Penyebab Dan Bentuk Klinis Veruka Vulgaris

Penyebab Dan Bentuk Klinis Kutil Atau Veruka Vulgaris

Kutil adalah tonjolan kecil dan kasar pada kulit yang jinak (non-kanker) karena hiperplasi (bertambahnya jumlah sel baru) epidermis yang di sebabkan oleh tipe tertentu dari Virus Human Papilom
   

penyakit tumor, kutil

kutil

Penyebab Timbulnya kutil Kutil

   
Kutil disebabkan oleh infeksi virus yang dikenal sebagai Human papiloma Virus (HPV). HPV menyebabkan keratin, protein keras di lapisan atas kulit (epidermis) tumbuh terlalu banyak sehingga menyebabkan kutil menjadi kasar, bertekstur dan keras.
   
Ada sekitar 60 tipe virus HPV, dimana Virus Papilloma menyebabkan beberapa jenis kutil yang berbeda pada manusia, meliputi kutil kulit, kondiloma genital/ kondiloma akuminata(KA) atau kutil kelamin/ atau genital wart (di masyarakat dikenal sebagai jengger ayam dengan masa inkubasi :1-6 bulan rata-rata 3 bulan, tampak benjolan seperti jengger ayam di sekitar kemaluan dan anus serta kebanyakan tanpa keluhan ), dan papilloma larings

   
Human Papilloma Virus atau yang lebih kita kenal dengan istilah HPV adalah virus termasuk ke dalam dalam familia Papovaviridae, dimana papovaviridae ini terdiri atas dua genus yaitu polyomavirus dan papilomavirus. Anggota papillomavirus yang menyerang manusia adalah Human papilomavirus (HPV) yang paling sedikit ada 60 tipe virus, sedangkan anggota  polyomavirus yang menyerang manusia diantaranya adalah virus BK dan virus Jc. Antara  papilomavirus maupun  polyomavirus memilki perbedaan dalam hospes selulernya, dimana  papilomavirus menginfeksi epitel permukaan dan menimbulkan kelainan pada pintu masuknya (port d’entree) sedangkan  polyomavirus masuk melalui saluran pernapasan atau pencernaan dan setelah proses kembang biak lokal virus masuk kedalam darah dan akhirnya menginfeksi organ dalam seperti hati, ginjal dan otak.
       
HPV merupakan kelompok virus DNA,yang memiliki diameter 45-55 nm. Virus ini memiliki bentuk bulat dikenal dengan istilah kapsid ikosahedral tak beremvlop terdiri atas 72 kapsomer, genom sirkuler dari DNA rantai ganda (doble helix)
 
Berbagai jenis HPV menyebabkan kutil umum pada tangan atau kaki. HPV juga dapat mengakibatkan masalah pada mulut atau pada lidah dan bibir. Beberapa jenis HPV dapat menyebabkan kutil kelamin pada penis, vagina dan dubur. Jenis HPV lain dapat menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak normal yang disebut displasia. Displasia dapat.

 
Proses Penyebaran Virus HPV yang Menyebabkan Kutil
HPV ditularkan melalui kontak langsung dengan human papillomavirus dari kulit ke kulit. Hal ini juga dapat ditularkan melalui kontak tidak langsung, misalnya, dari benda yang terkontaminasi, seperti handuk dan sepatu. Kutil dianggap menular jika ada penderita yang di tubuhnya ada kutil.

HPV lebih mungkin menyebar jika kulit basah, lembut atau telah melakukan kontak dengan permukaan kasar. Kutil juga dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda sendiri.

Seseorang yang dapat menyebarkan kutil jika :
   
-Terbentur sehingga luka pada kutil atau menggigit kutil
   
-Menggigit kuku atau menghisap jari Anda (jika memiliki kutil )
   
-Mencukur wajah atau kaki

Hal ini dapat menyebabkan kutil putus dan berdarah, sehingga lebih mudah bagi virus untuk menyebar. Orang dengan goresan atau luka pada telapak kaki mereka sangat rentan.
Bentuk Klinis Kutil
Berdasarkan Bentuk Klinisnya, maka kutil di bedakan atas empat bentuk klinis, yaitu :

   
Veruka vulgaris atau Common warts (kutil umum)
       
Kutil jenis ini umumnya di sebabkan oleh virus HPV 2 dan HPV 4, tetapi dapat pula disebabkan oleh HPV tipe 1, 3, 26, 29, dan 57 dan lainnya
       
Kutil ini terutama terdapat pada anak, tetapi juga terdapat pada dewasa dan orang tua. Tempat predeleksinya terutama di ekstremitas bagian ekstensor (siku dan lutut), walaupun demikan penyebarannya dapat pada bagian tubuh lain termasuk mukosa mulut dan hidung.
       
Kutil ini bentuknya bulat, berwarna abu-abu, besarnya lentikular (sebesar biji jagung) atau kalau berkonfluensi berbentuk plakat, permukaan kasar (verukosa). Dengan goresan dapat timbul autoinokulasi (munculnya kutil kutil baru) sepanjang goresan (fenomena kobner), Dikenal pula induk kutil yang pada suatu saat akan menimbulkan anak-anak kutil dalam jumlah yang banyak.

   
Veruka plana juvenillis (kutil datar)
       
-Umumnya di sebabkan oleh HPV tipe 3, 10, dan 28.
       
-Kutil ini besarnya miliar (seperti kepala jarum pentul), permukaannya licin dan rata, berwarna sama dengan warna kulit atau agak kecoklatan dan jumlah kutil sangat banyak, terutama pada anak dan dewasa muda.
       
-Penyebarannya terutama di daerah muka dan leher, dorsum manus dan pedis (punggung kaki dan tangan), pergelangan tangan serta lutut.
       
-Juga terdapat fenomena kobner (muncul kutil baru) dan termasuk penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan.

   
Veruka plantaris (kutil plantar)
      
– Kutil jenis ini pada umumnya di sebabkan oleh HPV tipe 1 (paling umum), juga jenis 2, 3, 4, 27, 28, dan 58 dan lainnya.
       
-Kutil ini terdapat di telapak kaki, terutama daerah yang mengalami tekanan.
       
-Bentuknya berupa cincin yang keras dengan di tengah agak lunak dan berwarna kekuning- kuningan, permukaannya licin karena gesekan dan menimbulkan rasa nyeri pada waktu berjalan, yang disebabkan penekanan oleh massa yang terdapat di daerah tengah cincin. Kalau beberapa veruka bersatu dapat timbul gambaran seperti mozaik.

   
Condyloma Accuminata (Genital Warts)
       
-Penyakit ini termasuk penyakit yang di tularkan melalui hubungan seksual, Type Virus HPV yang menjadi penyebabnya HPV tipe 6 dan 11 (paling umum, tetapi dapat juga di sebabkan oleh Type 6,11,16, 18, 30, 31, 33, 35, 39, 41, 42, 44, 51, 52 dan 56.
       
-Bentuknya kelainan kulit berupa vegetasi yang bertangkai dan berwarna kemerahan kalau masih baru, jika telah lama agak kehitaman. Permukaannya berjonjot (papilomatosa).  Jika timbul infeksi sekunder warna kemerahan akan menjadi keabu-abuan dan berbau tidak enak.
       
-Kutil ini biasanya ditemukan pada alat kelamin, di daerah kemaluan, dan di daerah antara paha, tetapi juga dapat muncul di dalam vagina dan lubang anus.

%d bloggers like this: