Penanganan Awal Infark Miokard Akut Sebelum Kerumah Sakit

Penanganan Awal Infark Miokard Akut Sebelum Kerumah Sakit

3Infark Miokard Akut (IMA) adalah suatu keadaan di mana terjadi nekrosis otot jantung akibat ketidakseimbangan antara kebutuhan dengan suplai oksigen yang terjadi secara mendadak. Penyebab yang paling sering adalah terjadinya sumbatan koroner sehingga terjadi gangguan aliran darah. Sumbatan tersebut terjadi karena ruptur plak yang menginduksi terjadinya agregasi trombosit, pembentukan trombus, dan spasme koroner.

Infark Miokard Akut adalah keadaan dimana otot jantung mengalami iskemia atau bahkan nekrosis akibat adanya penurunan suplai darah yang melibatkan satu atau lebih dari arteri koroner yang disebabkan oleh berbagai gangguan pada aliran darah.
Sebuah infark miokard adalah di mana arteri koroner telah tersumbat sehingga mencegah pasokan darah ke area miokardium. Miokardium menjadi cepat iskemik dan kemudian nekrotik. Satu atau lebih lapisan miokardium dapat terpengaruh tergantung pada beratnya infark. Jaringan fibrosa terbentuk di daerah nekrotik. Mempengaruhi pada pasien tergantung pada lokasi dan jumlah jaringan yang terkena. Kematian dapat terjadi segera, dalam beberapa jam atau pasien mungkin bertahan hidup. Daerah berserat / nekrotik tidak dapat berkontraksi atau melakukan impuls listrik dan karena itu akan mengurangi efisiensi ruang terpengaruh.
*) Penanganan awal sebelum ke rumah sakit

Pada prinsipnya jika mendapatkan korban yang dicurigai mendapatkan serangan jantung, segera hubungi 118 untuk mendapatkan pertolongan segera. Karena terlambat 1-2 menit saa nyawa korban mungkin tidak terselamatkan lagi.

Infark Miokard Akut adalah salah satu faktor tingginya angka kematian di Indonesia dan dunia. Pertolongan pertama pada saat terjadinya serangan jantung dapat membantu penderita untuk melewati saat kritis. Namun sayangnya tidak banyak orang yang tahu bagaimana menangani serangan jantung dengan cara yang benar. Simak cara berikut untuk memberi pertolongan pertama pada korban Infark Miokard Akut yaitu :
* Jangan tinggalkan orang yang baru saja terkena Infark Miokard Akut. Memasukkan apapun lewat mulut tidak diperbolehkan. Apabila si pasien merasa lebih baik, jangan lengah. Segera bawa ke rumah sakit terdekat.
2* Baringkan penderita meskipun berada dalam perjalanan menuju ke rumah sakit. Longgarkan pakaian yang dikenakan agar penderita merasa lebih baik.
* Pastikan tidak terjadi penurunan tekanan darah yang ditandai dengan keringat dingin. Jika Anda memiliki aspirin di rumah, berikan satu tablet untuk di kunyah atau satu tablet sorbitrate di bawah lidahnya. Satu sendok gula di bawah lidahnya juga akan membantu tapi jangan memberi minuman manis.
* Apabila penderita mengalami sesak napas, angkat sebagian badannya dan minta dia untuk batuk sesekali. Posisi ini akan membantu pasien mengembangkan paru-parunya.
* Klinik rawat jalan tidak cukup untuk menangani pasien Infark Miokard Akut. Pastikan pasien berada di unit gawat darurat rumah sakit sehingga mendapat penanganan dari ahli. Biasanya pasien akan diberi obat untuk menghilangkan gumpalan darah. Pasien mungkin akan langsng ditangani dengan Angiografi dan Angioplasti primer. Penanganan ini akan memberikan efek ideal pada 90 menit pertama setelah Infark Miokard Akut.

%d bloggers like this: