Penyakit Yang Menyertai Tetralogi Fallot

Penyakit Yang Menyertai Tetralogi Fallot

tetralogi fallotTetralogi fallot merupakan kelainan anatomi yang disebabkan oleh kegagalan perkembangan infundibulum ventrikel kanan. Tetralogi Fallot (TOF) adalah penyakit jantung bawaan tipe sianotik. Kelainan yang terjadi adalah kelainan pertumbuhan dimana terjadi defek atau lubang dari bagian infundibulum septum intraventrikular (sekat antara rongga ventrikel) dengan syarat defek tersebut paling sedikit sama besar dengan lubang aorta . Tetralogi fallot (TF) adalah kelainan jantung dengan gangguan sianosis yang ditandai dengan kombinasi 4 hal yang abnormal meliputi defek septum ventrikel, stenosis pulmonal, overriding aorta, dan hipertrofi ventrikel kanan.

Tetralogi fallot adalah akibat kegagalan septum bagian anterior, sehingga timbul kombinasi klinik berupa VSD, pulmonary stenosis, dan overriding aorta. Perkembangan dari hipertropi ventrikel kanan adalah karena kerja yang makin meningkat akibat defek dari katup pulmonal. Hal ini dapat diminimalkan bahkan dapat dipulihkan dengan operasi yang dini.
Pada tetralogi fallot terdapat empat macam kelainan jantung yang bersamaan, yaitu :
*) Ventrikel Septal Defect

Ventrikel Septal Defect yaitu lubang pada sekat antara kedua ventrikel. Darah dari aorta berasal dari ventrikel kanan bukan dari kiri, atau dari sebuah lubang pada septum, seperti terlihat dalam gambar, sehingga menerima darah dari kedua ventrikel.
*) Arteri Pulmonal

Arteri pulmonal mengalami stenosis, sehingga darah yang mengalir dari ventrikel kanan ke paru-paru jauh lebih sedikit dari normal; malah darah masuk ke aorta. Stenosis pulmonal terjadi karena penyempitan klep pembuluh darah yang keluar dari bilik kanan menuju paru, bagian otot dibawah klep juga menebal dan menimbulkan penyempitan.

penyakit yang menyertai tetralogi fallot
*) Aorta Overriding

Aorta overriding, di mana letak muara aorta selain dari ventrikel kiri juga dari ventrikel kanan, sehingga darah dari ventrikel kanan maupun kiri masuk ke aorta bersamaan.
*) Hipertrofi Ventrikel Kanan

Karena jantung bagian kanan harus memompa lebih keras agar dapat melewati katup pulmonal yang menyempit, sehingga otot ventrikel kanan akan hipertrofi. Selain itu, ventrikel kanan akan memompa darah lebih banyak karena mendapat aliran darah dari ventrikel kiri melalui VSD dan ventrikel kanan akan memompa sejumlah besar darah ke dalam aorta yang bertekanan tinggi. Komponen yang paling penting dalam menentukan derajat beratnya penyakit adalah stenosis pulmonal dari sangat ringan sampai berat. Stenosis pulmonal bersifat progresif , makin lama makin berat.

%d bloggers like this: