Penyebab Artial Septal Defect Berdasarkan Jenisnya

Penyebab Artial Septal Defect Berdasarkan Jenisnya

atrial septal defectAtrial septal defect (ASD) adalah terdapatnya hubungan antara atrium kanan dengan atrium kiri yang tidak ditutup oleh katup.Atrial septal defect adalah defek pada sekat yang memisahkan atrium kiri dan kanan.Atrial septal defect adalah penyakit jantung bawaan berupa lubang (defek) pada septum interatrial (sekat antar serambi) yang terjadi karena kegagalan fungsi septum interatrial semasa janin. Defek Septum Atrium (ASD, Atrial Septal Defect) adalah suatu lubang pada dinding (septum) yang memisahkan jantung bagian atas (atrium kiri dan atrium kanan). Kelainan jantung ini mirip seperti VSD, tetapi letak kebocoran di septum antara serambi kiri dan kanan. Kelainan ini menimbulkan keluhan yang lebih ringan dibanding VSD.

Atrial septal defect (ASD) adalah kelainan jantung bawaan yang disebabkan oleh kelainan secara spontan dari interatrial septum.

   
*) Ostium secundum Atrial septal defect

Jenis dari Atrial septal defect ini dihasilkan dari incomplete adhesion  antara katup penutup yang terhubung dengan foramen ovale  dan septum secundum setelah kelahiran. Foramen ovale yang paten biasanya dihasilkan dari resorpsi abnormal dari septum primum saat pembentukan foramen secundum. Resorpsi pada lokasi yang abnormal menyebabkan fenestrated atau netlike septum primum. Resorpsi berlebihan dari septum primum dihasilkan pada short septum primum yang tidak menutup foramen ovale. Large foramen ovale yang abnormal dapat menjadi hasil dari kecacatan perkembangan septum secundum. Septum primum yang normal tidak menutup jenis dari foramen ovale yang abnormal saat kelahiran. Kombinasi dari resopsi berlebih dari septum primum dan large foramen ovale menghasilkan large ostium secundum Atrial septal defect.

   
*) Ostium primum Atrial septal defect

Kecacatan ini terjadi karena ketidaklengkapan fusi dari septum primum dengan endocardina cushion. Kecacatan terletak tepat bersebelahan dengan atrioventricular (AV) valves, baik yang bentuknya rusak maupun tidak kompeten. Dalam kebanyakan kasus, hanya anterior atau septal leaflet dari mitral valve yang dipindahkan, dan pada umumnya terbelah. Tricuspid valve biasanya tidak terlibat.

   
*) Sinus venosus Atrial septal defect

 atrial septal defectFusi abnormal di antara embryologic sinus venosus dan atrium menyebabkan kecacatan ini. Pada kebanyakan kejadian, kecacatan terletak pada atrial septum dekat dengan tempat masuk vena superior. Seringkali terjadi kelainan drainase dari right superior pulmonary vein. Jenis dari relatively uncommon inferior berkaitan dengan parsial kecacatan drainase dari right inferior pulmonary vein. Kecacatan drainase bisa terjadi pada atrium kanan, pembuluh vena superior, atau pembuluh vena inferior.

   
*) Coronary sinus Atrial septal defect

Kecacatan ini ditandai dengan unroofed coronary sinus dan persistent left superior vena cava yang mengalir menuju atrium kiri. Dilatasi coronary sinus sering menimbulkan kecacatan tersebut. Hal tersebut dapat menimbulkan desaturation  shunt dari kanan ke kiri menuju atrium kiri. Diagnosis dapat dibuat dengan menyuntikan contrast agent  pada extremity bagian kiri atas; kekeruhan coronary sinus mendahului kekeruhan atrium kanan.

tim81.com :

%d bloggers like this: