Pencegahan Infark Miokard Akut

Pencegahan Infark Miokard Akut

Infark Miokard Akut (IMA) adalah suatu keadaan di mana terjadi nekrosis otot jantung akibat ketidakseimbangan antara kebutuhan dengan suplai oksigen yang terjadi secara mendadak. Penyebab yang paling sering adalah terjadinya sumbatan koroner sehingga terjadi gangguan aliran darah. Sumbatan tersebut terjadi karena ruptur plak yang menginduksi terjadinya agregasi trombosit, pembentukan trombus, dan spasme koroner.
3Ada beberapa pengertian Infark Miokard Akut menurut sumber lain, antara lain :

* Infark Miokard Akut adalah nekrosis miokard akibat gangguan aliran darah ke otot jantung (kapita selekta kedokteran, edisi ketiga)

* Infark Miokard Akut adalah penurunan aliran darah melalui satu atau lebih arteri koroner, mengakibatkan iskemia miokard atau nekrosis ( Dongoes, Moorhouse, Geisller. 1999 : 83 ).

Dari dua pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa Infark Miokard Akut adalah keadaan dimana otot jantung mengalami iskemia atau bahkan nekrosis akibat adanya penurunan suplai darah yang melibatkan satu atau lebih dari arteri koroner yang disebabkan oleh berbagai gangguan pada aliran darah.

maksud Infark miokard akut adalah suatu keadaan kematian jaringan pada otot jantung yang diakibatkan oleh karena berkurangnya suplai oksigen ke jaringan tersebut.
 
Penanganan rasa nyeri harus dilakukan sedini mungkin untuk mencegah aktivasi saraf simpatis, karena aktifasi saraf simpatik ini dapat menyebabkan takikardi, vasokontriksi, dan peningkatan tekanan darah yang pada tahap selanjutnya dapat memperberat beban jantung dan memperluas kerusakan miokardium.
Tujuan penatalaksanaan adalah untuk menurunkan kebutuhan oksigen jantung dan untuk meninggkatkan suplai oksigen.Perawat perlu mengetahui penatalaksanaan medis yang umum dilakukan pada fase serangan akut, sehingga perawat dapat memberikan implikasi keperawatan pada klien dengan infark miokard akut.
Pencegahan dimulai dengan mengenal faktor-faktor resiko. Dengan mengontrol faktor-faktor resiko yang ada dengan modifikasi gaya hidup.

4
* Hindari: merokok, stress mental, alkohol, kegemukan, konsumsi garam berlebihan, obat-obatan golongan amfetamin, kokain dan sejenisnya .

 

* Kurangi: kolesterol, lemak dalam makanan.

 

* Anjurkan konsumsi gizi yang seimbang dan berolahraga secara teratur.

 

* Kurangi berat badan bila overweigh atau obesitas.

 

* Kurangi stress.

yang dicari :

You may also like...

%d bloggers like this: