Penyakit Yang Dapat Menyebabkan Limfositopenia

Penyakit Yang Dapat Menyebabkan Limfositopenia

penyakit lain penyebab limfositopeniaLimfositopenia, yang juga dikenal sebagai limfopenia, adalah kondisi medis yang ditandai dengan jumlah sel darah putih lebih rendah dari normal, yang dikenal sebagai limfosit, di dalam darah. Terdapat tiga tipe limfosit: Limfosit B, limfosit T dan Sel Natural Killer. Ketiga tipe ini merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh yang melawan infeksi dan melindungi tubuh. Sel-sel ini dibentuk di sumsum tulang, bersamaan dengan sel darah merah. Jumlah limfosit normal pada orang dewasa secara umum berkisar antara 1000-4800 limfosit/uL dan limfosit normal pada anak-anak berkisar antara 3000-9500 limfosit/uL darah.

Limfositopenia mengacu pada kadar limfosit dalam darah yang lebih rendah dari 1000 limfosit/uL darah pada dewasa dan lebih rendah dari 3000 limfosit/uL darah pada anak-anak. Hal ini terjadi ketika sumsum tulang gagal untuk menghasilkan cukup limfosit, limfosit dihasilkan tetapi dihancurkan lebih cepat daripada dihasilkan atau limfosit tertahan di limpa atau kelenjar getah bening. Kondisi ini dapat didapat maupun diturunkan. Limfositopenia Didapat disebabkan oleh faktor-faktor yang menurunkan jumlah limfosit, seperti acquired immune deficiency syndrome, kemoterapi, terapi radiasi dan penyakit autoimun.

Limfositopenia diturunkan jarang dan seringkali berhubungan dengan kelainan DiGeorge dan sindrom Wiskot-Aldrich. Penderita limfositopenia lebih rentan terhadap infeksi karena sistem kekebalan tubuhnya menurun. Penanganan dapat termasuk terapi imunoglobulin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Limfositopenia (limfopenia) merupakan gangguan langka dan ditandai dengan defisiensi limfosit yang bersirkulasi (leukosit yang paling banyak diproduksi di nodus limfa).
Dalam Granulositopenia dan limfositopenia, jumlah sel darah putih (white blood cell-WBC) total bisa mencapai kadar rendah dan kondisi ini berbahaya karena membuat tubuh tidak terlindungi dari infeksi. Prognosis kedua penyakit ini tergantung pada penyebab dan pada apakah kondisi yang diderita pasien bisa ditangani. Jika tidak ditangani, Granulositopenia bisa berakibat fatal dalam 3 sampai 6 hari.

Limfositopenia (Lymphocytopenia) adalah jumlah limfosit yang rendah di dalam darah (dibawah 1.500 sel/mikroL darah pada dewasa atau dibawah 3.000 sel/mikroL pada anak-anak).
Dalam keadaan normal, jumlah limfosit mencapai 15-40% dari sel darah putih dalam aliran darah.

Limfosit merupakan pusat sistem kekebalan:
   
– Melindungi tubuh dari infeksi virus
   
– Membantu sel lainnya untuk melindungi tubuh dari infeksi bakteri dan jamur
   
– Berubah menjadi sel yang membentuk antibodi (sel plasma)
   
– Melawan kanker
   
– Membantu mengatur aktivitas sel lainnya dalam sistem kekebalan.

Penyebab Limfositopenia

Penyakit yang dapat menyebabkan limfositopenia:

   
* Kanker (leukemia, limfoma, penyakit Hodgkin)
  
* Artritis rematoid
   
* Lupus eritematosus sistemik
  
 * Infeksi kronik
   
* Anemia plastik

* Penyakit hodgkin

* Limfangiektasia intestinal

* Leukemia

* Lupus eritematosuspenyakit lain penyebab limfositopenia

*Miastenia gravis

* Gagal ginjal

* Sarkoidosis

* Penyakit imunodefisiensi gabungan yang parah

* Kanker tingkat akhir

* Penyakit keturunan yang jarang terjadi (agamaglobulinemia tertentu, sindroma DiGeorge, sindroma Wiskott-Aldrich, sindroma imunodefisiensi gabungan yang berat, ataksia-telangiektasi)
   
* AIDS
   
* Beberapa infeksi virus.

yang dicari :

%d bloggers like this: