Penanganan dan Pencegahan Degenerasi Makula Mata

Penanganan  dan Pencegahan Degenerasi Makula Mata

 

4Dengenerasi makula dapat terjadi pada pria maupun wanita. Degenerasi makula merupakan penyebab paling sering hilangnya penglihatan sentral pada orang tua. Gangguan ini cenderung diturunkan dan lebih banyak ditemukan pada orang kulit putih.

Degenerasi Makula adalah suatu keadaan dimana makula mengalami kemunduran sehingga terjadi penurunan ketajaman penglihatan dan kemungkinan akan menyebabkan hilangnya fungsi penglihatan sentral.

Makula adalah pusat dari retina dan merupakan bagian yang paling vital dari retina. Makula merupakan bagian dari retina yang memungkinkan mata melihat detil-detil halus pada pusat lapang pandang.

Degenerasi terjadi sebagai akibat dari kerusakan pada epitel pigmen retina. Epitel pigmen retina adalah lapisan pemisah antara retina dan koroid (lapisan pembuluh darah di belakang retina).

Fungsi dari epitel pigmen retina adalah sebagai penyaring yang menentukan zat gizi dari koroid yang sampai ke retina. Bagian dari darah yang berbahaya bagi retina dibuang/dijauhkan dari retina oleh epitel pigmen retina. Kerusakan pada epitel pigmen retina mempengaruhi metabolisme pada retina. Terjadi penipisan retina sehingga memungkinkan masuknya bahan yang berbahaya dari darah ke dalam retina dan menyebabkan kerusakan serta pembentukan jaringan parut.
Jika di dalam atau di sekeliling makula ditemukan pertumbuhan pembuluh darah baru, dilakukan fotokoagulasi laser untuk menghancurkannya.

Tidak ada pengobatan khusus untuk degenerasi makula. Pemberian seng bisa memperlambat perkembangan penyakit.

Pada stadium awal, bisa dilakukan pembedahan laser untuk membekukan pembuluh darah koroid yang merembes ke retina.

Pilihan pengobatan lainnya adalah terapi fotodinamik, dimana pengobatan laser dilakukan setelah penyuntikan zat warna untuk menambah kepekaan pembuluh darah yang merembes terhadap sinar laser.
*) Penanganan Degenerasi Makula

* Rehabilitasi dengan Low Vision Aid

* Untuk AMD kering dengan melakukan kontrol rutin ke Dokter Mata dan mengkonsumsi vitamin untuk mata

* Sedangkan untuk AMD basah dengan perawatan berupa laser, Verteparfin Photodyname Therapy (PDT), Intravitreal anti VEGF.
*) Pencegahan Degenerasi Makula1

* Mengkonsumsi vitamin A untuk kesehatan mata

* Mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan

*  Melakukan olahraga secara teratur

* Melakukan kontrol tekanan darah

* Menggunakan kacamata pelindung UV

* Tidak merokok.

* Melakukan pemeriksaan mata secara rutin, sesuai kebutuhan

%d bloggers like this: