Penanganan Untuk Agranulositosis

Penanganan Untuk Agranulositosis

Penanganan Untuk AgranulositosisAgranulositosis adalah setiap keadaan yang dimana ditandai dengan berkurangnya jumlah granuilosit.

Pada dasarnya berkurangnya jumlah granulosit secara parah baru disebutdengan agranulositosis, namun penurunan granulosit juga bisa merupakan manifestasi darineutropenia (jumlah neutrophil kurang dari 1.500ml).

Keadaan agranulositosis merupakan keadaan yang langka, dimana keadaan ini timbulsebagai efek toksik langsung terhadap sumsum tulang, mungkin juga pada orang-orang dengan polimorfisme gen atau akibat toksisitas yang diperantarai antibodi terhadap neutrophil dan prekursornya.

Agranulositosis adalah keadaan yang sangat serius yang ditandai dengan jumlah leukosityang sangat rendah dan tidak adanya neutrofil. Agen penyebab umumnya adalah obat yangmenganggu pembentukan sel atau meningkatkan penghancuran sel. Obat – obat yang seringdikaitkan adalah agen – agen kemoterapi mielosupresif (menekan sumsum tulang) yangdigunakan pada pengobatan keganasan hematologi dan keganasan lainnya. Obat yang makin banyak dan sering digunakan seperti analgetik antibiotika, dan antihistamin, diketahui mampumenyebabkan neutropenia atau agranulositosis berat. Respon terhadap obat – obatan ini berkaitan dengan dosis atau reaksi idiosinkrasi.

Agranulositosis adalah gangguan langka tapi mengancam jiwa didefinisikan sebagai kurangnya jumlah neutrophil mutlak kurang dari 0,5 x 10.

Dimana penyakit inidapat bersifat kongenital, dapat berupa penyakit kostman atau dikenal dengan agranulositosisinfatil genetic. Pada penyakit tersebut kebanyakan penderita meninggal dunia dalam usia 3tahun.

Kekurangan jumlah normal sel darah putih (neutrofil granulosit atau) dalam aliran darah. Ini adalah sel pertama yang melawan infeksi bakteri.

Penurunan, gangguan atau kerusakan pada sumsum tulang belakang yang mengakibatkan menurunnya produksi granulosit (sel darah putih.

Penanaganan Untuk Agranulositosis

*) Tindakan Umum

* Rawat inap dalam fase akut sering dibutuhkan.

* Setelah rawat inap, kami sarankan:

– Teliti kebersihan pribadi.

– Menjaga mulut Anda bersih dengan sering berkumur dengan air garam hangat kuku atau hidrogen peroksida (hidrogen peroksida).

– Berhati-hatilah dengan kebersihan mulut. Sikat gigi Anda dengan sikat yang sangat lembut untuk menghindari iritasi gusi.

– Hindari kontak dengan bahan agresif seperti bahan kimia pembersih, lem, insektisida, pupuk, terpentin, dan lain-lain.

*) ObatPenanganan Untuk Agranulositosis

Dokter Anda dapat:

– Meresepkan antibiotik oral atau intravena jika jumlah sel sangat rendah.

– Ditetapkan lithium untuk merangsang sumsum tulang untuk memproduksi lebih banyak granulosit.

– Buanglah setiap obat yang diduga menyebabkan agranulositosis.

*) Aktivitas

* Istirahat di tempat tidur selama fase akut.

* Melanjutkan kegiatan normal setelah gejala mereda.

%d bloggers like this: