Pemeriksaan Disagnostik Myocarditis

Pemeriksaan Disagnostik Myocarditis

pemeriksaan myocarditisMyocardium lapisan medial dinding jantung yang terdiri atas jaringan otot jantung yang sangat khusus. Myocarditis adalah peradangan pada otot jantung atau miokardium. pada umumnya disebabkan oleh penyakit-penyakit infeksi, tetapi dapat sebagai akibat reaksi alergi terhadap obat-obatan dan efek toxin bahan-bahan kimia dan radiasi. Myocarditis adalah peradangan dinding otot jantung yang disebabkan oleh infeksi atau penyebab lain sampai yang tidak diketahui (idiopatik). Miokarditis adalah inflamasi fokal atau menyebar dari otot jantung (miokardium). Miokarditis adalah penyakit inflamasi pada miokard yang bisa disebabkan karena infeksi akut atau respon autoimun pasca infeksi viral.

Pada sebagian besar, miokarditis tidak dapat diduga karena disfungsi jantung bersifat subklinis, asimtomatik dan sembuh sendiri (self limited) oleh karena miokarditis asimtomatik, maka data epidemiologi yang ada berasal dari penelitian pasca mortem. Pada pemeriksaan pasca mortem miokarditis ditemukan sekitar 1-9%, sehingga diduga miokarditis adalah penyebab utama kematian.
Pemeriksaan Diagnostik meliputi:
* Laboratoriumpemeriksaan myocarditis

o Leukositosis dengan polimorfunuklear atau limfosit dominan

o Laju endap darah biasanya meningkat.

o LDH, enzim jantung kreatin kinase atau laktat dehidrogenase dapat meningkat
tergantung luasnya nekrosis miokard.

o Pengkatan ASTO dapat menunjukan adanya infeksi streptokokus.

 

* Ekokardiografi

Ekokardiografi dapat menunjukan disfungsi sistolik ventrikel kiri pada pasien dengan dimensi vebtrikel kiri yang berukuran normal. Trombus vebtrikel terdeteksi sekitar 15 persen. Gambaran ekokardiografi pada miokarditis aktif dapat meniru restriktif, hipertropik, atau kardiomiopati dilatasi.

pemeriksaaan myocarditis* Elektrokardiografi (EKG)

EKG hampir selalu abnormal pada pasien miokarditis. EKG paling sering menunjukan sinur takikardia. Lebih khas adalah perubahan ST-T. Dapat ditemukan perlambatan interval QTc, voltase rendah , dan bahkan pola infark miokard akut. Aritmia jantung juga sering ditemukan termasuk blok jantung total, takikardia ventrikular dan aritmia supravebtrikular terutama dengan adanya gagal jantung kongestif atau inflamasi perikard.

* Radionuclide Scanning dan Magnetic Resonance Imaging.

* Biopsi Endomiokardial

%d bloggers like this: