat vitamin D walaupun dari sumber makanan. Oleh sebab itu lebih baik dan murah mendapatkan suplemen Vitamin D dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi. Untuk makanan yang mempunyai kaya sumber Vitamin D adalah ikan Salmon Laut Utara, ikan Herring dan ikan Mackerel. Selain itu produk makanan bayi yang berformula (susu maupun makanan padat lainnya) sudah mengandung vitamin D.
4Untuk mengetahui tanda-tanda kekurangan Vitamin D adalah Rakhitis (bentuk tulang yang bengkok terutama bagian kaki), kemunduran perkembangan motorik, kesakitan pada otot-otot, dan mudah patah tulang. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, anda dapat memeriksa di Dokter Umum untuk melakukan tes darah. Dilakukan jika anda khawatir anak anda kekurangan vitamin D. Tes Darah merupakan cara terbaik untuk memeriksa kandungan Vitamin D.

   
Diingatkan untuk menyinari/menjemur bayi anda sebelum jam 10 pagi. Karena waktu yang terbaik untuk memproses pertumbuhan. Karena jika lewat dari jam tersebut dapat menyebabkan iritasi kulit karena terbakar sinar matahari, bahkan dapat menyebabkan kanker kulit jika dilakukan berlebihan.

 

You may also like...

%d bloggers like this: