Penatalaksanaan Atrial Septal Defect

Penatalaksanaan Atrial Septal Defect

atrial septal defectAtrial septal defect (ASD) adalah terdapatnya hubungan antara atrium kanan dengan atrium kiri yang tidak ditutup oleh katup. Atrial septal defect adalah defek pada sekat yang memisahkan atrium kiri dan kanan. Atrial septal defect adalah penyakit jantung bawaan berupa lubang (defek) pada septum interatrial (sekat antar serambi) yang terjadi karena kegagalan fungsi septum interatrial semasa janin. Defek Septum Atrium (ASD, Atrial Septal Defect) adalah suatu lubang pada dinding (septum) yang memisahkan jantung bagian atas (atrium kiri dan atrium kanan). Kelainan jantung ini mirip seperti VSD, tetapi letak kebocoran di septum antara serambi kiri dan kanan. Kelainan ini menimbulkan keluhan yang lebih ringan dibanding VSD.

Atrial Septal Defect adalah adanya hubungan (lubang) abnormal pada sekat yang memisahkan atrium kanan dan atrium kiri. Kelainan jantung bawaan yang memerlukan pembedahan jantung terbuka adalah defek sekat atrium. Defek sekat atrium adalah hubungan langsung antara serambi jantung kanan dan kiri melalui sekatnya karena kegagalan pembentukan sekat. Defek ini dapat berupa defek sinus venousus di dekat muara vena kavasuperior, foramen ovale terbuka pada umumnya menutup spontan setelah kelahiran, defek septum sekundum yaitu kegagalan pembentukan septum sekundum dan defek septum primum adalah kegagalan penutupan septum primum yang letaknya dekat sekat antar bilik atau pada bantalan endokard.

 
*) Check Up

Check up dilakukan untuk mengetahui apakah Atrial septal defect menutup dengan sendirinya. Sekitar setengah penderita  Atrial septal defect menutup dengan sendirinya, dan sekitar 20% nya menutup pada usia kehidupan pertama.

Saat terapi Atrial septal defect dibutuhkan, yang dilakukan adalah penutupan melalui kateter atau pembedahan. Dokter sering memutuskan menutup Atrial septal defect pada anak yang memiliki ukuran medium sampai besar saat usia 2-5 tahun.
*) Living With Atrial septal defect

Kebanyakan anak dengan Atrial septal defect tidak membutuhkan perlakuan khusus atau hanya checkup biasa dengan kardiologis selama kehidupannya.

antibiotik atrial septal defectAtrial septal defect kecil kebanyakan menutup dengan sendirinya dan tidak menimbulkan komplikasi. Anak-anak dan orang dewasa yang memiliki Atrial septal defect kecil dan tidak menutup dan tidak ada gejala termasuk sehat dan tidak membutuhkan pengobatan.

Pada Atrial septal defect yang tidak menutup dan membutuhkan tindakan kateter atau pembedahan untuk mencegah komplikasi jangka panjang.
*) Antibiotik profilaksis

Anak dengan kerusakan jantung yang parah meningkatkan resiko terkena infective endocarditis. Atrial septal defect tidak berhubungan dengan resiko infective endocarditis, kecuali 6 bulan setelah penutupan dengan kateter atau bedah.

%d bloggers like this: