Pencegahan Penyakit Sifilis

Pencegahan Penyakit sifilis

Sifilis merupakan penyakit ganas yang bisa menjangkit tidak hanya wanita tetapi juga pria. Gejala-gejala yang dialami pria saat terkena penyakit sifilis hamper mirip dengan gejala yang dialami wanita yang terjangkit penyakit sifilis. Perbedaan gejala-gejala yang paling mendasar diantaranya pada tahap pertama, Chancre, secara otomatis akan muncul di penis.

Sementara itu pada tahapan yang kedua,luka-luka di daerah penis, mulut, tenggorokan, dubur dan daerah lainnya pada tubuh akan bermunculan. Pada tahap ketiga dan keempat gejala yang bermunculan semakin banyak hingga akan merusak otak, jantung hingga tulang Anda.

penyakit kelamin,sifilis

sifilis

Memang, sudah banyak pengobatan penyakin sifilis untuk pria namun jika Anda bisa memilih, lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan? Anda tentunya tidak mau terjangkit penyakit yang mengerikan ini, bukan? Pola hidup sehat perlu diterapkan agar penyakit ini tidak mudah masuk dan terjangkit dalam tubuh Anda hingga merusak jantung dan otak Anda. Pola hidup sehat seperti apakah yang dimaksud itu? Dalam pencegahan penyakit sifilis, pola kehidupan sex yang sehat mesti sangat diperhatikan. Dengan cara mencegahnya, Anda tentunya tidak perlu repot-repot memikirkan pengobatan penyakit sifilis untuk pria.

Pencegahan Sifilis dilakukan untuk menghindari penyakit kelamin sifilis. Penyakit sifilis ini merupakan penyakit kelamin yang ditularkan melalui hubungan seksual. Penyebab penyakit kelamin sifilis ini adalah bakteri yang bernama Treponema pallidum.

Infeksi Menular Seksual menyebar cukup mengkhawatirkan di Indonesia. Baik jenis gonorrhea maupun sifilis. Penyakit kelamin sifilis adalah penyakit kelamin menular yang disebabkan oleh bakteri spiroseta, Treponema pallidum. Penularan biasanya melalui kontak seksual; tetapi, ada beberapa contoh lain seperti kontak langsung dan kongenital sifilis (penularan melalui ibu ke anak dalam uterus).
Pencegahan-pencegahan yang dapat dilakukan oleh pria agar tidak terjangkit penyakit sifilis diantaranya adalah sebagai berikut:
-Gunakan kondom saat berhubungan sex

Menggunakan kondom saat berhubungan sex sangat dianjurkan agar tidak tertular penyakit dari pasangan Anda.
-Berdiskusi dengan pasangan tentang sex yang aman

Berdiskusi dengan pasangan tentang sex yang aman sangat dianjurkan.
Terbukalah pada pasangan dan pastikan mereka tidak melakukan sex dengan orang lain
Jujur dalam berhubungan khususnya saat ingin melakukan sex sangat dibutuhkan. Pasangan Anda serta Anda berhak tahu masa lalu masing-masing. Jangan lupa saat Anda melakukan hubungan dengan pasangan Anda, Anda harus memastikan bahwa pasangan Anda adalah pasangan yang setia dan begitupun Anda.
Batasi pasangan sex Anda

Ada orang yang mengatakan bahwa berlebihan itu kurang baik. Begitu pula dalam bercinta. Maka, sebelum Anda memutuskan untuk berhubungan sex dengan seseorang, pastikan bahwa pasangan Andalah yang akan menjadi pasangan Anda selamanya.

Jika anda aktif secara seksual, sebaiknya anda lebih memperhatikan pasangan anda. Orang yang sering berganti-ganti pasangan memiliki resiko tertular lebih besar daripada mereka yang monogamus. Salah satu cara pencegahan terbaik adalah memakai kondom saat melakukan hubungan intim. Walaupun kondom bermanfaat untuk mencegah penularan berbagai penyakit  seksual, namun faktanya alat ini tidak sepenuhnya aman. Pilihlah kondom dengan kualitas terbaik yang direkomendasikan oleh banyak orang. Ingat, anda akan memerlukan banyak waktu untuk mengobati penyakit ini, jadi pencegahan jauh lebih baik.
-Lakukan tes penyakit menular seksual secara rutin

Tidak ada salahnya melakukan pemeriksaan ke dokter demi kesehatan Anda. Jika memang Anda memiliki masalah, dokter bisa membantu Anda.  
   
Meminta pasangan anda untuk melakukan tes medis sebelum melakukan hubungan. Jika anda sebegitu takutnya tertular sifilis, anda bisa meminta pasangan anda untuk check up. Walaupun kelihatan merepotkan, namun ini penting bagi anda yang ingin menjalani hubungan dengan pasangan anda, terutama jika kalian berdua sudah memutuskan untuk menikah. Jika kalian berdua dinyatakan bebas dari penyakit ini, maka anda tidak akan tertular jika mau taat dengan ikatan monogamus anda.
   
Melakukan cek up rutin. Ini juga penting anda lakukan untuk mencegah penyakit sifilis. Jika anda suka berhubungan tanpa pengaman, maka cek up adalah hal yang sangat penting. Wanita hamil juga perlu melakukan check up seperti ini agar tidak menularkannya ke bayi. Dengan injeksi penisilin ke dalam tubuh, bayi anda akan aman-aman saja dari penyakit ini.  Pasien biasanya akan menjalani serangkaian tes yang disebut dengan STI.
-Hindari kontak seksual dengan pasangan yang memiliki luka aneh pada miss V nya. Biasanya penyakit sifilis ditandai dengan munculnya tonjolan-tonjolan yang sangat jelas di bagian genital. Oleh sebab itu, jika anda mendapati gejala ini, jangan lanjutkan hubungan intim tersebut. Jangan juga menyentuh bagian ini karena anda bisa tertular. Jika sudah terlanjur, sebaiknya anda segera mencari pengobatan.
   
   
-Tetap waspada dengan tonjolan-tonjolan aneh pada permukaan kulit anda. Jika anda menyadari timbulnya bintik-bintik, tonjolan, atau luka yang mencurigakan di kulit, anda harus waspada karena bisa jadi ini berasal dari sifilis. Jika mendapati tanda-tanda ini, segera pergi ke dokter dan lakukan pemeriksaan.

yang dicari :

%d bloggers like this: