Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Payudara

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Payudara

 

Makanan Yang Harus Dihindari Agar Kanker Payudara Sembuh – Penyakit kanker payudara memang salah satu penyakit paling di takuti oleh seluruh kaum wanita dimanapun berada. Selain bisa berujung pada operasi pengangkatan mamae (payudara) pada tahapan kronis atau mencapai tahapan kanker payudara ganas, penyakit ini bisa mengancam jiwa penderitanya.

Penyebab tumor payudara kanker payudara secara pasti belum diketahui, namun banyak pendapat para ahli menyebutkan penyebab timbulnya tumor pada payudara dapat disebabkan oleh berbagai hal antara lain :

A. Faktor Jenis kelamin

Faktor penyebab kanker payudara yang pertama adalah jenis kelamin. Walaupun tidak menutup kemungkinan pria bisa terkena penyakit kanker payudara, namun wanita 1000 kali lebih beresiko terkena kanker payudara daripada pria. Itu artinya baik pria maupun wanita sebaiknya berhati hati dengan masalah penyakit yang satu ini terutama wanita.

B. Faktor Usia

Faktor usia juga sangat mempengaruhi terjadinya kanker pada payudara. Pada umumnya penyakit kanker payudara menyerang wanita dengan rentang usia 50 tahun keatas (setelah mengalami monopause). Untuk itu, sangat dianjurkan terutama bagi wanita berusia 50 tahun keatas secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan payudara minimal 3 kali dalam setahun.

C. Faktor Keturunan (genetika)

Apabila salah satu keturunan keluarga kita mengalami riwayat penyakit kanker payudara, maka tidak menutup kemungkinan kita juga terkena penyakit yang sama. Untuk itu apabila terjadi kondisi seperti terdapat
benjolan pada payudara, agar segera berkonsultasi dengan dokter ahli medis yang berada di sekitar anda.

D. Faktor Lingkungan

Lingkungan sekitar kita sangat berpengaruh terhadap terbentuknya kanker dalam tubuh kita. Misalnya pemaparan radiasi radio aktif, sinar X dan computerized tomography (CT) yang bisa memicu tumbuhnya kanker pada payudara. tak hanya kanker payudara, radiasi di atas juga bisa memicu timbulnya penyakit kanker lain seperti kanker rahim, kanker otak dll.

F. Faktor Gaya Hidup Kurang Sehat

Apabila anda terbiasa dengan gaya hidup yang tidak sehat seperti, merokok, mengkonsumsi alkohol, berat badan berleih, melakukan penanaman implan payudara dan sebagainya, maka anda berpotensi mengalami penyakit kanker payudara.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Payudara

Agar penyakit kanker tidak bertambah parah, baiknya anda menghindari berbagai makanan seperti berikut ini :

A. Makanan Mengandung Pengawet Buatan

Pada dasarnya makanan yang diawetkan mengandung senyawa kimia berbahaya yang sewaktu waktu bisa menjadi karsiogenaktif. Itu artinya orang yang gemar mengkonsumsi makanan mengandung pengawet seperti berbagai makanan kaleng, makanan siap saji lainnya berpotensi menderita penyakit kanker payudara dan kanker lainnya.

B. Makanan (Gosong)

Kebanyakan kasus terjadi akibat makanan diolah secara dibakar, namun tidak menutup kemungkinan juga makanan yang diolah dengan digoreng juga mengalami gosong. Untuk itu, anda harus senantiasa memperhatikan pasakan yang anda olah jangan sampai gosong. Apabila terjadi kondisi seperti ini (gosong) harap jangan dikonsumsi (berikan pada hewan atau di buang saja). Mengapa demikian?

Ini dikarenakan gosong pada makanan dapat menjadi radikal bebas yang bisa tumbuh dalam diri kita. Apabila dibiarkan secara berlarut radikal bebas tersebut akan tubuh menjadi tumor yang sangat berbahaya dan mematikan.

C. Daging dan Olahan nya

Sebagaimana kita tahu sel tumor berkembang dengan cara mengambil makanan dari inang yang dihinggapi nya, sengan mengkonsumsi daging makan asupan makanan yang diterima sel tumor akan semakin banyak. Alhasil penyakit kanker semakin besar dan tidak terkendali. Untuk itu, hindari beberapa makanan daging beserta olahan nya seperti daging sapi, kerbau, kambing dan berbagai jenis daging merah lainnya.

Apabila anda seorang penggila daging, sebaiknya mengkonsumsi jangan terlalu berlebih terutama daging kambing. Selain bisa memicu pembesaran kanker yang anda derita, daging kambing juga bisa menimbulkan penyakit tekanan darah tinggi akibat kolesterol meningkat yang ditandai dengan gejala awal pusing yang sangat hebat, lemas, capek dan pegal.

D. Sayuran Touge, sawi putih, kangkung, dan cabai

Menurut penelitian para ahli, sayuran tauge , sawi putih, kangkung dan cabai mengandung zat yang bisa memicu membesar nya sel kanker. Untuk itu apabila anda menderita penyakit kanker, sebaiknya hindari dulu beberapa jenis makanan mengandung sayuran-sayuran yang disebutkan diatas.

E. Berbagai Jenis Minuman Mengandung Karsinogen

Agar penyakit kanker tidak membesar dan berangsur pulih, sebaiknya anda menghindari beberapa jenis minuman mengandung karsinogen, yang bisa memicu pembesaran kanker (tumor). Beberapa jenis minuman tersebut berupa beragai jenis-jenis dingain (es), dan alkohol. Ini dikarenakan minuman minuman tersebut bisa memicu tumbuhnya sel kanker semakin membesar dalam tubuh kita

D. Berbagai Jenis Makanan Seafood

Apabila anda seorang penggemar makanan seafood seperti kerang, udang, kepiting, cumi-cumi, dan lainya, kami sarankan agar menghindari makanan makanan tersebut sejak sekarang. Ini dikarenakan makanan makanan tersebut mengandung kandungan kolesterol yang sangat tinggi yang memicu pertumbuhan penyakit kanker semakin tidak terkendali.

Demikian sekilas informasi ini kami sampaikan, semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu menjembatani kesembuhan anda aamiin.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Kanker Payudara

yang dicari :

You may also like...

%d bloggers like this: